Inilah Daftar Kura - Kura Terbesar di Dunia

    Kura Kura Terbesar di Dunia

    Ukuran kura-kura secara umum, hanya memiliki panjang setengah meter. Kemudian berat badannya maksimal hanya 100 kg atau 1 kwintal saja. Namun bila ada yang memiliki panjang dan berat badan melebihi ukuran tersebut, maka dapat dikatakan sebagai kura-kura terbesar di dunia. Namun kura-kura yang memiliki ukuran lebih besar, biasanya tergolong hewan punah.

    Jenis Kura - Kura Terbesar di Dunia

    Ukuran kura-kura yang tergolong besar, biasanya dapat mencapai panjang 5 hingga 6 meter dan berat badan mencapai 200 kg. Jenis kura-kura yang memiliki ukuran besar, biasanya hidup sejak zaman purba hingga sekarang. Sehingga tidak heran bila kura-kura tersebut, kini tergolong dalam hewan yang memiliki populasi hampir punah dan dilindungi oleh negara.

    1. Kura-Kura Archelon

    Kura-kura terbesar pertama adalah Archelon. Kura-kura ini memiliki panjang badan mencapai 5,6 meter atau secara dengan 15 kaki. Kemudian berat badan kura-kura Archelon bisa mencapai 2.200 kg. Namun kura-kura Archelon ini, sekarang sudah punah dan menjadi fosil. Archelon diperkirakan hidup 74 juta tahun yang lalu di Western Interior Seaway, Amerika Utara.

    Makanan kura-kura Archelon semasa hidup adalah cumi-cumi. Sehingga kura-kura ini tergolong dalam hewan pemakan daging. Banyak ilmuwan yang berpendapat bahwa Archelon adalah nenek moyang dan keturunan dari penyu masa sekarang. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membedakan. Mulai dari cangkangnya, bentuk rahang, ekor, hingga tulang tengkoraknya.

    2. Kura-Kura Protostega Gigas

    Kura-kura terbesar kedua adalah Protostega Gigas. Kura-kura ini memiliki panjang badan mencapai 3 meter atau setara dengan 10 kaki. Namun sayangnya kura-kura ini kini sudah punah dan menjadi fosil. Fosil Protostega Gigas ditemukan pada tahun 1871 oleh Edward Drinker Cope. Dia menemukan fosil tersebut di barisan bukit kapur bernama Smoky Hill Chalk.

    3. Kura-Kura Meiolania

    Kura-kura terbesar ketiga adalah Meiolania. Kura-kura ini memiliki panjang badan mencapai 2,5 meter. Kemudian bentuk fisik kura-kura Meiolania sangatlah unik. Tengkorak kepala kura-kura Meiolania ini, berbentuk layaknya tanduk di samping kanan dan kiri dengan ukuran 60 cm. Sehingga kepala kura-kura Meiolania ini, tidak dapat ditekuk ke dalam cangkangnya.

    Para ilmuwan menganggap bahwa kura-kura Meiolania berasal dari Australia. Tidak hanya itu, mereka menganggap Meiolania ini tergolong dalam kura-kura air tawar. Kura-kura Meiolania dipercaya hidup dari zaman purba, selama 2000 tahun lamanya. Sehingga tidak heran bila bentuk fisik Meiolania ini, berbeda dengan kura-kura pada umumnya.

    4. Kura-Kura Colossochelys Atlas

    Kura-kura terbesar keempat adalah Colossochelys Atlas. Colossochelys Atlas ini memiliki ukuran yang tidak sama dengan kura-kura sekarang. Tempurung Colossochelys Atlas memiliki tinggi 1,8 meter dan panjang 2,1 meter. Kemudian berat badan kura-kura Colossochelys Atlas adalah 4 ton. Besarnya ukuran tersebut, menjadikan kura-kura ini terbesar dan terberat di dunia.

    Makanan kura-kura Colossochelys Atlas adalah tumbuh-tumbuhan. Banyak para ilmuwan yang menyatakan bahwa Colossochelys Atlas adalah nenek moyang dan juga turunan dari kura-kura Galapagos. Tidak hanya itu mereka juga menyatakan bahwa kura-kura Colossochelys Atlas, tersebar di beberapa negara. Mulai dari di Negara Indonesia, Pakistan, dan India.

