Cara Breeding Ikan Cupang Giant yang Mudah | 100% Berhasil

    Budidaya ikan cupang bisa dibilang susah – susah gampang, berikut ini akan kami bagikan informasi seputar cara breeding ikan cupang giant yang mudah, wajib banget dicoba!

    Selain mudah, breeding ikan cupang giant yang akan kami ulaskan ini juga memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun sebelumnya juga perlu untuk diketahui, ketika Anda baru memulai mengembangbiakkan ikan cupang, ada kalanya telur yang ada di perut ikan cupang betina sulit untuk keluar, bahkan sama sekali tidak keluar karena ikan
    cupangnya tidak mau bertelur.

    Cara Breeding Ikan Cupang Giant yang Mudah

    Adapun masalah lainnya, yakni telur yang keluar malah habis dimakan oleh ikan cupang betina itu sendiri. Bahkan terkadang anak ikan cupang yang baru ditetaskan lambat laun habis, entah dimakan oleh ikan cupang betina atau jantan, juga bisa pula mati.

    Cara Breeding Ikan Cupang Giant yang Mudah

    Berikut ini ada beberapa langkah mudahnya cara breeding ikan cupang giant yang bisa dicoba, mulai dari proses ikan cupang tersebut bertelur hingga sukses anak – anak ikan cupangnya bertumbuh menjadi ikan cupang dewasa. Jadi, simak baik – baik ulasannya sampai selesai dan coba praktekkan sendiri, ya! Namun demikian, sebelum mulai breeding ikan cupang giant, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk breeding ikan tersebut, antara lain :

    Memilih Ikan Cupang Remaja atau Dewasa

    Untuk breeding ikan cupang giant, pastinya Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih ikan cupangnya. Jika ikan cupang yang dipilih masih anak – anak maka kemungkinan untuk gagal kawin cukup tinggi. Ikan cupang yang masih anak – anak biasanya akan terlihat sangat lincah. Ikan cupang ini biasanya belum mengerti secara pasti bagaimana proses pembuahan ikan cupang betina dewasa.

    Apabila Anda memaksakan ikan cupang yang masih anak – anak untuk dikawinan, bukan tidak mungkin ikan tersebut akan mati. Oleh karenanya Anda harus memilih ikan cupang dewasa saja untuk dikawinkan.

    Ikan Cupang yang Sudah Bertelur

    Selain itu, Anda juga perlu tahu apakah ikan cupang betina tersebut di dalam perutnya sudah ada telur atau belum. Jika memang belum, Anda bisa memilihnya untuk kemudian dikawinkan.

    Menyediakan Tempat Cukup Besar dan Agak Tertutup

    Hal penting lainnya yang harus dipersiapkan dan diperhatikan untuk breeding ikan cupang giant adalah soal tempat. Pastikan untuk menyediakan tempat yang jauh dari gangguan manusia dan hindari terlalu sering melihat atau menyentuh ikan cupang tersebut. Sebab, yang demikian justru akan mudah membuat ikan cupang menjadi stress dan tidak mau kawin.

    Nah, setelah Anda mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk breeding ikan cupang giant, kini saatnya untuk mengetahui cara breeding ikan cupang giantnya. Simak langkah – langkahnya disini.

    • Pertama, silakan Anda masukkan ikan cupang jantan dan tanaman air ke dalam baskom.
    • Lanjutkan dengan memasukkan ikan cupang betina ke dalam toples berukuran kecil. Kemudian letakkan di tengah – tengah baskom, dimana ikan cupang jantan diletakkan.
    • Diamkan ikan cupang tersebut alam waktu 1 – 3 hari. Ini merupakan proses dimana ikan cupang jantan dan betina akan melakukan pendekatan sampai akhirnya ikan cupang jantan menghasilkan busa di batasan air.
    • Setelah itu, Anda bisa mulai memindahkan ikan cupang betina ke dalam baskom untuk proses kawin.
    • Apabila telur – telur ikan cupang sudah bertebaran pada busa dan perut ikan cupang betina sudah mengempis, singkirkan ikan cupang betina sesegera mungkin. Jika tidak, maka ikan cupang betina akan memakan telur – telur tersebut.
    • Telur – telur akan mulai menetas dalam 2 – 3 hari. Jangan lupa, singkirkan ikan cupang jantan.

    Demikianlah cara breeding ikan cupang giant yang mudah, dijamin 100% berhasil! Semoga informasinya bermanfaat.

    Baca juga: cara membedakan ikan cupang jantan dan betina

    No comments for " Cara Breeding Ikan Cupang Giant yang Mudah | 100% Berhasil"

    Berlangganan via Email