Alat Pernapasan dan Cara Bernapas Kura-Kura

    kura-kura bernafas dengan

    Sering kali Anda merasa bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara bernapas pada hewan reptil. Hal ini dikarenakan tempat hidup mereka yang berada di dua alam, yaitu air dan darat. Begitu pula dengan hewan macam kura-kura ini yang termasuk dalam golongan reptil. Untuk mengetahui secara lebih lengkap tentang organ pernapasan dan cara bernafas kura-kura, simak ulasan berikut ini :

    ALAT PERNAPASAN KURA-KURA

    Sebelum mengetahui bagaimana cara kura-kura bernapas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu organ apa saja yang berperan dalam sistem pernapasan kura-kura. Kura-kura bernafas dengan dengan menggunakan 3 organ, yaitu:

    1. Paru-Paru

    Pertama, kura-kura bernafas dengan menggunakan paru-paru. Sebagai salah satu hewan reptil, kura-kura memiliki bentuk paru-paru yang sederhana dan terletak pada bagian depan dekat dengan bagian leher kura-kura. Fungsi paru-paru pada sistem pernapasan kura-kura yaitu sebagai pusat dan tempat pertukaran keluar masuknya udara.

    2. Kulit

    Kedua, kura-kura bernafas dengan menggunakan kulit. Selain paru-paru, kulit juga menjadi salah satu organ yang berperan untuk pernapasan. Anda tentu tahu bahwa kulit kura-kura akan terasa lembab, terutama pada bagian mulut dan anus. Hal ini dikarenakan pada mulut dan anus kura-kura menjadi tempat atau bagian untuk menghirup udara.

    3. Kloaka

    Ketiga, kura-kura bernafas dengan menggunakan kloaka. Organ kloaka berperan dalam sistem pernapasan kura-kura saat berada di dalam air. Kloaka memiliki fungsi sebagai alat atau organ pernapasan yang bisa mengeluarkan udara dari dalam tubuh kura-kura. Tidak hanya berfungsi sebagai organ pernapasan saja, kloaka juga berperan sebagai salah satu organ pencernaan pada kura-kura.

    Sebagai organ pencernaan, kloaka memiliki otot khusus. Peran otot khusus pada kloaka ini berfungsi untuk mengeluarkan udara ke bagian depan melalui hidung dan bagian belakang yaitu organ pencernaan pada kura-kura.

    Itulah 3 alat pernapasan kura-kura yang mungkin saja Anda baru mengetahuinya, saya pun baru tahu. Sekarang mari kita bahas cara bernapas kura-kura.

    CARA BERNAPAS KURA-KURA

    Secara umum, hampir sama sistem kura kura bernapas dengan cara bernapas hewan reptil lainnya, dimana kura kura bernapas dengan melalui hidung, batang tenggorokan, kemudian udara masuk ke dalam paru-paru. Untuk mengetahui sistem dan cara kura-kura bernapas, berikut ini adalah penjelasan dan prosesnya.

    1. Proses Masuknya Udara

    Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, kura-kura memiliki tempurung atau cangkang tubuh yang sangat keras, sehingga pergerakan fungsi diafragmanya sama seperti pada manusia. Otot pada kura-kura yang berperan dan akan bergerak saat udara masuk yaitu otot yang melekat pada rusuk iga dalam.

    Saat otot ini mengalami kontraksi, maka udara yang mengandung oksigen akan masuk ke dalam tubuh kura-kura. Setelah itu, udara akan dibawa menuju paru-paru untuk difilter untuk dipisahkan antara oksigen dengan karbon dioksida, kemudian oksigen akan dialirkan ke ruang-ruang pada sistem pernapasan kura-kura.

    2. Proses Keluarnya Udara

    Setelah udara masuk dan diproses di dalam paru-paru, udara yang mengandung air dan karbon dioksida akan dikeluarkan atau dibuang melalui lubang hidung kura-kura. Proses keluarnya udara ini disebut dengan relaksasi. Saat proses ini terjadi, otot pada sistem pernapasan kura-kura tidak akan mengalami kontraksi.

    Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana hewan air bernapas saat suhu air sangat dingin atau panas? Saat air bersuhu dingin atau panas, sistem pernapasan kura-kura akan melakukan adaptasi dengan cara mengatur suhu tubuhnya untuk menyesuaikan dengan suhu di lingkungannya.

    Hewan yang dikenal dengan sebutan poikiloterm ini akan melakukan pengaturan pada sistem metabolisme tubuhnya menjadi lambat saat suhu air dingin, sehingga energi kura-kura untuk bergerak sangat rendah dan hanya membutuhkan oksigen yang sedikit untuk bernapas. Saat air bersuhu tinggi, kura-kura akan bergerak dengan sangat aktif untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak.

    Informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi dan tambahan pengetahuan, sehingga Anda menjadi tahu dan paham tentang organ yang berperan dalam sistem pernapasan pada kura-kura. Informasi di atas juga membuat Anda menjadi tahu dan mengerti bagaimana cara bernafas kura-kura secara lebih jelas.

    Artikel yang layak dibaca: 
    kura-kura peliharaan
    kura-kura terbesar di dunia
    cara merawat kura-kura brazil
    alat pernapasan kura-kura
    perbedaan penyu dan kura-kura
    habitat kura-kura
    jenis kura-kura

    No comments for "Alat Pernapasan dan Cara Bernapas Kura-Kura"

    Berlangganan via Email