Analisa Usaha Bengkel Sepeda Motor, Pemula Wajib Tahu!

    Untuk mulai menjalankan usaha bengkel sepeda motor, yang pertama kali harus Anda tahu adalah analisa usaha bengkel sepeda motor. Berikut ini adalah rincian biaya yang diperlukan sebagai gambaran buat Anda yang ingin mulai merintis usaha di bidang bengkel sepeda motor. Simak ulasannya sampai selesai!

    Analisa Usaha Bengkel Sepeda Motor


    Seperti yang kita tahu bersama, populasi sepeda motor tiap tahunnya semakin meningkat, terutama di kota – kota besar di Indonesia. Hal ini turut mendorong usaha di bidang bengkel sepeda motor semakin diminati oleh banyak orang. Lihat saja pada akhir tahun lalu jumlah sepeda motor di perkotaan besar di Indonesia telah mencapai 13 juta unit dan diprediksi akan semakin bertambah di setiap tahunnya. Dengan jumlah sepeda motor yang sangat banyak tersebut pastinya semakin membuat prospek usaha bengkel sepeda motor pun semakin bagus.

    Analisa Usaha Bengkel Sepeda Motor

    Penyewaan Lahan Usaha

    Sebenarnya untuk analisa usaha bengkel sepeda motor bukan perkara sulit, sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenai penyewaan lahan usaha. Umumnya, sewa lahan usaha bengkel sepeda motor dilakukan per tahun dengan perkiraan Rp 20 – 30 juta rupiah. Namun demikian, besar kecilnya biaya sewa lahan juga tergantung dari lokasi dan besarnya ruko tersebut. Harga sewa lahan akan menjadi semakin mahal jika ruko ada di tempat ramai dan memiliki ruang cukup luas.

    Biaya Renovasi Ruko (Rumah Toko)

    Biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi ruko untuk diubah menjadi sebuah bengkel sepeda motor kurang lebih membutuhkan biaya sekitar Rp 10 juta rupiah. Jadi, jika ditotalkan untuk modal awal membuka usaha bengkel yang diklaim cukup menjanjikan ini membutuhkan dana sekitar Rp 40 juta rupiah.

    Sebagai pemula dalam menjalankan usaha bengkel sepeda motor angka tersebut terbilang cukup besar, sehingga Anda perlu melakukan sedikit penawaran dengan pemilik ruko dengan harapan agar Anda bisa mendapatkan biaya sewa ruko untuk usaha bengkel yang lebih murah. Atau, bila perlu Anda juga bisa membayar biaya sewa ruko dengan cara diangsur sehingga tidak terlalu memberatkan Anda dalam memulai usaha, yakni bisa dibayarkan sebanyak dua atau tiga kali dalam satu tahunnya.

    Peralatan Umum yang Dibutuhkan

    Alat – Alat yang Dibutuhkan

    Perkiraan Harga

    Kunci T 1 set

    Rp 210.000,00

    Kunci Y bercabang 3 sebanyak 1 set

    Rp 65.000,00

    Kunci pas ring 1 set

    Rp 500.000,00

    Kunci ring 1 set

    Rp 230.000,00

    Kuci pas 1 set

    Rp 500.000,00

    Kunci bintang 1 buah

    Rp 55.000,00

    Kunci dan tangkai shok

    Rp 250.000,00

    Kunci L 1 set

    Rp 200.000,00

    Kunci inggris ukuran 45 mm

    Rp 140.000,00

    Kunci busi motor bebek 3 jenis

    Rp 110.000,00

    Obeng plus dan minus 1 set

    Rp 125.000,00

    Obeng ketok 1 buah

    Rp 145.000,00

    Tang Penjepit, pemotong, tang buaya, sklip tutup dan sklip buka

    Rp 210.000,00

    Tang steel 1 buah

    Rp 100.000,00

    Palu karet dan besi

    Rp 175.000,00

    Pahat 1 buah

    Rp 30.000,00

    Gergaji besi 1 buah

    Rp 65.000,00

    Ragum 1 buah

    Rp 450.000,00

    Jumlah

    Rp 3.560.000,00

    Peralatan Khusus yang Dibutuhkan

    Alat – Alat yang Dibutuhkan

    Perkiraan Harga

    Gerinda tangan 1 buah

    Rp 550.000,00

    Gerinda duduk 1 buah

    Rp 250.000,00

    Bor tangan

    Rp 350.000,00

    Kompresor udara

    Rp 1.550.000,00

    Jumlah

    Rp 2.700.000,00

    Biaya Sparepart dan Pelumas

    Sementara itu untuk biaya sparepart yang diperlukan untuk memulai usaha bengkel sepeda motor adalah sekitar Rp 3.000.000,00. Analisa usaha bengkel sepeda motor tersebut bisa Anda belanjakan untuk membeli berbagai sparepart kecil seperti berikut :

