Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina yang Mudah


    Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina yang Mudah


    Ingin membudidayakan ikan cupang? Sebelum mulai membudidayakan ikan cupang, sebaiknya ketahui terlebih dulu cara membedakan ikan cupang jantan dan betina seperti yang akan kami ulaskan berikut ini.

    Sama seperti kebanyakan ikan, untuk membedakan antara ikan cupang jantan dan betina bukan perkara yang mudah. Alasannya, baik ikan cupang jantan maupun betina memang sangat mirip sekali, sehingga hal tersebutlah yang membuat seseorang kerap kali kesulitan untuk membedakan mana jenis ikan jantan dan mana yang betina. Oleh karenanya, pada pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara mudah membedakan ikan cupang jantan dan betina. Penasaran? Simak langkahnya di bawah ini.

    Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina yang Mudah

    Memiliki nama ilmiah “Betta Sp”, di Indonesia jenis ikan satu ini banyak diperjual belikan dengan bebas. Bahkan penjual ikan cupang di Indonesia sangat mudah ditemukan. Selain dijual di toko – toko, ikan cupang juga banyak dijual oleh pedagang keliling. Saat dijual, biasanya ikan cupang dimasukkan ke dalam plastik kecil berisi air. 

    Soal harga, ikan cupang biasanya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tak ayal yang demikian membuat banyak peminatnya. Menariknya, ikan cupang memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa, bahkan di ruang yang sempit sekalipun dengan volume air yang sangat sedikit. Ikan cupang merupakan karakteristik ikan yang mana habitatnya berasal dari beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam dan Singapura.

    Meskipun sangat mudah ditemukan, tetapi sampai saat ini masih banyak yang kebingungan untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina. Berikut adalah cara membedakan ikan cupang jantan dan betina yang harus Anda tahu.

    Ikan Cupang Hidup Sendiri di Dalam Akuarium

    Sebenarnya ada cara mudah untuk membedakan antara jenis ikan cupang jantan dan betina, yakni dengan mengetahui karakteristik ikan cupang itu sendiri. Tidak sama seperti ikan hias pada umumnya, ikan cupang biasanya dipelihara di dalam akuarium dan terpisah dari jenis ikan lain.

    Misalnya, untuk jenis ikan cupang jantan yang dikenal memiliki sifat cenderung agresif dibanding ikan cupang betina. Ikan cupang jantan akan mudah stress jika diletakkan di dalam akuarium bersama ikan lainnya. Namun demikian, karena ikan cupang betina cenderung kurang agresif, sehingga bisa berbagi tempat dengan jenis iakn lain meskipun masih tergantung pada jenis ikan itu sendiri.

    Memiliki Bentuk Tubuh yang Berbeda

    Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, antara ikan cupang jantan dan betina memiliki perbedaan yang signifikan. Ikan cupang jantan memiliki tubuh yang lebih kokoh, sementara itu untuk ikan cupang betina lebih terlihat bulat. Ikan cupang betina memiliki perut yang lebih buncit, sebab difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan telur.

    Lalu, jika dilihat dari sirip dan ekornya, ikan cupang jantan memiliki bentuk yang lebih lebar, panjang juga mengembang. Warna sirip dan ekor ikan cupang jantang pun lebih terang dan bervariasi sehingga tampak lebih mencolok dibanding ikan cupang betina.

    Ikan cupang betina tidak hanya memiliki sirip yang tidak begitu mengembang, warnanya pun agak pucat.

    Daya Jelajah Ikan Cupang

    Tidak sama seperti ikan cupang betina, cupang jantan memiliki daya jelajah yang lebih agresif dan luas. Jika diletakkan di dalam akuarium, jenis ikan ini akan terlihat lebih aktif bergerak dibanding ikan cupang betina.

    Demikianlah cara membedakan ikan cupang jantan dan betina yang mudah. Semoga informasinya bermanfaat.

    Baca juga: cara breeding ikan cupang giant

    No comments for " Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina yang Mudah"

    Berlangganan via Email