Pengertian Saham Kosong dan Cara Pembagiannya

     Pengertian Saham Kosong dan Cara Pembagiannya

    pengertian saham kosong

    Pengertian saham kosong masih belum diketahui oleh orang-orang yang akan menjadi calon investor atau trader. Padahal, saham kosong adalah salah satu jenis saham. Walaupun masih belum diketahui khalayak umum, saham kosong memegang peran penting dalam penyebaran keuntungan di perusahaan. Karena posisi saham kosong adalah saham tanpa nama, maka perusahaan punya keleluasaan untuk membaginya.

    Bukan berarti karena saham tersebut kosong, perusahaan bisa mencantumkan nama siapapun tanpa pertimbangan. Justru karena namanya kosong, saham tersebut kelak menjadi simpanan apabila perusahaan ingin menguatkan grafik. Saham kosong akan diisi sesuai dengan strategi perusahaan. Lewat penjelasan di bawah ini, kami akan memberitahu Anda lebih lanjut tentang saham kosong. 

    Baca juga: Perbedaan Forex dengan Saham

    Mengetahui Pengertian Saham Kosong 

    Secara garis besar, saham kosong adalah saham yang dimiliki perusahaan untuk kebutuhan perusahaan sendiri. Jika suatu saat perusahaan membutuhkan penjualan ke arah positif, maka saham kosong harus dimainkan. Walaupun pada hakikatnya, pemegang saham kosong tidak mendapatkan bagian pasti untuk dividen. Persentase kepemilikan saham kosong hanya dapat ditentukan perusahaan.

    Selain itu, saham kosong termasuk saham yang tidak memiliki hak suara. Karena tidak memiliki hak suara, maka kedudukannya tidak kuat jika dimiliki perorangan. Jika diibaratkan senjata, saham kosong adalah senjata terakhir perusahaan untuk mendongkrak harga saham. Agar mengetahuinya lebih jelas, Anda bisa membaca informasi di bawah ini.

    Baca juga: Hal Penting Tentang Cut Loss Saham

    1. Pengertian Saham Kosong

    Seperti namanya, saham kosong adalah saham tanpa kepemilikan. Maksud dari tanpa kepemilikan ada beberapa pengertian. Ada perusahaan yang menyimpan saham kosong murni untuk perusahaannya, ada juga yang digunakan kelak untuk orang yang dianggap berjasa bagi perusahaan. Saham kosong memang cukup riskan karena bisa dijadikan bahan oknum nakal untuk menciptakan budaya manipulasi dan suap.

    2. Pembagian Saham Kosong

    Saham kosong tidak dapat dibagi dengan angka yang jelas. Ini karena kedudukannya yang didapat dari pemegang saham sebelumnya. Ketika perusahaan membeli kembali sahamnya, maka saham tersebut akan masuk ke gudang sebagai cadangan. Maka dari itu, individu yang memiliki saham kosong di satu perusahaan nasib atas sahamnya tidak jelas. Saham tersebut juga tidak akan dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

    3. Kedudukan Saham Kosong 

    Posisi saham kosong sudah jelas berada di tingkatan terakhir. Pemilik saham kosong juga tidak berhak mengikuti rapat umum pemegang saham. Selain itu, saham kosong bisa dihapuskan keberadaannya sesuai dengan kepentingan perusahaan. Sehingga, jika saham kosong diberikan pada individu, saham kosong tidak akan memberikan keuntungan seperti saham pada umumnya.

    Baca juga: Dividen Adalah: Penjelasan Dan Jenisnya


    Cara Agar Tidak Tertipu dengan Saham Kosong

    Penggunaan saham kosong seringkali dijadikan sebagai alat perusahaan yang tak patuh aturan untuk memanipulasi saham. Ketika saham kosong dimanipulasi bentuknya menjadi saham normal, maka ini akan merugikan para investor yang menanamkan modalnya. Tentu ini tidak baik bagi kelanjutan perusahaan.

    Baca juga: Emiten Adalah: Penjelasan, Jenis, Syarat dan Tujuan

    Selain itu, Anda perlu berhati-hati jika ingin menanamkan modal pada perusahaan yang memiliki saham kosong. Pastikan saham kosong hanya untuk perusahaan saja, tidak untuk individu lain. Pasalnya, jika perusahaan membagikan saham kosong untuk beberapa orang, kemungkinan kesalahpahaman dalam rapat akan terjadi. Ketidakharmonisan sekecil apapun akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

    Secara peraturan, saham kosong tidak memiliki kekuatan setara dengan saham lainnya. Artinya, saham kosong secara tidak langsung adalah simpanan saham milik perusahaan. Kegunaan lebih lanjut tentang saham kosong adalah untuk perusahaan. Ini menguntungkan bagi perusahaan, namun Anda harus hati-hati karena pengertian saham kosong untuk investor dan trader adalah tidak ada keuntungan untuk Anda.


    Penutup

    Itulah penjelasan mengenai saham kosong dan cara pembagiannya. semoga artikel ini dapat membantu anda yang hendak berinvestasi. Atau mungkin anda tertarik dengan artikel yang ingin usaha sampingan di rumah tanpa mengganggu pekerjaan utama.

    Baca juga: Bisnis online bisa dapat uang gratis langsung masuk rekening

    No comments for "Pengertian Saham Kosong dan Cara Pembagiannya"

    Berlangganan via Email