    ·         Paking carburator

    ·         Paking knalpot

    ·         Paking blok mesin

    ·         Baut mesin

    ·         Saklar panel

    ·         Busi

    ·         Kampas

    Berbagai sparepart tersebut adalah jenis barang yang fastmoving, artinya Anda tak perlu khawatir barang tersebut akan mengendap hingga bertahun – tahun lamanya yang nanti akan mengakibatkan sparepart rusak.

    Pada dasarnya dalam menjalankan berbagai jenis usaha, baik itu usaha bengkel sepeda motor atau pun membuka usaha barbershop, pastinya Anda membutuhkan dana tambahan. Khususnya untuk jenis usaha bengkel sepeda motor sendiri yang nantinya akan Anda buka, tentu Anda akan sangat membutuhkan beberapa cairan pelumas.

    Biaya yang dibutuhkan untuk membeli cairan pelumas adalah sekitar Rp 3.500.000,00. Biaya tersebut bisa digunakan pula untuk membeli beberapa barang seperti berikut :

    ·         Carburator cleaner

    ·         Injector cleaner

    ·         Minyak rem

    ·         Fork oil

    ·         dan lain – lain.

    Jadi, total untuk biaya pembelian sparepart dan pelumas sekitar Rp 6.500.000,00.

    Biaya Operasional

    Upah Mekanik

    Upah mekanik juga termasuk dalam analisa usaha bengkel sepeda motor yang penting Anda tahu. Upah untuk dua orang, yakni admin dan mekanik sekitar Rp 480.000,00 x 2 = Rp 9.600.000,00 pada setiap bulannya. Sementara itu untuk upah mekanik dalam 1 bulannya hanya sekitar Rp 30.000,00 untuk setiap harinya.

    Biaya Telepon dan Listrik

    Lalu, untuk biaya telepon dan listrik dalam 1 bulannya sekitar Rp 600.000,00.

    Biaya Lain – Lain

    Penting untuk Anda tahu, bahwa dalam memulai jenis usaha apapun, khususnya usaha bengkel sepeda motor ada baiknya Anda siapkan biaya untuk beberapa keperluan mendesak. Hal ini biasanya akan diperlukan untuk keperluan lain – lain yang dapat mencapai sekitar Rp 1 juta rupiah.

    Baca juga: Analisa Bengkel Las

    Tips Memulai Usaha Bengkel Sepeda Motor

    Siapkan Tempat Usaha yang Strategis

    Tempat usaha adalah poin penting yang wajib diperhatikan sebelum memulai usaha bengkel sepeda motor. Sebagai pemula Anda disarankan untuk memilih lokasi usaha strategis, yakni mudah dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Lokasi usaha yang strategis merupakan langkah yang bisa digunakan agar usahamu berjalan dengan lancar sesuai keinginan dan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

    Namun tak bisa dipungkiri, dalam memilih lokasi tempat untuk usaha biasanya pemula akan dihadapkan dengan membengkaknya anggaran untuk sewa, atau kepemilikan tempat yang strategis, tetapi hal tersebut akan sepedan dengan peluang usaha bengkel yang akan Anda dapatkan. Jangan beranggapan membuka usaha bengkel sepeda motor di lahan tempat tinggal akan membantu memuluskan rencana usaha Anda tersebut karena tidak adanya biaya sewa atau pun biaya kepemilikan.

    Pemikiran atau anggapan yang seperti ini bisa dipertimbangkan, jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan sebelumnya dan pelanggan sudah tahu kelebihan dari layanan yang Anda berikan. Beda halnya jika Anda seorang pemula, pemilihan tempat tinggal sebagai lahan usaha bengkel tentu saja memiliki resiko yang cukup besar bagi pertumbuhan dari usaha Anda.

