Keuntungan Menggunakan Drone Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

    Keuntungan Menggunakan Drone

    Drone pada dasarnya adalah pesawat yang bisa terbang tanpa awak atau pesawat yang bisa dikendalikan dari jarak jauh oleh penggunanya. Ada banyak sekali jenis dan tipe drone, dari yang kecil sebesar serangga sampai yang memiliki ukuran sebesar pesawat kecil. Aplikasi drone juga sangat beragam, dari mulai untuk sekedar hobi, keperluan komersil, penelitian, sampai militer.

    Semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan drone baik untuk keperluan pribadi, urusan bisnis dan juga urusan negara. Banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan drone, selain memiliki banyak keuntungan, ternyata penggunaan drone juga memiliki dampak negatif dan kerugian. Berikut adalah Keuntungan dan Kerugian menggunakan Drone.

    Keuntungan utama menggunakan Drone
    • Harganya murah dan terjangkau.
    • Mudah digunakan dan bisa menjadi hiburan.
    • Drone bisa digunakan untuk keamanan dan pengawasan wilayah
    • Drone bisa digunakan untuk membantu pertanian.
    • Bisa digunakan untuk mengirimkan barang atau paket.
    • Drone bisa membuat peta 3 dimensi
    • Drone bisa digunakan pada tempat-tempat berbahaya.
    • Bisa menyelamatkan nyawa manusia.
    • Bisa mengambil foto aerial untuk fotografi
    • Drone dapat mengambil foto momen langka dalam olahraga.
    Berikut adalah keuntungan menggunakan drone dalam berbagai aspek kehidupan :

    1. Keuntungan Drone untuk Pertanian

    Banyak sekali keuntungan menggunakan drone di sektor pertanian diantaranya :
    • Drone bisa membantu dalam penyebaran benih dan melakukan panen di area pertanian yang luas.
    • Bisa membantu proses pertumbuhan tanaman dengan pemupukan yang dilakukan dari udara.
    • Mambantu dalam membasmi hama dengan cara menyiram disinfektan.
    • Bisa mengumpulkan data dan menganalisa perkembangan tanaman, memprediksi panen.

    2. Keuntungan Drone untuk Jurnalisme dan Liputan Berita
    • Bisa digunakan untuk meliput berita atau membuat video dari tempat atau kondisi yang berbahaya seperti saat badai.
    • Membantu saat membuat film dokumenter dari tempat tempat yang memiliki akses terbatas.
    • Bisa melengkapi berita dengan video yang akurat dan sesuai kejadian.
    3. Keuntungan Drone untuk Industri Gaming

    Selain digunakan untuk pertandingan game dan balapan, Drone juga bisa digunakan untuk membantu dalam pembuatan game seperti membuat peta yang hyper realistik.

    4. Keuntungan Drone untuk Keamanan

    Perusahaan jasa keamanan menggunakan drone untuk membantu dalam pengawasan yang komprehansif untuk satu daerah perumahan, pertokoan dan juga industri. Drone juga bisa melakukan patroli secara teratur di suatu daerah sesuai dengan keinginan pengguna. Jika ada alarm berbunyi drone langsung bereaksi merekam hal-hal yang mencurigakan dan langsung mengirimkan data tersebut kepada fihak kepolisian.

    5. Keuntungan Drone untuk Pertahanan

    Banyak sekali drone militer yang telah dibuat untuk membantu masalah keamanan di suatu negara. Selain untuk pengawasan wilayah, sebagai mata-mata dan banyak tugas rahasia yang bisa dikerjakan drone untuk membantu masalah pertahanan negara.

    6. Keuntungan Drone Saat Bencana Alam dan Bantuan Kemanusiaan

    Saat terjadi gempa atau badai, Drone digunakan untuk melakukan assesmen kerusakan pasca bencana, membantu menemukan korban, menyalurkan bantuan, bisa juga untuk pencegahan bencana. Dalam hal bencana kebakaran hutan, Drone yang dilengkapi dengan kamera termal membantu dalam mendeteksi temperature abnormal hutan yang dapat memicu kebakaran.

    7. Keuntungan Drone untuk Konservasi Lingkungan

    Perubahan lingkungan dapat menyebabkan dampak yang besar terhadap kesehatan hewan liar di seluruh dunia. Ribuan binatang terancam punah setiap tahun. Drone digunakan untuk melakukan studi untuk ekosistem global dengan cara melakukan monitoring dan pelacakan terhadap hewan liar.

    8. Keuntungan Drone untuk Mengendalikan Penyakit

    Drone juga bisa digunakan untuk melakukan pencegahan terhadap epidemik suatu penyakit dengan cara melacak keberadaan binatang yang bisa menularkan penyakit infeksi ke manusia. Dalam kasus malaria, Drone juga pernah melacak pergerakan nyamuk malaria dari satu provinsi yang banyak terjangkit penyakit malaria ke provinsi lain.

