9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

     

    Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

    Manfaat Jahe Untuk Kesehatan berikut ini kami rangkum untuk Anda yang peduli dengan kesehatan.

    Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah tersehat dan lezat yang bisa anda temukan dengan mudah baik di pasaran maupun di warung-warung terdekat. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman herbal karena mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang sangat kuat untuk memberi manfaat kesehatan terhadap tubuh dan otak anda.

    Berasal dari negeri Cina, jahe masuk ke dalam keluarga Zingiberaceae dan sangat dekat dengan saudaranya yaitu kunyit, kapulaga, dan lengkuas. Rimpang (bagian bawah batang) merupakan bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu, yang mana dikenal dengan sebutan jahe oleh masyarakat luas.

    Jahe sendiri memiliki sejarah panjang sebagai obat alternatif maupun tradisional dalam mengatasi berbagai macam masalah medis. Seperti contohnya mampu membantu melancarkan pencernaan, mengurangi perasaan mual, dan melawan flu serta demam yang bisa menyerang anda kapan saja.

    Anda bisa tahu manfaat jahe untuk kesehatan dengan berbagai cara penyajian. Mengkonsumsi jahe bisa dilakukan dengan cara dikeringkan, dibubukkan, diambil minyaknya, dijus, dicampur bersama makanan sebagai bumbu, atau bahkan dimakan secara langsung jika memang suka. Tetapi tak jarang pula jahe digunakan sebagai obat luar dan dimasukkan ke dalam berbagai macam kosmetik tertentu.

    Aroma khas dan rasa dari jahe sendiri datang dari minyak alami yang diproduksinya, yang juga menjadi bagian terpenting dalam jahe yang disebut sebagai gingerol. Gingerol merupakan senyawa bioaktif utama dari jahe yang sering digunakan oleh dunia medis karena memiliki efek anti-radang dan antioksidan yang sangat ampuh. 

    Dikarenakan kandungannya yang menakjubkan tersebut, mengkonsumsi jahe bisa mendatangkan anda berbagai macam manfaat kesehatan seperti yang sudah kami ulas di bawah ini secara lengkap.

    9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang Bisa Anda Manfaatkan

    1. Mengatasi Mual

    Jahe nampaknya sangat efektif dalam mengatasi perasaan mual, terutama mual dini saat hamil. Bahkan bisa digunakan pula sebagai obat untuk mengatasi mual dan muntah selepas menjalani pembedahan, serta bagi para penderita kanker setelah menjalani kemoterapi. 

    Tetapi efeknya yang paling kuat bisa dirasakan oleh ibu hamil yang tengah mengalami morning sickness atau mual dni. Hal ini terbukti dalam sebuah ulasan terhadap 12 penelitian yang melibatkan sebanyak 1278 wanita hamil yang memperlihatkan bahwa asupan jahe sebanyak 1,1-1,5 gram mampu mengurangi gejala mual tersebut secara signifikan. 

    Meskipun jahe bisa disebut sebagai obat herbal yang aman untuk dikonsumsi, tetapi pastikan pula anda untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika ingin dikonsumsi dalam jumlah besar saat hamil. Beberapa orang percaya bahwa terlalu banyak mengkonsumsi jahe bisa mengakibatkan keguguran, meskipun teori ini masih belum dibuktikkan secara medis.

    2. Mengurangi Nyeri Otot

    Manfaat jahe untuk kesehatan yang lain dan telah terbukti mampu mengatasi dan melawan nyeri otot secara efektif akibat berolahraga yang berlebihan. Dalam sebuah penelitian memperlihatkan bahwa asupan 2 gram jahe per hari selama 11 hari berturut-turut mampu mengurangi nyeri otot secara signifikan terhadap orang-orang yang tengah menjalani latihan olahraga siku

    Meskipun efeknya tidak akan langsung dirasakan, tetapi sangatlah efektif untuk digunakan dalam jangka panjang agar nyeri otot anda bisa teratasi dari waktu ke waktu setelah berolahraga. Manfaat ini dikarenakan adanya efek anti-radang yang dimilikinya.

    3. Mengatasi Osteoarthritis

    Berikutnya, manfaat jahe untuk kesehatan yang lain adalah mengatasi Osteoarthritis. Meskipun namanya terdengar cukup asing, tetapi osteoarthritis sebenarnya merupakan penyakit yang cukup umum menimpa orang-orang di sekitar kita. Penyakit ini melibatkan degenerasi otot di tubuh seseorang, sehingga akan menimbulkan gejala berupa nyeri sendi dan kekakuan.

