Cara Menghilangkan Garis di Excel yang Paling Mudah

    Menghilangkan Garis di Excel - Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah kata yang tersedia dalam satu paket bersama Microsoft Word, Microsoft Power Point dan lainnya. Bagi pelajar jaman sekarang ini, bisa dibilang wajib untuk menguasai software Microsoft Office. Mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA dan sederajat, sudah menyediakan mata pelajaran yang khusus mempelajari penggunaan software tersebut.

    Khususnya untuk Ms. Excel sendiri, software ini berfungsi untuk mengolah data yang paling populer digunakan. Biasanya Ms. Excel memiliki tampilan seperti tabel atau yang dikenal dengan sebutan gridlines. Garis cell tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna menginput data dengan rapi. Namun, terkadang dalam kondisi tertentu kita tidak membutuhkan gridlines tersebut. Lantas, apakah kita bisa menghilangkan garis di Excel tersebut? Tentu bisa. Untuk cara selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

    Cara Menghilangkan Garis di Excel yang Paling Mudah
    Cara Menghilangkan Garis di Excel yang Paling Mudah

    Untuk menghilangkan garis di Excel sebenarnya sangat mudah, bahkan Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya. Setidaknya ada 3 metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan garis cell atau gridlines di Ms. Excel tersebut. Adapun cara mengehilangkan garis di Microsoft Excel selengkapnya, sebagai berikut:

    1. Hilangkan Garis Cell di Excel Lewat Menu View

    Cara yang pertama untuk menghilangkan atau menghapus garis cell di Ms. Excell yakni melalui menu View. Cara ini dianggap yang paling mudah dan simpel, bahkan Anda tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

    ·         Langkah yang pertama Anda jalankan Ms. Excel seperti biasa di PC atau laptop.

    ·         Pada halaman utama yang ditampilkan, sekarang Anda klik pada menu View yang ada di bagian atas tampilan.

    ·         Selanjutnya Anda cari opsi Gridlines yang ada di dalam menu View tersebut.

    ·         Di sana terdapat tanda Centang, Anda tinggal hilangkan saja tanda Centang di Gridlines tersebut.

    ·         Dengan demikian secara otomatis garis gridlines atau garis cell di Excel akan langsung dihilangkan.

    ·         Selesai.

    Jika memang Anda ingin memunculkan lagi garis Gridlines tadi, maka tinggal beri tanda Centang lagi pada opsi gridline tersebut.

    2. Hilangkan Garis Cell di Excel Lewat Menu Options

    Selain cara di atas, alternatif lain untuk menghapus garis cell di Ms. Excel yakni dengan melalui menu Options. Cara ini juga sama mudahnya seperti cara di atas, namun memang letak menunya yang berbeda. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

    ·         Langkah yang pertama Anda buka Ms. Excel di PC atau laptop seperti biasa.

    ·         Kemudian pada tampilan utama Excel, Anda klik menu File yang ada di pojok kanan atas tampilan.

    ·         Kemudian klik pada pilihan Options. Maka akan ditampilkan jendela Excel Options di layar.

    ·         Pada jendela tersebut Anda masuk ke tab Advanced.

    ·         Sekarang Anda cari opsi bertulis Show Gridlines. Jika sudah ketemu, selanjutnya Anda hilangkan saja tanda Centang yang ada di sebelah kiri tulisan tersebut.

    ·         Jika sudah, selanjutnya klik tombol OK. Secara otomatis garis cell di Ms. Excel akan langsung hilang seketika.

    ·         Selesai.

    Apabila Anda ingin menampilkan garis gridlines, tinggal ikuti lagi langkah-langkah di atas lalu tambahkan tanda Centang di tulisan Show gridlines.

    3. Menggunakan Opsi Merge & Center

    Untuk metode yang ketiga ini bisa diterapkan jika Anda hanya ingin menghilangkan beberapa garis tertentu saja. Misalnya ingin membuat area judul  yang umumnya panjang dan lebar. Di sini Anda bisa menghilangkan beberapa garis sehingga bisa dijadikan tempat untuk memasukkan judul dengan sempurna. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

    ·         Pertama Anda buka Ms. Excel seperti biasa.

    ·         Sekarang Anda blok beberapa kotak atau cell yang ingin dihilangkan garisnya.

    ·         Jika sudah, selanjutnya Anda masuk ke menu Home, lalu klik pada opsi Merge & Center yang ada di bawah opsi Wrap Text.

    ·         Akan ditampilkan beberapa pilihan di sana, Anda klik lagi pada pilihan Merge & Center.

    ·         Secara otomatis garis pada cell yang diblok tadi akan dihilangkan.

    ·         Selesai.

    Itulah tadi beberapa cara mudah untuk menghilangkan garis di Excel bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

    No comments for "Cara Menghilangkan Garis di Excel yang Paling Mudah"

    Berlangganan via Email