    5. Kura-Kura Stupendemys

    Kura-kura terbesar kelima adalah Stupendemys. Kura-kura ini memiliki panjang badan hingga 4 meter atau setara dengan 13 kaki. Berat badan kura-kura Stupendemys dapat mencapai 1,25 ton. Sehingga dapat diprediksi bahwa ukuran kura-kura Stupendemys ini, sama dengan sebuah mobil sedan. Pastinya ukuran ini sangat wajar, mengingat Stupendemys hidup di zaman purba.

    Para peneliti banyak yang menganggapan bahwa kura-kura Stupendemys, hidup sekitar 5 sampai 6 juta tahun lalu. Bahkan mereka juga bisa memecahkan fakta bahwa habitat asli kura-kura Stupendemys berada di Negara Amerika Selatan. Kemudian makanan kura-kura Stupendemys berupa hewan kecil, ciman, ular, ikan, dan juga moluska.

    6. Kura-Kura Carbonemys Cofrinii

    Kura-kura terbesar keenam adalah Carbonemys Cofrinii. Namun sayang, kura-kura ini sudah punah. Awalnya fosil kura-kura Carbonemys ini, ditemukan di salah satu tambang batu bara daerah Kolombia. Kemudian fosil ini dilakukan penelitian. Banyak para peneliti yang menyatakan bahwa kura-kura Carbonemys Cofrinii ini, pernah hidup sekitar 60 juta tahun yang lalu.

    Kura-kura Carbonemys memiliki tempurung dengan ukuran mencapai 1,27 meter. Kemudian makanan Carbonemys berupa buaya, mollusca, tumbuhan kecil, dan juga kura-kura yang memiliki ukuran lebih kecil. Banyaknya makanan yang tersedia, membuat kura-kura Carbonemys memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.

    7. Kura-Kura Galapagos

    Kura-kura terbesar ketujuh adalah Galapagos. Hingga kini kura-kura Galapagos masih bertahan hidup. Namun sayangnya populasi Galapagos hampir punah. Ukuran panjang tubuh kura-kura Galapagos mencapai 1,87 meter. Kemudian berat kura-kura ini mulai dari 272 hingga 400 kg. Lalu bentuk leher Galapagos seringkali disamakan dengan kura-kura Aldabra.

    Makanan kura-kura Galapagos berupa rumput dan juga pohon yang memiliki dahan rendah. Menurut data dari perlindungan hewan punah, kura-kura Galapagos kini hanya ada kurang lebih 20.000 ekor. Sehingga seluruh negara sepakat untuk melindungi spesies kura-kura Galapagos agar tidak cepat punah. Oleh sebab itu, negara melarang menjual belikan kura-kura Galapagos.

    8. Kura-Kura Aldabra Giant

    Kura-kura terbesar delapan adalah Aldabra Giant. Hingga kini kura-kura Aldabra Giant masih ada dan belum punah. Kura-kura Aldabra Giant ini berasal dari Pulau Atol Aldabra. Dalam pulau tersebut terdapat 100.000 spesies kura-kura Aldabra Giant. Uniknya Aldabra Giant bisa tumbuh mencapai 1,5 meter, dengan umur hingga 250 tahun. Berat badan Aldabra Giant adalah 300 kg.

    Bila dilihat secara fisik, kura-kura Aldabra Giant memiliki tempurung berwarna coklat kehitaman. Kemudian kaki kura-kura Aldabra Giant cukup kekar dan besar, karena harus menopang badannya yang cukup berat. Lalu bagian leher kura-kura ini sangatlah panjang. Sehingga akan mempermudah kura-kura Aldabra Giant untuk menggapai daun di pohon yang tinggi.

    9. Kura-Kura Common Snapping Turtle

    Kura-kura terbesar kesembilan adalah Common Snapping Turtle. Common Snapping Turtle sebenarnya memiliki ukuran yang lebih kecil, dibandingkan dengan jenis kura-kura terbesar lainnya. Ukuran kura-kura ini hanya memiliki panjang 50 cm saja. Kemudian berat badan Common Snapping Turtle hanya 34 kg. Namun spesies kura-kura ini masih belum punah.

    Kura-kura Common Snapping Turtle memiliki habitat asli di Negara Amerika. Makanan yang biasa dikonsumsi adalah ikan kecil, pelet, udang, sayur, ulet, hingga burung. Sehingga kura-kura ini disebut sebagai hewan pemakan segalanya. Ketika menyerang mangsanya, Common Snapping Turtle akan secara tiba-tiba menyerang dan menggigit dengan rahangnya yang kuat.

