Berikut Adalah Ciri Perkutut Suara Besar atau Kelas A

    Ciri Perkutut Suara Besar atau Kelas A

    Ciri Perkutut Suara Besar Kalau bicara burung perkutut mungkin identik dengan orang yang sudah cukup berumur, dengan orang jawa atau keraton. Tidak salah memang, karena sebagian besar penggemar burung perkutut adalah orang-orang yang sudah berumur yang membutuhkan hiburan yang menenangkan, salah satunya adalah memelihara burung perkutut yang bisa dibilang mempunyai kicauan yang menenangkan untuk dinikmati.

    Namun tentu saja tidak melulu orang tua saja, saat ini pun banyak kalangan pemuda yang gemar memelihara burung perkutut, baik untuk peliharaan saja atau untuk dilombakan. Khusus untuk yang dilombakan ini, burung perkutut yang dipilih tentu yang rajin berkicau dan memiliki suara besar atau kelas A.

    Ciri Perkutut Suara Besar atau Kelas A

    Untuk mengetahui apakah suatu burung perkutut punya suara besar atau orang sering menyebut sebagai perkutut suara kung, ada beberapa tanda atau ciri yang bisa kita perhatikan. Dan berikut adalah beberapa ciri perkutut suara besar yang perlu Anda ketahui, terutama untuk para kicau mania penggemar perkutut :

    1. Bentuk Kepala

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui apakah burung perkutut mempunyai suara besar atau tidak adalah dengan melihat bentuk kepalanya. Umumnya perkutut dengan volume suara besar dan tahan lama memiliki bentuk kepala lonjong seperti buah pinang.

    2. Warna Mata

    Burung perkutut dengan suara besar biasanya memiliki warna mata yang terang, dengan ukuran titik hitam yang ada pada bola matanya berukuran besar dan menonjol.

    3. Bentuk Paruh

    Untuk mengetahui apakah burung perkutut memiliki suara yang bagus berkelas A dapat pula dilihat dari bentuk paruhnya. Ukuran paruh yang tebal, simetris dan tidak terlalu panjang menandakan bahwa burung perkutut tersebut memiliki suara besar. Perhatikan pula garis tengah pada bagian paruhnya, jika kalau tebal biasanya suara ujung yang dihasilkan pendek dan sebaliknya jika tipis maka suara ujungnya akan lebih panjang.

    4. Ukuran Kuku

    Perkutut yang berkualitas bagus, dengan suara besar dan cocok untuk dilombakan, pada bagian kukunya mempunyai ukuran yang tidak terlalu panjang.

    5. Bentuk Leher atau Tenggorokan

    Salah satu bagian terpenting dari burung perkutut adalah lehernya, karena dibagian leher ini lah yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Burung perkutut yang memiliki leher panjang biasanya suara yang dihasilkan akan lebih besar dibandingkan yang memiliki ukuran leher lebih pendek. Ketika perkutut sedang manggung maka bagian tenggorokan atau lehernya akan membesar dalam rangka memompa udara dari dalam paru-parunya. Sehingga bentuk leher atau tenggorokan sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan seperti suara kung. Klar Ke Te Kung.

    Baca Juga: 
    Ciri perkutut suara besar berikutnya bisa dilihat dari bentuk supitnya, dimana ia memiliki bentuk supit yang tidak rapat namun juga tidak terlalu renggang dengan tekstur yang tidak kaku atau keras. Karena jika supit terlalu rapat suara yang dihasilkan akan pendek serta tidak kung. Dan apabila terlalu lebar biasanya akan noklak saat siang hari.

    7. Hidung

    Jika Anda ingin memiliki burung perkutut bersuara besar pilihlah yang memiliki bentuk hidung besar seperti burung merpati, yang mengindikasikan bahwa burung perkutut tersebut mempunyai suara besar dan nyaring.

    8. Lidah

    Perkutut dengan suara yang bagus berkelas A biasanya memiliki ukuran lidah yang kecil, jika ukuran lidahnya besar umunya suara yang dihasilkan hanya berkelas C saja.

    9. Kaki

    Perkutut bersuara besar kalau dilihat dari kakinya adalah terlihat kokoh, tegap dengan posisi tulang paha lebih rapat. Bagian sisiknya juga terlihat rapi dengan warna hitam kemerahan dan telapaknya sedikit berwarna putih.

    10. Dada

    Bagian berikutnya yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah perkutut mempunyai suara besar atau tidak adalah dadanya. Perkutut suara besar umumnya memiliki dada yang padat dan luas, sehingga suara yang dihasilkan juga lebih jernih.


    11. Ekor

    Burung perkutut yang bagus dapat dilihat dari bentuk ekornya yang panjang dan menumpuk serta memiliki ukuran brutu atau pantat yang besar.

    Itulah beberapa ciri perkutut suara besar atau kelas A atau perkutut suara kung yang perlu Anda ketahui, untuk menentukan apakah perkutut memiliki kualitas yang bagus untuk dilombakan atau untuk dipelihara. Jadi kita harus benar-benar selektif dalam memilihnya, dan Anda bisa tahu cara memilih perkutut suara besar. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.


    Mungkin Anda terarik: ternak paling cepat

    No comments for "Berikut Adalah Ciri Perkutut Suara Besar atau Kelas A"