Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

    Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

    Ketika kita sedang bermain ponsel dengan layanan internet namun tiba-tiba sinyal jadi hilang dan kartu SIM mengeluarkan notifikasi tidak ada layanan, saat itu juga kita akan merasa kesal. Pasalnya dengan kartu yang tidak ada layanan akan menghambat kita dalam berbagai hal.

    Namun anda atau perlu cemas lagi. Disini kami akan memberikan rekomendasi cara yang bisa anda lakukan ketika ponsel Anda mengeluarkan notifikasi bahwa kartu SIM tidak ada layanan. Cara mengatasi kartu SIM yang tidak ada layanan ini bisa anda terapkan dengan mudah bisa untuk HP android, iphone atau yang lainnya.

    1. Restart HP Dulu

    Cara yang paling mudah dan paling sederhana adalah dengan melakukan opsi restart handphone. Karena biasanya proses restart ini akan menyalakan kembali sistem-sistem yang gagal di ponsel Anda. Cara ini bisa dibilang paling gampang, Anda tak perlu repot-repot memikirkan cara dan solusi lainnya jika dengan cara ini sudah berhasil.

    Selain itu dengan proses restart ini biasanya dibilang paling ampuh untuk mengatasi masalah internal salah satunya adalah dengan ponsel yang tidak ada layanannya. Selain dengan merestartnya anda juga bisa melepas baterai dan tunggu hingga beberapa saat. Setelah itu nyalakan kembali ponsel anda.

    2. Coba Lepas Pasang Kartu SIM

    Salah satu hal yang berpengaruh terhadap kegagalan kartu sim dalam memproses layanan bisa jadi karena kesalahan pemasangan kartu sim. Misalnya saja kartu sim yang anda pasang kurang sesuai, atau terlalu longgar. Dengan begitu bisa jadi sangat berpengaruh pada gagalnya kartu terbaca.

    Maka dari itu langkah ini patut anda coba unfuk mengembalikan sinyal handphone yang hilang. Caranya adalah dengan menarik slot kartu sim lalu mengeluarkannya selama beberapa menit. Setelah itu masukkan kembali ke ponsel Anda. Namun pastikan juga sebelum menarik slot kartu sim, handphone anda dalam keadaan mati.

    4. Pastikan Pengaturan APN Sudah Benar

    Apabila ketika anda sedang menyambungkan ke internet namun tiba-tiba muncul pesan "tidak tersedia layanan" maka anda perlu mencoba langkah yang satu ini. Caranya adalah dengan mengecek pengaturan APN.

    APN atau Acces Point Name merupakan sebuah layanan yang fungsinya sebagai konfigurasi jaringan, maka dari itu sangat berpengaruh terhadap layanan Internet yang ada di ponsel Anda.

    Karena kesalahan setting APN juga bisa mengakibatkan jaringan di ponsel Anda jadi eror Cara untuk masuk ke oangaturam APN ini berbeda-beda disetiap ponselnya. Namun cara umumnya bisa anda lihat dibawah ini.
    1. Pertama anda masuk ke menu pengaturan yang ada di ponsel
    2. Setelah itu gulir menu sampai anda menemukan opsi "kartu sim".
    3. Pilih opsi jaringan seluler lalu selanjutnya pilih APN.
    4. Disana anda bisa mengatur APN dengan yang baru atau membuat APN yang baru.
    5. Clear Cache HP

    Bagi anda yang melek teknologi pastinya Anda sudah paham apa itu cache. Cache merupakan data yang ada di handphone sebagai penyimpanan sementara dan otomatis. Dengan begitu sistem akan bekerja dengan optimal. Namun cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan justru akan mengakibatkan ponsel menjadi bermasalah.

    Salah satunya adalah bisa menghilangkan sinyal dan layanan kartu anda. Untuk itu, Anda perlu untuk menghapus data dari cache yang tersimpan. Dengan begitu konfigurasi yang ada pada sistem anda akan hilang.

    Dan pesan "tidak ada layanan" pada kartu sim anda bisa diatasi dengan metode ini. Untuk cache yang dimaksudkan disini adalah Dalvik Cache dan juga Partition Cache. Anda harus masuk pada mode recovery untuk menghapusnya.

    No comments for "Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan"

    Berlangganan via Email