Kegunaan Drone yang Belum Banyak Orang Ketahui

    Kegunaan Drone

    Keberadaan drone sudah dikenal luas di Indonesia, terutama dikalangan orang yang hobi aero modeling, fotografi ataupun balap drone. Untuk mengenal lebih jauh tentang drone, kita akan membahas mengenai cara kerja drone dan kegunaannya.

    Pada dasarnya cara kerja drone adalah menggunakan 4 rotor yang berputar sebagai tenaga penggerak dan dapat mengatur kecepatan drone. Dua rotor pada posisi diagonal berputar searah jarum jsm, sedangkan 2 rotor yang lain berputar berlawanan arah jarum jam.

    Hal ini untuk menjaga agar drone tetap seimbang saat terbang. Jika semua rotor bergerak dengan arah yang sama akan menghasilkan torsi ke satu arah yang mengakibatkan drone ikut berputar dan menjadi tidak seimbang. Rotor pada drone didesain sedemikian rupa hingga dapat mendorong udara kebawah dan menciptakan daya angkat.

    Saat rotor memberi tekanan udara kebawah, Udara mendorong balik keatas sehingga drone bisa terangkat. Semakin cepat rotor berputar, semakin cepat pula berherak ke atas. Saat rotor bergerak perlahan maka drone akan turun perlahan. Itulah dasar cara kerja drone quadcopter.

    Mungkin kita hanya mengetahui bahwa drone bisa digunakan untuk mengambil foto atau video sebagai bagian dari hobi saja, tetapi sebenarnya banyak sekali aplikasi drone baik untuk personal dan komersil.

    Berikut adalah aplikasi penggunaan drone yang mungkin akan merubah cara pandang anda terhadap drone :

    1. Drone untuk Fotografi Udara

    Penggunaan drone untuk untuk fotografi udara merupakan fungsi utama dari drone. Dengan berkembangnya teknologi, banyak drone jenis quadcopter yang di lengkapi dengan peralatan kamera yang canggih dan berat. Sekarang ini Drone sangat stabil dan bisa mengambil foto yang jernih dan tajam. Anda dapat mengatur apa yang diambil oleh kamera video drone dengan menggunakan ponsel anda. Drone juga digunakan untuk fotografi acara pernikahan.

    2. Drone untuk Pertanian dan Perkebunan

    Drone bisa digunakan saat melakukan proses panen pada perkebunan. Juga digunakan dalam perawatan rutin lahan pertanian dan menyediakan data analisa perkembangan tanaman. Drone juga digunakan untuk melakukan penyemprotan pestisida, mengusir burung pemakan tanaman. Selanjutnya drone juga bisa melakukan evaluasi dengat buget yang rendah tanpa dampak lingkungan. Bukan hanya menghasilkan pertumbuhan tanaman yang sehat tetapi juga dappat meningkatkan keuntungan.

    3. Drone untuk Industrial, Komersial dan Konstruksi

    Beberapa orang percaya , cepat atau lambat drone akan bekerja bersama manusia dalam membuat pondasi gedung dan melakukan pekerjaan semacam sipil engineering, pekerjaan industrial dan ada yang sudah melakukan experimen seperti itu.

    Drone pelan pelan sudah masuk dalam pekerjaan konstruksi dan industri seperti :
    • Melakukan Pekerjaan Inspeksi
    • Melakukan monitoring karyawan
    • Menunjukan perkembangan pekerjaan konstruksi dari udara.
    • Melakukan survey bangunan
    • Membantu dalam sisi keamanan

    4. Drone untuk Balapan dan Olahraga

    Ini merupakan salah satu penggunaan drone yang semakin populer. Balap drone seperti melakukan balapan di video game tetapi dengan menggunakan benda yang sebenarnya, Dibutuhkan drone yang memiliki kemampuan akrobatik dan bisa bermanuver.

    5. Drone untuk Hiburan dan Pertunjukan Cahaya

    Sebuah drone quadcopter digunakan untuk merekam video dari udara pada sebuah pertunjukan hiburan. Pertunjukan cahaya drone di sebuah pusat hiburan dianggap sebagai sesuatu yang sangat keren.

    6. Drone untuk Pengiriman Barang Lewat Udara

    Salah satu penggunaan drone yang paling inovatif dan menarik perhatian media adalah pengiriman makanan dan barang menggunakan drone. Hal ini dapat mengurangi biaya karyawan dan mempercepat waktu pengiriman.

    7. Drone untuk Pembuatan Film

    Sudah banyak film box office yang menggunakan drone untuk merekam adegan filmnya. Sebuah drone quadcopter yang canggih sering digunakan dalam pembuatan film untuk merekam video dengan resolusi tinggi. Dengan semakin majunya teknologi drone, bisa saja nanti drone yang akan mengambil untuk semua adegan film secara otomatis dengan terlebih dahulu diprogram.

    8. Drone untuk Pemadam Kebakaran

    Drone komersial berukuran besar yang dibuat secara custom sering digunakan untuk memadamkan api di sebuah kebakaran hutan. Selama ini kita tahu bahwa helikopter digunakan untuk memadamkan api pada kebakaran hutan, tapi hal itu akan digantikan oleh drone. Menggunakan drone jauh lebih barena tanpa awak.

