Jenis-jenis Drone yang Perlu Anda Ketahui

    jenis drone

    Drone itu keren dan merupakan benda yang selalu diinginkan karena bisa digunakan untuk bermain, hobby, pekerjaan ataupun militer. Sebelum anda membeli drone, ada baiknya untuk mengetahui jenis dan tipe drone, jadi anda bisa mengetahui drone mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada beberapa jenis drone yang dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori.

    Jenis Drone Berdasarkan Ukuran


    1. Micro Drone/Drone yang sangat kecil

    Drone jenis ini biasamya memiliki ukuran dibawah 50cm , bahkan ada yang hanya sebesar serangga. Drone jenis ini biasa disebut micro Drone atau nano drone, Dan biasanya digunakan untuk senjata biologi dalam perang atau untuk memata-matai orang. Sayap dan Rotor drone tersebut dirancang khusus agar bisa melakukan manuver di tempat yang sempit dan tertutup.

    2. Small Drone/Drone Kecil

    Drone ini memiliki ukuran lebih besar dari micro drone, tetapi masih tidak terlalu besar. Panjangnya kurang dari 2 meter, biasanya memiliki sayap yang tetap. Ukurannya kecil tapi tenaganya besar, Bisa dimainkan dengan cara melemparkannya ke udara dengan menggunakan tangan dan selanjutnya dapat meluncur bebas di udara. Dengan harga dibawah 2 juta, drone jenis ini biasanya memiliki ukuran panjang 20-80 inchi.

    Biasanya digunakan untuk hobi dan tidak bisa digunakan untuk komersil seperti yang bisa dilakukan drone lain. Karena ringan, Drone ini kurang stabil dan tidak bisa mengambil foto secara akurat. Karena harganya yang murah Drone jenis ini cocok sebagai hobby atau untuk anak anak sebagai perkenalan di dunia drone.

    3. Medium drone/Drone menengah

    Drone jenis ini lebih kecil dari pesawat ringan, tetapi ukurannya cukup besar. Biasanya bisa untuk membawa 2 orang , beratnya bisa sekitar 200 Kg. Bisa terbang selama 5-10 menit.

    4. Large Drone/Drone Besar

    Drone jenis ini memiliki ukuran sebesar pesawat kecil. Biasanya para militer membuat dan menggunakan drone jenis ini untuk dikirim ke medan perang karena alasan keamanan. Bisa juga digunakan untuk tugas pengawasan area karena drone ini memiliki kamera yang cukup bagus. Dan bisa di gunakan pada ketinggian sampai 300 m di udara.

    Jenis Drone Berdasarkan Jangkauan Mengudara


    Jangkauan disini artinya seberapa jauh jarak drone dapat terbang dari si pengendali Drone. Anda juga dapat memilih drone dari jenis jangkauannya sebagai berikut :

    1. Drone Jarak dekat sekali

    Drone untuk mainan atau hobi biasanya masuk katagori drone jenis ini. Jarak tempuhnya sekitar 5Km. sedangkan durasi lama waktu terbang bisa mencapai 20 menit atau lebih, kadang bisa 1 jam.

    2. Drone Jarak dekat

    Drone jenis ini bisa dikendalikan oleh pengguna dari jarak 50 Km. Dilengkapi baterai yang tahan lama, mampu berada di udara selama 6 jam. Drone jenis ini biasanya digunakan sebagai drone militer.

    3. Drone jarak pendek

    Drone yang bisa dikendalikan oleh pengguna dari jarak 150 Km disebut juga drone jarak pendek. Bisa mengudara selama 12 jam, jenis baru dari drone yang biasa digunakan untuk keperluan mata-mata dan pengawasan daerah tertentu.

    4. Drone jarak menengah

    Pengguna bisa mengendalikan drone ini dari jarak 650 Km. Biasanya digunakan untuk pengawasan , tetapi bisa juga digunakan untuk keperluan ilmiah seperti mengumpulkan data cuaca ataupun data geologi untuk daerah tertentu.

    Jenis Drone Berdasarkan Platform Mengudara


    Drone tidak dikelompokkan menurut cara terbang, tapi cara drone untuk bisa tetap bertahan di atas mengudara.

    1. Multi Rotor Drone

    Drone jenis ini memiliki beberapa rotor yang mampu membuat drone ini bertahan lama di udara. Drone ini biasa digunakan untuk fotografi dan pengawasan.