    9. Keuntungan Drone untuk Sektor Maritim

    Dengan banyaknya kapal yang mangangkut barang perdagangan, dibutuhkan cara yangcepat untuk melakukan inspeksi barang-barang di atas kapal. Itu adalah salah satu tugas yang dilakukan drone di sektor maritim. Drone juga bisa melakukan untuk memeriksa emisi gas buang dari sebuah kapal.

    10. Keuntungan Drone untuk Pengolahan Limbah

    Saat ini drone digunakan untuk mengumpulkan sampah-sampah yang ada di lautan dan pelabuhan. Ada juga Drone yang digunakan untuk membantu mengawasi sistem pengolahan limbah.

    11. Keuntungan Drone dalam Pengolahan Energi

    Saat ini kita masih mengandalkan sumber energi yang didapat dari fosil yaitu minyak bumi. Drone digunakan untuk melakukan inspeksi peralatan untuk pengolahan dan transportasi minyak bumi dan gas agar tetap memenuhi standar yang ditetapkan. Dengan menggunakan kamera dengan sensor termal, drone mampu menemukan jika ada kebocoran minyak atau gas.

    12. Keuntungan Drone untuk Pertambangan

    Dalam Industri pertambangan Drone digunakan untuk mengukur dan menganalisa volume dari stok bahan tambang yang tersedia dan melakukan pengawasan dari operasi pertambangan dari udara. Hal ini dapat mengurangi resiko jika seorang surveyor melakukan kegiatan tersebut.

    13. Keuntungan Drone untuk Bidang Konstruksi

    Drone biasa digunakan dalam perencanaan konstruksi dan manajemen. Drone mengumpulkan data dengan melakukan pemotretan secara teratur dari progress sebuah bangunan konstruksi yang sedang dibangun. Peran drone manjadi semakinpenting dalam perencanaan dan monitoring sebuah proyek konstruksi.

    14. Keuntungan Drone untuk Industri Asuransi

    Drone digunakan pada industri asuransi untuk melakukan inspeksi terhadap properti sebuah bangunan yang pemiliknya melakukan claim asuransi. Dengan menggunakan kamera yang memiliki resolusi tinggi, drone melakukan assesmen terhadap struktur sebuah bangunan dengan lebih detail.

    15. Keuntungan Drone untuk Transportasi

    Sudah banyak perusahaan transportasi ataupun maskapai penerbangan yang melakukan ujicoba menggunakan drone untuk mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lain dengan aman, meskipun tanpa pengemudi. Bahkan di Cina dan Dubai sudah ada taksi yang menggunakan drone sebagai kendaraan tanpa supir untuk mengangkut penumpang.

    16. Keuntungan Drone untuk Industri Penerbangan

    Salah satu peraturan penerbangan yang sangat ketat adalah untuk memeriksa kondisi pesawat secara rutin. Dengan bantuan drone, hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lebih akurat terutama untuk bagian luar pesawat. Dengan bantuan kamera yang canggih drone mampu mengumpulkan gambar dan menyajikannya secara detail dalam bentuk model 3 dimensi.

    17. Keuntungan Drone untuk Industri Komunikasi

    Menara telekomunikasi harus dilakukan pengecekan rutin dalam kurun waktu tertentu, Jika dilakukan oleh manusia bisa memakan waktu berhari-hari dan juga memiliki resiko yang besar bagi keselamatan pekerja tersebut. Dengan menggunakan drone, inspeksi bisa dilakukan dalam waktu beberapa jam saja dengan hasil yang lebih detail dan lebih akurat.

    18. Keuntungan Drone untuk Sinema dan Film

    Salah satu industri pertama yang memanfaat drone adalah industri pembuatan film. Dengan bantuan drone, bisa menangkap momen yang dramatis dari perspektif udara tanpa bantuan helikopter. Banyak drone yang memang dirancang khusus untuk dunia sinamatografi dan juga periklanan.

    19. Keuntungan Drone untuk Bidang Retail

    Drone telah digunakan untuk pengiriman barang dari retailer ke customer. Perusahaan raksasa amazon telah melakukan hal ini sejak beberapa tahun yang lalu. Banyak perusahaan lokal juga telah mengkombinasikan sistem pengiriman barang dengan mobil dan juga drone.

    20. Keuntungan Drone untuk Bidang Luar Angkasa

    Nasa telah mengumumkan untuk menggunakan drone untuk misi mengeksplorasi tanda-tanda kehidupan di planet mars.

    Itulah beberapa keuntungan yang bias kita dapatkan dari menggunakan drone, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya, terima kasih.

    No comments for "Keuntungan Menggunakan Drone Dalam Berbagai Aspek Kehidupan"