    Tetapi dalam sebuah percobaan terkontrol terhadap 247 orang penderita osteoarthritis lutut memperlihatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi ekstrak jahe mengalami lebih sedikit rasa sakit dan membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

    4. Mengurangi Kadar Gula Darah dan Resiko Penyakit Jantung

    Penelitian akan kemampuannya dalam mengatasi kedua masalah ini bisa dibilang baru, tetapi temuan akan manfaat jahe untuk kesehatan yang memiliki efek anti-diabetes sudah ditemukan jauh-jauh hari sebelumnya.

    Dalam sebuah penelitian di tahun 2015 yang melibatkan sebanyak 41 orang penderita diabetes tipe-2 yang mengkonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari mampu menurangi kadar gula darah puasa hingga 12%. 

    Disebutkan pula mampu memperbaiki HbA1c (penanda dari kadar gula darah dalam jangka panjang) secara drastis, sehingga bisa berkurang hingga 10% dalam kurun waktu 12 minggu saja.

    Tak hanya itu, manfaat jahe untuk kesehatan lainnya juga bisa mengurangi rasio ApoB/ApoA-I sebanyak 28%, dan penanda lipoprotein teroksidasi sebanyak 23%, yang mana keduanya merupakan faktor resiko utama dari penyakit jantung.

    5. Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan Kronis

    Gangguan pencernaan kronis atau dispepsia ditandai oleh adanya rasa sakit dan tidak nyaman pada area perut bagian atas secara berulang. Salah satu penyebabnya kemungkinan besar disebabkan oleh lambatnya pengosongan perut di sistem pencernaan anda.

    Tetapi menariknya, manfaat jahe untuk kesehatan berikutnya yang telah terbukti mampu mempercepat pengosongan perut terhadap orang-orang yang tengah menderita kondisi yang satu ini. Bahkan dalam sebuah penelitian yang melibatnya sebanyak 24 orang sehat memperlihatkan bahwa 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan mampu mempercepat pengosongan perut hingga 50%.

    6. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

    Nyeri saat haid (dismenore) mengacu pada perasaan sakit yang dirasakan selama siklus menstruasi wanita berlangsung. Rasa sakit sendiri bisa terasa ringan hingga parah, tergantung tiap individu yang merasakannya.

    Untungnya, salah satu manfaat jahe untuk kesehatan lainnya adalah sebagai obat tradisional adalah untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri saat haid.. Jika anda tengah mengalami kondisi ini, para ilmuwan kesehatan merekomendasikan anda untuk mengkonsumsi 1 gram bubuk jahe per hari selama 3 hari pertama periode menstruasi anda. 

    Bahkan jahe mampu mengurangi rasa sakit seefektif obat asam mefenamat dan ibuprofen. Tetapi jika dibandingkan dengan efek sampingnya, jahe jauh lebih aman karena termasuk ke dalam obat herbal alami.

    7. Mengurangi Kadar Kolesterol

    Seperti yang sudah kita tahu bahwa kadar tinggi akan kolesterol jahat LDL sudah dikaitkan secara nyata dengan meningkatnya resiko penyakit jantung. Kebanyakan disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan rendah nutrisi.

    Untuk mengatasinya, cobalah anda mengkonsumsi bubuk jahe sebanyak 3 gram agar mampu mengurangi penanda kolesterol dalam darah anda. Cara ini sudah dibuktikkan pula oleh penelitian yang melibatkan 85 orang selama 45 hari. 

    8. Membantu Mencegah Kanker

    Kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan dimana ditandai dengan tumbuhnya sel-sel abnormal yang tidak terkontrol dalam tubuh. Sama halnya seperti penyakit jantung, kanker juga termasuk ke dalam jenis penyakit yang telah banyak membunuh penduduk dunia.

    Agar terhindar dari penyakit tersebut, cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak jahe secara berkala, terutama jika anda telah beresiko terkena penyakit ganas yang satu ini. Cukup mengkonsumsi 2 gram ekstrak jahe per hari saja sudah mampu mengurangi molekul sinyal pro-inflamasi pada usus besar anda.

    BACA JUGA: Manfaat Bawang Putih

    9. Membantu Melawan Infeksi

    Gingerol, yaitu senyawa bioaktif dalam jahe segar tentunya juga bisa mengurangi resiko seseorang terkena berbagai macam jenis infeksi. Faktanya, ekstrak jahe mampu menghambat pertumbuhan berbagam macam jenis bakteri yang berbeda dalam tubuh seseorang.

    Penggunaannya yang paling efektif adalah untuk melawan bakteri mulut yang menjadi penyebab peyakit radang di gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Selain itu, jahe segar juga bisa sangat efektif dalam melawan virus RSV, yaitu sejenis virus umum yang menjadi biang kerok anda terkena infeksi saluran pernafasan.

    Baca juga:

    No comments for "9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"

    Berlangganan via Email