Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina, Kicau Mania Wajib Tahu!

    Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina

    Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina - Walaupun mungkin tak setenar burung lovebird, kenari ataupun murai, burung perkutut tetap saja memiliki penggemar yang tidak sedikit jumlahnya. Dari segi suara bisa dibilang burung perkutut tidak mempunyai banyak variasi, namun suara yang dimiliki mempunyai ciri khas yang mudah dipahami. Jadi ketika orang mendengar kicauannya langsung paham kalau itu adalah kicauan burung perkutut.

    Sama halnya dengan jenis burung lain, yang banyak dipelihara tentu saja adalah yang berkelamin jantan, karena suaranya lebih keras, khas dan rajin berbunyi dibandingkan dengan yang betina. Namun terkadang untuk yang masih banyak orang yang salah pilih dalam memilih burung perkutut ini, yang diharapkan jantan malah betina yang didapat.

    Hal ini wajar karena memang antara burung perkutut jantan dan betina kalau dilihat secara langsung terlihat sama alias tidak memiliki perbedaan, baik dari bentuk tubuh maupun warna. Namun bukan berarti kita tidak bisa mengetahui perbedaan perkutut jantan dan betina.

    Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina

    Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan untuk membedakan mana yang perkutut jantan dan mana yang betina, diantaranya yaitu dilihat dari :

    1. Raut Muka

    Cara membedakan perkutut jantan dan betina yang pertama adalah dengan memperhatikan raut mukanya, perkutut jantan biasanya memiliki raut muka yang lebih garang dibandingkan dengan betina, dimana perkutut betina terlihat lebih kalem.

    Terlihat garangnya perkutut jantan dikarenakan kulit yang ada disekitar mata terlihat bulat dan tebal, sehingga sorot matanya terlihat lebih tajam. Sedangkan kulit di sekitar mata perkutut betina lebih tipis sehingga sorot matanya lebih sayup.

    2. Perilaku Terhadap Lawan Jenis (Birahi)

    Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina

    Salah satu ciri khas yang bisa kita lihat dari perkutut jantan adalah ketika ia didekatkan pada perkutut betina maka akan menunjukan sifat birahinya dengan cara berbunyi sambil menganggukan kepalanya. Pernah lihat merpati yang sedang birahi atau sedang berduaan dengan pasangannya? Pasti akan bekur dan mengangguk-anggukan kepalanya, kurang lebih hampir mirip seperti itu.

    3. Bentuk Tubuh dan Paruh

    Secara umum bentuk tubuh perkutut jantan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan yang betina, seperti misal pada bagian kepala, perkutut jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar dan pipih, sedangkan perkutut betina lebih kecil dan bulat dengan warna yang lebih gelap.

    Kalau dilihat paruhnya, paruh perkutut jantan memiliki warna putih yang lebih dominan daripada perkutut betina. Bentuk paruh perkutut jantan agak panjang, tebal dan melengkung, sedangkan yang betina lebih lurus.

    4. Warna Bulu

    Gambar Perkutut Jantan dan Betina

    Warna bulu ini terutama untuk yang berwarna putih keabu-abuan yang ada di kepala atau dikenal dengan istilah "pupur". Pada perkutut jantan warna ini hampir memenuhi separuh kepala, sehingga warna bulu perkutut jantan terlihat lebih terang, sedangkan pada perkutut betina tidak sampai setengah kepala, sehingga warna bulu kepalanya terlihat lebih gelap. Lebih jelasnya coba perhatikan gambar diatas.

    5. Supit Udang

    Perbedaan perkutut jantan dan betina berikutnya bisa kita lihat dari supit udangnya. Supit udang atau tulang pubis pada perkutut jantan biasanya lebih rapat dan jika ditekan dengan jari akan terasa keras. Sedangkan pada perkutut betina berbentuk lebih lebar dan terasa lunak saat ditekan.

    6. Suara Kicauan

    Suara perkutut jantan dan betina juga berbeda. Kalau dilihat dari segi suara, perkutut jantan punya suara yang lebih keras dan merdu serta lebih mudah gacor jika dibandingkan perkutut betina. Sedangkan perkutut betina biasanya memiliki suara yang lebih kecil dan cempreng. Sekarang Anda bisa membedakan suara perkutut jantan dan betina dari jauh.

    7. Ekor

    Perbedaan ekor perkutut jantan dan betina kalau dilihat dari bentuknya, yang jantan memiliki ekor yang lebih panjang dari betina. Kalau kita pegang burung perkutut jantan biasanya reek ekornya juga akan lebih mekar. Sedangkan ketika sedang birahi selain mengeluarkan kicauan yang keras, ekor perkutut jantan juga agak mekar sedangkan perkutut betina ekornya cenderung kuncup.

    8. Kaki

    Kaki Perkutut

    Cara membedakan perkutut jantan dan betina juga bisa kita lihat dari kakinya. Jari kaki perkutut jantan mempunyai ukuran yang lebih lebar/panjang sedangkan betina ukurannya lebih tipis/pendek. Selain itu jika kaki perkutut kita taruh di tangan, perkutut jantan akan mencengkram tangan kita dengan kuat sedangkan kalau yang betina cenderung tidak terlalu kuat.

    Itulah beberapa perbedaan perkutut jantan dan betina yang para kicau mania wajib tahu, supaya ketika memilih burung perkutut tidak salah pilih dan perkutut yang dipelihara benar-benar perkutut jantan, bukan betina apalagi waria. Semoga informasi yang singkat ini bisa memberikan manfaat untuk pecinta burung semuanya, terima kasih.

    Berikutnya kami sampaikan jenis jenis burung perkutut dan gambarnya:

    1. Kusuma Wicitra

    jenis jenis burung perkutut dan gambarnya Kusuma Wicitra
    Kusuma Wicitra

    2. Wisnu Wicitra

    jenis jenis burung perkutut dan gambarnya Wisnu Wicitra
    Wisnu Wicitra

    3. Wisnu Murti

    jenis jenis burung perkutut dan gambarnya Wisnu Murti
    Wisnu Musti

    4. Gendewo Sabda

    jenis jenis burung perkutut dan gambarnya Gendewo Sabda
    Gendewo Sabda

    5. Gedong Mengo

    jenis jenis burung perkutut dan gambarnya Gedong Mengo
    Gedong Mengo


    Itulah jenis jenis burung perkutut dan gambarnya, nah Anda suka yang mana? banyak mitos terkait perkutut. Ada yang bawa rezeki dan ada yang bawa harmonis rumah tangga.

    Artikel yang mirip:


    No comments for "Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina, Kicau Mania Wajib Tahu!"

    Berlangganan via Email