3 Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Agar Tetap Awet

    Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi

    Siapa nih yang menjadi pengguna setia ponsel Xiaomi? Ponsel keluaran baru ini memang memiliki banyak pengguna terutama di Indonesia. Xiaomi menjadi ponsel yang banyak diminati karena harganya yang miring namun spesifikasinya yang lengkap.

    Bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Agar Baterai Awet?

    Sebagai pengguna handphone Xiaomi pernahkah anda merasa baterai ponsel terasa boros? Jika iya, maka anda perlu melakukan kalibrasi. Dengan melakukan kalibrasi baterai akan membuat baterai di handphone ini jauh lebih awet. Berikut cara-caranya:

    1. Menggunakan Aplikasi Battery Calibration

    Menggunakan Aplikasi Battery Calibration
    Yang pertama adalah menggunakan aplikasi Battery Calibration. Saat ini kita bisa menemukan aplikasi untuk penghematan baterai. Salah satunya adalah aplikasi ini.

    Spesialnya lagi, anda yang bukan pengguna handphone Xiaomi pun bisa lho mengkalibrasikan handphonenya dan tidak terbatas hanya untuk handphone xiaomi. Aplikasi Battery Calibration bisa anda dapatkan secara gratis di Google Playstore. Cara mengoperasikannya sangatlah mudah :
    1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi lalu anda bisa memasangkannya di perangkat
    2. Setelah selesai maka buka aplikasi tersebut dan anda bisa memasangkan charger. Tunggu hingga baterai penuh.
    3. Setelah baterai ponsel Anda sudah penuh, selanjutnya anda bisa menekan tombol kalibrasi. Namun anda jangan mencabut charger terlebih dahulu sampai proses kalibrasi ini selesai. Nantinya apabila proses kalibrasi selesai maka akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa kalibrasi sudah selesai.

    2. Mengisi Daya Baterai Sampai Penuh

    Mengisi Daya Baterai Sampai Penuh
    Jika cara yang pertama mengharuskan Anda untuk menginstal aplikasi. Di cara yang kedua ini anda tidak memerlukan hantar aplikasi untuk menjalankan proses kalibrasi. Dengan hal ini anda tidak perlu repot-repot untuk memasang aplikasi dari Google Playstore. Selain itu dengan mengkalibrasikan baterai dengan pihak aplikasi ketiga biasanya tidak sempurna. Maka dari itu cara ini sangat direkomendasikan. Caranya sangatlah mudah
    1. Sebelum memulai cara ini, anda terlebih dahulu harus mencharger baterai secara manual hingga baterai anda penuh 100 %.
    2. Jika sudah penuh maka matikan ponsel Anda. Setelah itu hidupkanlah kembali ponsel anda.
    3. Silahkan gunakan ponsel Anda seperti biasa hingga baterai anda benar-benar kosong, Anda bisa menggunakan ponsel Anda seperti saat tiap hari anda menggunakannya.
    4. Apabila ponsel Anda sudah benar-benar kosong biarkan sampai ponsel tersebut dalam keadaan mati selama seperempat jam.
    5. Kembalilah untuk charge ponsel tersebut dalam keadaan mati sampai ponsel tersebut penuh kembali.

