Cara Membuat CV Yang Menarik Agar Disukai Perusahaan



    Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan wajib mengetahui cara membuat CV yang menarik, agar disukai perusahaan yang Anda inginkan. CV atau Curriculum Vitae ini merupakan syarat utama bagi Anda yang hendak melamar kerja. Oleh sebab itu, membuat CV tidak boleh seadanya atau bahkan asal-asalan.

    Cara Membuat CV Yang Menarik Agar Terkesan Profesional

    Di zaman yang semakin modern, pada umumnya CV ditulis secara digital misalnya saja ditulis menggunakan Microsoft word. Bukan hanya itu, selain diperuntukkan guna mencari kerja secara online, CV tersebut dapat digunakan untuk mencari kerja secara offline. Bisa dibilang membuat CV secara digital jauh lebih mudah, ketimbang membuatnya dengan tulisan tangan.

    Untuk itu ada beberapa poin penting yang dapat Anda perhatikan, agar dapat membuat CV yang menarik. Hal ini dapat membuat Anda terkesan profesional di mata perusahaan, agar Anda layak untuk direkrut.

    Berikut ini adalah cara-cara membuat CV menarik yang dapat Anda coba:

    ·         Perhatikan Penempatan Data Dengan Baik

    Membuat CV secara digital maupun manual, harus dapat menempatkan elemen data dengan baik dan benar. Jika CV ditulis secara digital pastikan menggunakan ukuran font yang sesuai. Pada umumnya font nama harus lebih besar daripada teks lain. Lalu dalam penulisan informasi pribadi, Anda dapat menempatkan nama di posisi paling atas. Diteruskan dengan alamat, nomor telepon, email dan lain-lain.

    ·         Tuliskan CV Objective Secara Detail

    Pada umumnya CV objective berisi mengenai perjalanan karier. Jika Anda masih pemula, ringkasan perjalanan karier dapat diganti oleh ringkasan perjalanan pendidikan. Misalnya Anda dapat menuliskan mengenai jurusan yang di ambil selama menempuh pendidikan. Berapa lama pendidikan tersebut ditempuh, hingga yang Anda peroleh selama menjalani pendidikan tersebut.

    ·         Tuliskan Pengalaman Karier Secara Detail

    Menuliskan pengalaman karier secara detail sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini menjadi pertimbangan penting, agar Anda mendapatkan undangan interview dari perusahaan. Selain itu hal ini pun dapat menjadi nilai lebih bagi Anda.

    Namun jika Anda merupakan fresh graduate, Anda dapat mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lainnya. Selama hal tersebut masih memiliki hubungan dengan pendidikan yang telah ditempuh.

    Nah, dalam menyajikan informasi pengalaman pekerjaan, sangat dianjurkan untuk menempatkan pekerjaan terakhir di urutan pertama. Selain itu informasi lain yang dapat Anda tulis yakni mengenai tanggung jawab selama Anda menjalani pekerjaan tersebut.

    ·         Tuliskan Riwayat Pendidikan Secara Detail

    Cara menulis CV menarik yang selanjutnya mengenai riwayat pendidikan. Jangan salah, menuliskan riwayat pendidikan secara detail sangatlah penting. Misalnya jika Anda menempuh pendidikan hingga S3 atau bahkan sampai SMA, tuliskan semua secara singkat namun tetap detail.

    Dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penulisan latar belakang pendidikan diantaranya; penulisan nama sekolah atau universitas, lamanya menempuh pendidikan, jurusan yang diambil, hingga nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau juga nilai Ujian Nasional (UN).

    ·         Tuliskan Skill Atau Keahlian Yang Dikuasai

    Jika Anda menguasai berbagai skill atau keahlian, Anda dapat menuliskan semuanya secara singkat. Lebih menarik lagi jika Anda memiliki keahlian yang sesuai dengan posisi yang Anda inginkan di perusahaan tersebut. Karena keahlian Anda sangat relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

    CV Berkualitas Kinerja Profesionalitas

    Itulah beberapa informasi penting mengenai cara membuat CV yang menarik. Cara-cara di atas dapat Anda pelajari agar terbiasa membuat CV yang berkualitas. Jika Anda memiliki banyak pengalaman serta memiliki keahlian, jangan ragu untuk mencari pekerjaan karena hal tersebut menjadi nilai lebih di mata perusahaan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

    No comments for " Cara Membuat CV Yang Menarik Agar Disukai Perusahaan"

    Berlangganan via Email