    Memang Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang tinggi untuk tempat usaha, tetapi Anda juga tidak akan memiliki pertumbuhan usaha yang signifikan. Jadi, penting untuk memperhitungkan dengan baik dan bijak mengenai tempat Anda akan memulai usaha bengkel nanti.

    Siapkan Montir yang Bisa Diandalkan

    Jika Anda bukan merupakan seseorang tahu tahu betul mengenai masalah tenik sepeda motor, ada baiknya Anda men cari montir yang bisa diandalkan untuk membantu menangani masalah – masalah sepeda motor pelanggan. Untuk menghemat biaya pengeluaran pada sumber daya manusia ini Anda harus merekrut satu orang yang lebih berpengalaman dengan dua orang asisten yang masih pemula.

    Dengan harapan agar pemula bisa belajar dari montir yang lebih berpengalaman tersebut, sehingga seiring dengan pertumbuhan bengkel sepeda motor, montir pemula akan memiliki banyak pengalaman yang hampir sama dengan montir yang lebih berpengalaman darinya. Dengan begitu biaya yang harus Anda keluarkan untuk biaya sumber daya manusia ini akan berimbang bersamaan dengan pertumbuhan usaha yang Anda miliki.

    Cari Tahu Informasi Pemasok Suku Cadang

    Tips memulai usaha bengkel ini penting untuk diketahui setelah Anda tahu analisa usaha bengkel sepeda motor di atas. Nah, sebagai langkah berikutnya Anda harus mencari supplier yang bisa memasok semua kebutuhan suku cadang pada bengkel Anda nanti. Mendapatkan supplier sangat penting, mengingat pelayanan yang diberikan tidaklah hanya pada layanan service saja tetapi juga pada suku cadang yang digunakan.

    Apabila Anda mendapatkan supplier yang menjual harga dengan margin kompetitif maka Anda akan mendapat banyak keuntungan. Misalnya, Anda bisa menjual sedikit lebih murah dengan harga dibawah harga pasar sebagai langkah promosi yang paling jitu. Dengan begitu orang akan selalu mengingat dan kembali ke bengkel Anda.

    Disarankan agar Anda mencari supplier suku cadang secara langsung dan menghindari memilih reseller yang biasanya memiliki selisih harga lebih tinggi dibanding suppliernya langsung. Tetapi, Anda juga perlu menyiapkan dana lebih. Sebab, untuk membeli suku cadang pada supplier langsung biasanya mereka memiliki minimum pembelian lebih besar dibanding supplier agen.

    Menyiapkan Strategi Promosi yang Jitu

    Selanjutnya adalah menyiapkan langkah yang jitu untuk melakukan aktifitas pemasaran. Tujuannya, agar bengkel sepeda motor yang Anda dirikan cepat dikenal oleh banyak calon konsumen. Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa memanfaatkan jaringan media sosial yang ada untuk membantu publikasi usaha. Jangan lupa, berikan promosi – promosi yang menarik kepada calon konsumen.

    Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan dengan ramainya ojek online yang ada saat ini. Biasanya para ojek online merupakan calon konsumen yang potensial. Anda juga bisa memberikan promosi – promosi kepada ojek online jika mereka berkunjung ke bengkel Anda.

    Kuasai Teknik Mekanik Secara Bertahap

    Buat para pemula yang mungkin belum banyak pengetahuan mengenai masalah mekanik, Anda harus belajar secara bertahap sembari berjalannya usaha bengkel Anda tersebut. Misalnya, belajar dengan pegawai Anda dengan memperhatikan dan secara tak langsung ikut andil dalam hal penanganan konsumen.

    Hal ini penting untuk Anda kuasai agar Anda bisa mengantisipasi jika salah satu pegawai Anda mengundurkan diri, atau tidak masuk karena beberapa alasan tertentu. Bila perlu, Anda juga bisa mengikuti kelas – kelas singkat teknik mekanik untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih formal.

    Tips Mengembangkan Usaha Bengkel Sepeda Motor

    Meningkatkan Promosi

    Setelah usaha bengkel sepeda motor Anda berdiri dalam waktu yang lumayan lama, hal yang harus Anda lakukan berikutnya adalah promosi dan promosi. Ini menjadi salah satu cara jitu mengembangkan usaha bengkel yang penting. Silakan buat materi promosi yang unik dan jangan lupa untuk meningkatkan frekuensinya. Tujuannya, agar lebih banyak lagi orang yang mengenal usaha yang Anda tawarkan.