    3. Mengkalibrasi Baterai Melalui TWRP

    Mengkalibrasi Baterai Melalui TWRP
    Salah satu cara ampuh untuk proses kalibrasi handphone Xiaomi adalah dengan cara TWRP. Kita juga sering menyebutnya dengan custom recovery. Namun sayangnya cara ini hanya bisa dicoba untuk ponsel yang sudah di root. Nantinya ketika anda sudah menyelesaikan proses root maka handphone anda akan terinstall TWRP. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini
    1. Pertama, silahkan untuk menonaktifkan ponsel Anda terlebih dahulu.
    2. Setelah itu anda bisa masuk ke menu TWRP, caranya adalah dengan menekan volume atas dan juga volume power, tunggu beberapa saat sampai anda dialihkan dalam suatu menu.
    3. Pada halaman tersebut silahkan untuk masuk ke menu Advance Section. Pilihlah menu hapus statistik baterai.
    4. Nah setelah itu anda hanya perlu untuk merestart ponsel Anda. Gunakan ponsel tersebut hingga baterai benar-benar kosong. Setelah itu isi kembali baterai ponsel hingga penuh.
    Namun bagi anda yang belum di root ponselnya jangan mencoba coba untuk melakukan langkah yang satu ini. Sebaiknya anda hanya melakukan untuk ponsel yang sudah habis masa garansinya. Karena dengan me-root ponsel berarti anda menghilangkan lisensi dan garansi resminya.

    Itulah 3 cara kalibrasi baterai xiaomi, Anda dapat mencobanya dari cara yg termudah terlebih dahulu.

    Fungsi Kalibrasi Baterai HP Xiaomi

    Proses kalibrasi baterai ini, pada umumnya berfungsi untuk mencocokkan kembali status baterai agar presisi dengan kondisi sebenarnya.

    Jadi, untuk beberapa kondisi, cara ini efektif untuk mengatasi masalah terkait pembacaan sisa daya baterai HP, seperti lama penuh jika di charge, HP mati sendiri, dan sebagainya.

    Namun perlu dicatat, jika setelah kalibrasi dilakukan, ternyata masalah tersebut tidak teratasi, kemungkinan masalah yang Anda alami disebabkan karena kerusakan baterai atau komponen lainnya.

    Karena cara ini hanya memperbaiki kesalahan pembacaan pada system, bukan hardware. Jadi, jika kerusakan terjadi pada komponen, maka cara ini tidak akan memberi pengaruh.

    Khusus HP Xiaomi, ada juga tutorial ini dari forum Xiaomi langsung. Di sana ada beberapa tutorial kalibrasi manual yang bisa kita coba. Bisa diterapkan di semua HP Xiaomi, seperti Redmi 4, 4X, Redmi 5, 5A, Redmi Note 4, Note 5, dan lain-lain.

    Berikut caranya:

    Step 1, pengisian sampai 100%

    Pertama, silakan nyalakan HP Anda terlebih dahulu, kemudian lakukan pengecasan sampai 100% terisi.

    Step 2, mematikan semua aplikasi

    Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa menyalakan mode pesawat dan menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background services.

    Step 3, matikan hape

    Setelah baterai terisi penuh, matikan HP Xiaomi Anda.

    Step 4, isi kembali

    Ketika HP Xiaomi dalam keadaan mati, lanjutkan pengecasan kembali sampai 100%.

    Step 5, habiskan baterai sampai hape mati

    Jika sudah, silakan nyalakan HP-nya kembali. Di sini, Anda harus menghabiskan baterainya sampai 0%, sampai HP mati sendiri. Bisa dengan bermain game, memutar musik, memutar video, dan lain-lain. Baca-baca juga artikel Aplikasi Yang Bisa Bikin Baterai HP Cepat Habis

    Step 6, diamkan 15 menit

    Setelah baterainya habis dan HP sudah dalam keadaan mati, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit.

    Step 7, isi baterai kembali

    Setelah lewat 15 menit, selanjutnya lakukan pengecasan kembali sampai 100% lagi. Jika sudah, Anda bisa langsung menyalakan HP Xiaomi Anda dan memakainya.

    Step 8, ulangi langkah 1-7 sampai 3x

    Untuk hasil kalibrasi yang maksimal, Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas sampai 3 kali (opsional). Dengan cara tersebut, maka status baterai akan di-refresh, sehingga tampilan persentase baterai yang error akan menjadi kembali normal.

    Itulah bagian dari cara kalibrasi baterai Xiaomi agar tetap awet, semoga artikel ini bermanfaat. 

    No comments for "3 Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Agar Tetap Awet "

    Berlangganan via Email