    10. Kura-Kura Alligator Snapping Turtle

    Kura-kura terbesar kesepuluh adalah Alligator Snapping Turtle. Jenis kura-kura ini, hampir sama dengan kura-kura Common. Namun bila dilihat dari bentuk fisiknya, terlihat perbedaannya. Kura-kura ini seringkali berada di dalam air. Sehingga makanan yang sering dikonsumsi Alligator Snapping Turtle adalah ular, buaya, ikan, amfibi, hingga hewan invertebrata.

    Ukuran tubuh Alligator Snapping Turtle masih kalah dengan kura-kura terbesar di dunia lainnya. Kura-kura Alligator Snapping Turtle memiliki panjang badan mencapai 80 cm. Kemudian berat badan kura-kura Alligator Snapping Turtle ini mencapai 100 kg. Uniknya kura-kura Alligator Snapping Turtle dapat bertahan hidup selama 120 tahun lamanya.

    11. Kura-Kura Sulcata

    Kura-kura terbesar kesebelas adalah Sulcata. Spesies ini menduduki posisi kura-kura terbesar setelah Aldabra Giant Tortoise. Kura-kura Sulcata memiliki panjang cangkang mencapai 45 cm. Uniknya Sulcata dewasa bisa tumbuh hingga 80 cm. Kemudian berat badan kura-kura Sulcata mencapai 45 kg. Namun ukuran bayi kura-kura Sulcata hanya sampai 5 cm saja.

    Kura-kura Sulcata banyak disukai masyarakat luas. Sehingga kura-kura Sulcata ini, banyak dipelihara di rumah. Berbeda dengan kura-kura lainnya, Sulcata dapat bertahan hidup meski suhu di sekitarnya sangatlah panas dan minim air. Hal ini karena kura-kura Sulcata berasal dari habitat yang sangat panas yaitu Afrika. Sehingga Sulcata sudah terbiasa dengan cuaca panas.

    12. Kura-Kura African Spurred Tortoise

    Kura-kura terbesar kedua belas adalah African Spurred Tortoise. African Spurred Tortoise tergolong dalam kura-kura terbesar yang ada di dunia. Berat badan yang dimiliki kura-kura African Spurred Tortoise mencapai 105 kg. Kura-kura ini dapat tumbuh hingga berumur 50 sampai 150 tahun lamanya. Lalu panjang kura-kura African Spurred Tortoise mencapai 83 cm.

    Habitat asli kura-kura African Spurred Tortoise berada di Gurun Sahara yang terletak di Negara Afrika Utara. Kemudian kura-kura ini seringkali mengkonsumsi makanan berupa sayur dan buah. Kura-kura African Spurred Tortoise seringkali dipelihara oleh masyarakat luas. Hal ini karena bentuk cangkang dan juga kaki kura-kura African Spurred Tortoise sangatlah cantik.

    13. Kura-Kura Madagaskar

    Kura-kura terbesar ketiga belas adalah Madagaskar. Kura-kura Madagaskar tergolong dalam hewan punah dan dilindungi oleh negara. Hingga kini, jumlah spesies kura-kura Madagaskar hanya sekitar kurang lebih 600 ekor. Spesies kura-kura ini hanya ada di Madagaskar saja, tepatnya di Bali Bay. Negara tersebut merupakan habitat asli kura-kura Madagaskar ini.

    Bila dilihat secara fisik, kura-kura Madagaskar memiliki bentuk yang sangat unik. Sehingga banyak orang yang memilih untuk memperdagangkan kura-kura Madagaskar ini secara bebas. Dengan begitu, populasi kura-kura ini semakin menipis. Selain itu, banyaknya babi hutan yang memangsa telur-telur Madagaskar, membuat populasi kura-kura ini semakin menipis.

    Pada zaman purba hingga sekarang, ada banyak spesies kura-kura terbesar di dunia. Spesies kura-kura tersebut, tersebar di berbagai negara. Mulai dari di Negara Amerika, Afrika, hingga Australia. Tidak hanya itu berat badan kura-kura raksasa sendiri, mulai dari 200 kg sampai 4 ton. Namun kura-kura yang ada sekarang, memiliki ukuran kurang lebih setengah meter saja.

    Demikian tadi adalah informasi mengenai daftar kura-kura terbesar di dunia yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, terima kasih.

    No comments for "Inilah Daftar Kura - Kura Terbesar di Dunia"

    Berlangganan via Email