    2. Fixed Wing Drone

    Drone yang juga umum adalah jenis Fixed wing yang memiliki sayap seperti pesawat terbang biasa. Drone ini tidak bisa diam di suatu tempat, tapi terus mengudara berdasarkan jalur yang telah ditentukan sampai energi penggeraknya habis.

    3. Single Rotor Drone

    Satu buah rotor besar dipakai untuk menerbangkan drone ini, sementara satu rotor kecil di ujung berfungsi untuk mengendalikan arah. Drone ini dikenal juga sebagai RC Helikopter, Drone jenis ini lebih efisien dari multi rotor drone. Drone ini bisa terbang lebih tinggi dan tetap mengudara di satu posisi dalam waktu lama tanpa memutar, kadang menggunakan bahan bakar gas, bukan listrik.

    Jenis Drone Berdasarkan Kemampuan


    Drone bukan lagi sebuah mesin terbang yang sederhana. Drone bisa mengerjakan berbagai tugas. Itulah mengapa kadang satu drone sangat berbeda dengan drone yang lain dari sisi desain, hal itu karena memang dibuat khusus berdasarkan fungsi drone itu sendiri.

    1. Drone Quadcopter

    Drone ini Yang paling populer di masyarakat, quadcopter drone menggunakan 4 rotor yang posisinya ada di sudut-sudut bodi drone yang kotak. Desain ini dipakai untuk menciptakan drone untuk mainan dan juga drone besar yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu.

    2. Drone GPS

    Drone jenis ini terhubung ke satelit melalui GPS. Drone ini menggunakan data dari satelit untuk memutuskan arah terbangnya, dan dapat kembali ke pemiliknya ksaat mulai kehabisan baterai.

    3. Drone RTF

    RTF atau Ready To Fly adalah drone yang siap terbang dan penggunaannya sangat mudah dan cepat. Kita tinggal beli saja, keluarkan dari kotak, dalam keadaan sudah lengkap dan siap terbang.

    4. Drone Trick

    Drone ini kecil, cepat dan dapat bermanufer Trick drone biasanya untuk mainan anak, Drone ini bisa melakukan jungkir balik di udara, terbalik, dan gerakan lain di udara yang bisa menghibur.Drone ini biasanya tidak memiliki aksesoris lain yang bisa memberatkan.

    5. Drone Helikopter

    Drone model ini menggunakan satu motor motor untuk bisa terus mengudara di angkasa.Kemampuannya seperti Helicopter RC yang bisa betahan di udara untuk waktu yang cukup lama.

    6. Drone Deliveri

    Drone jenis ini semakin populer dengan cepat untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pengiriman barang. Drone ini memiliki keranjang atau tali yang dikaitkan ke bagian bawah drone untuk membawa Paket barang yang mengirimkannya. Sekarang ini pengiriman barang menggunakan drone masih terbatas untuk barang yang kecil dan ringan saja. Para peneliti masih melakukan penelitian untuk menciptakan drone dengan kemampuan membawa barang-barang yang lebih besar dan lebih berat.

    7. Drone Fotografi

    Drone jenis ini memiliki kamera terpasang pada bodinya. Kameranya mampu mengambil gambar dan video dengan kualitas HD dari perspektif drone. Kamera drone memiliki desain khusus yang mampu bertahan dari cuaca ekstrim.

    8. Drone Balap

    Drone jenis ini menghilangkan semua aksesoris yang tidak perlu untuk mempertahankan bentuknya yang khusus dan tetap ringan. Mampu memiliki kecepatan lebih dari 50Km/jam, biasanya digunakan untuk kompetisi dan kejuaran balap drone.

    9. Drone Energi Alternatif

    Tidak semua drone menggunakan tenaga listrik, Ada beberapa drone yang menggunakan tenaga gas, Ada juga yang berbahan bakar nitro ,biasanya digunakan untuk jenis drone balap.

    10. Drone Enduran

    Drone terbaik untuk terbang jauh dan lama, Drone jenis ini mampu mengudara sekitar 3 hari, dan bisa terbang dengan ketinggian diatas 30.000 kaki dari permukaan laut.

    Demikianlah artikel mengenai Jenis dan Tipe Drone semoga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum anda membeli drone.

    No comments for "Jenis-jenis Drone yang Perlu Anda Ketahui"

    Berlangganan via Email