    Dalam meningkatkan promosi, Anda bisa memanfaatkan berbagai jalur promosi, mulai dari memasang iklan online, memanfaatkan media sosial, menyebarkan brosur dan lain – lain. Dengan melakukan promosi yang gencar, konsumen pun akan semakin familiar dengan bengkel Anda dan menjadikannya pilihan.

    Mengenali Kompetitor

    Banyak pelajaran yang bisa diambil saat Anda mulai mengenali kompetitor. Promosi yang terus menerus Anda lakukan tidak akan efektif jika tidak memperhatikan kompetitor Lihat apa saja nilai jual dan kelebihan yang dimiliki kompetitormu. Anda tidak perlu mengikuti persis apa yang dilakukannya. Mengenali kompetitor ini dilakukan agar usahamu bisa mengeluarkan sesuai yang berbeda. Melakukan hal unik saat promosi bisa saja mendatangkan hasil yang lebih baik dari kompetitor.

    Memperluas Jaringan

    Lalu, untuk yang satu ini bisa dilakukan dengan cara memperluas pemasaran. Anda bisa membuka channel pemasaran baru, atau mendirikan cabang bengkel baru. Apabila Anda melakukan promosi disatu platform, tapi belum cukup memberikan keuntungan maka Anda bisa mencoba platform lainnya yang jauh lebih efektif. Perluasan ini pastinya harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan.

    Cara lain dari perluasan jaringan adalah meningkatkan relasi usaha. Bangun jaringan Anda lewat berkenalan dengan banyak pihak. Jalin kerjasama dan pertahankan hubungan yang baik, sebab suatu saat bisa saja Anda membutuhkan bantuan mereka.

    Mengutamakan Pelayanan Konsumen

    Tips selanjutnya adalah pelayanan kepada konsumen harus ditingkatkan, sebab yang demikian menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha apapun, tak terkecuali usaha bengkel sepeda motor. Poin ini sangat penting karena pelayanan yang terbaik adalah cara tepat untuk membuat konsumen tetap bertahan pada bengkel Anda.

    Tak heran jika layanan konsumen berkualitas tinggi harus menjadi hal yang patut dipertahankan ketika ada banyak perubahan harus dilakukan. Manfaatkan dunia digital dengan baik untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Jangan lupa, bagikan informassi mengenai jasa yang Anda tawarkan. Berikan pula kesan yang baik melalui keramahan dalam melayani, menjawab berbagai pertanyaan konsumen, memberikan solusi dan menawarkan bantuan.

    Selain itu, Anda juga diharapkan agar mampu mengedukasi konsumen dengan sangat baik.

    Investasi

    Selain itu, Anda juga perlu mencaari cara jitu untuk mengembangkan usaha bengkel motor agar keuntungan yang didapatkan bisa terus berputar dengan baik. Misalnya dengan cara berinvestasi. Saat ini sudah ada banyak sekali media investasi yang bisa Anda pilih, baik untuk pengusaha yang bermodal besar atau pun kecil.

    Bisa dengan investasi saham, properti, reksadana, emas, deposito berjangka atau lainnya. Tapi, sebelumnya pastikan terlebih dulu untuk mengecek secara lengkap informasi tentang investasi yang akan Anda pilih dan jalankan. Jangan sampai niat untuk mendapatkan keuntungan justru berujung pada kerugian.

    Mengatur Keuangan dengan Baik

    Ketika usaha bengkel Anda sudah mulai berjalan, tips mengembangkan usaha yang paling penting adalah mengatur keuangan dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar pengeluaran dan penghasilan dari usaha bengkelmu dapat berjalan dengan seimbang.

    Memang mengatur keuangan terbilang cukup rumit, karena itu ada banyak pengusaha yang melakukannya dengan seadanya. Padahal hal tersebut merupakan bagian krusial dalam perkembangan sebuah usaha. Tak heran jika banyak usaha bengkel yang gagal karena salah dalam mengelola keuangan. Bila perlu Anda bisa mempekerjakan seorang akuntan yang kompeten untuk melakukan pengelolaan keuangan usahamu tersebut.

    Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang analisa usaha bengkel sepeda motor. Semoga informasinya bermanfaat.


    No comments for "Analisa Usaha Bengkel Sepeda Motor, Pemula Wajib Tahu!"

    Berlangganan via Email