    9. Drone untuk Mambantu Pemburu

    Drone digunakan untuk diam-diam mendapatkan gambar dari udara saat berburu kelelawar di saat musim dingin.

    10. Drone untuk Menjangkau Tempat Tinggi

    Drone komersil jenis UAV menggantikan pekerjaan dengan resiko tinggi di tempat-tempat yang susah dijangkau, tempat yang sangat tinggi dan proses yang penting. Drone juga digunakan untuk mengambil sampel udara dan fotografi udara pada beberapa gunung berapi di dunia.

    11. Drone untuk Pekerjaan Inspeksi

    Sebuah quad drone yang sangat canggih terbukti dalam melakukan pekerjaan inspeksi menggantikan pekerjan fisik manusia dan penggunaan helikopter yang mahal. Termasuk inspeksi reguler untuk peralatan pada jalan tol, perairan dan pembangkit listrik. Drone dapat mengakses celah sempit dimana pipa-pipa yang kompleks berada di dalam dinding konstruksi untuk mengumpulkan data dari tempat yang susah di jangkau. Hal ini terbukti menghemat waktu, mengurangi biaya inspeksi dan meningkatkan keamanan pekerja.

    Drone juga digunakan untuk melakukan inspeksi pada jembatan, drone mampu menyediakan data yang lebih berkualitas dan lebih efisien dalam proses inspeksi.

    12. Drone untuk Pembuatan Berita dan Jurnalisme

    Drone kecil dapat membantu pembuat berita untuk mendapatkan bukti dari sebuah berita atau rekaman video penting pada sebuah medan perang. Kemampuan dron quadcopter mencapai area dimana para reporter tidak bisa datangi telah meningkatkan penggunaan drone dalam dunia jurnalisme.

    Drone dengan kamera juga digunakan untuk menyiarkan siaran langsung pada sebuah kejadian seperti saat ada kecelakaan, kemacetan, kebakaran dan kejahatan yang sedang terjadi.

    13. Drone untuk Militer dan Angkatan Bersenjata

    Salah satu aplikasi atau penggunaan terbesar dari drone adalah digunakan dalam operasi militer dan prosedur pengawasan serta misil tak berawak. Drone telah digunakan pada sektor pertahanan, militer, taktikal, dan perang modern.

    14. Drone untuk Pemetaan Wilayah

    Drone digunakan untuk pemetaan dari udara untuk berbagai aplikasi. Drone juga memiliki pengaruh yang penting dalam bidang pemetaan.Ada beberapa bagian dari bumi yang tidak dapat dengan mudah dijangkau oleh manusia, untuk tujuan memahami landskap dan menyiapkan peta 3D, drone berkamera telah digunakan untuk hal itu.

    15. Drone untuk Pertambangan

    Pertambangan adalah pekerjaan yang berbahaya, jadi drone digunakan untuk mengukur tingkat keselamatan dan kekuatan dari gua yang digali, sebelum para pekerja dibolehkan masuk.

    16. Drone untuk Medis dan Emergensi

    Drone sekarang digunakan di dunia medis untuk alternatif pengganti helikopter dalam pengiriman obat dan organ transplantasi. Drone juga digunakan untuk melakukan riset masalah kesehatan dan dapat membantu mencegah terjadinya wabah penyakit.

    17. Drone untuk Kepolisian dan Penegakan Hukum

    Drone memiliki peran penting bagi kepolisian dan penegakan hukum. Alat ini memiliki kemampuan terbang berkeliling tanpa menarik perhatian dan mengawasi lingkungan sekitar. Sekelompok orang bisa diawasi dan aktifitas kriminal bisa dideteksi pada saat ada kejadian. Juga dapat digunakan untuk penegakan hukum, karena hasil rekaman drone bisa menjadi alat bukti di pengadilan.

    18. Drone untuk Alat Transportasi Manusia

    Drone bisa juga digunakan sebagai alat transportasi manusia dari satu temat ke temat lain dengan aman dan juga bisa untuk mengurangi kemacetan. Hal ini sudah dibuktikan dengan menjadikan drone sebagai taksi terbang.

    19. Drone untuk Fotografi Real Estate

    Para pelaku real estate menggunakan rekaman udara dari properti untuk menunjukkan proyek kepada pembeli potensial dan digunakan juga sebagai bahan dalam video promosi. Dengan menggunakan drone, para agen properti bisa menunjukan keadaan sekitar rumah kepada pembeli

    20. Drone untuk Rekreasi dan Hobi

    Market terbesar dari drone adalah untuk hobby pribadi dan keperluan rekreasi. Memang, drone adalah gadget yang keren dan canggih dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Semakin banyak orang yang menggunakan drone untuk keperluan rekreasi, bahkan anak-anakpun sekarang memainkan drone mini di dalam rumah mereka.

    Demikianlah informasi mengenai cara kerja dan kegunaan drone yang belum banyak orang ketahui, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda, terima kasih.

    No comments for "Kegunaan Drone yang Belum Banyak Orang Ketahui"

    Berlangganan via Email