Apa itu Internet of Things? Anak teknik wajib tahu.

    Latar Belakang Internet Of Things (IoT)

    IoT mungkin sudah banyak penerapannya saat ini, tapi konsep IoT dimulai sejak tahun 1980 an.

    Pada tahun 1982, mahasiswa lulusan Teknik Komputer dari Carnegie Melon University berhasil menghubungkan Vending Machine Coca-Cola ke Internet. Sang programmer membuat aplikasi untuk memonitor stok dan suhu minuman didalamnya.

    IoT diakui sebagai suatu teknologi sekitar tahun 1999.

    Beberapa tahun kemudian penerapannya begitu meningkat, IoT digunakan pada komunikasi nirkabel(wireless), sistem integrasi, dan sistem elektro-mekanis(robotik).

    Aplikasi IoT di Dunia Nyata

    Konsep teknologi IoT mungkin sederhana, tetapi implikasinya cukup besar.

    Teknologi ini membawa perubahan yang revolusioner dalam perawatan kesehatan, manufaktur, ritel, energi, dan industri pertanian.

    Banyak perusahaan mengadopsi IOT untuk mendapatkan sisi ekonomis. Mereka berfokus pada peningkatan efisiensi operasional melalui manajemen data real-time dan otomatisasi tugas. Ini bisa menjadikan pihak managemen untuk melakukan pendekatan yang lebih inovatif untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnis mereka.

    Aplikasi baru teknologi IoT memungkinkan organisasi untuk dapat merancang dan menerapkan strategi manajemen risiko yang lebih kuat.

    Perusahaan memanfaatkan teknologi dalam hal peningkatan kinerja operasional. Perangkat IoT mendukung fungsi-fungsi tingkat lanjut seperti otomatisasi tugas (task-automation) dan kendali jarak jauh (remote-control) perangkat. Dengan begitu perusahaan dapat menjaga keseimbangan antara penggunaan energi dan hasilnya (lebih hemat energi).

    Dengan menjadi lebih hemat energi, perusahaan akan dapat mengurangi emisi karbon pada perangkat.

    Pertanyaan Umum Tentang Aplikasi IoT

    IoT adalah konsep yang membingungkan bagi banyak orang. Untuk menghilangkan kebingungan, kami telah menyusun daftar pertanyaan umum terkait teknologi ini.

     # 1) Apa definisi sederhana IoT?

    Jawaban: IoT atau Internet of Things adalah jaringan perangkat yang terhubung yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Teknologi ini memungkinkan koneksi dua perangkat atau lebih yang terhubung satu sama lain serta mengirim dan menerima informasi melalui internet.

    # 2) Apa saja aplikasi teknologi IoT?

    Jawaban: Teknologi berbasis IoT memiliki banyak aplikasi yang berbeda. Teknologi ini digunakan dalam otomatisasi proses, otomatisasi rumah, mobil pintar, analitik keputusan, dan smart grid. Daftar aplikasi IoT akan tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi di tahun-tahun mendatang.

    # 3) Bagaimana perangkat IoT berkomunikasi satu sama lain?

    Jawaban: Perangkat IoT terhubung melalui jaringan IP ke internet. Perangkat terhubung ke internet baik melalui kabel Ethernet atau nirkabel(wireless) - atau Bluetooth.

    # 4) Apakah ada perbedaan antara IOT dan mesin ke mesin (M2M)?

    Jawaban: M2M mensyaratkan transfer informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Istilah ini pada dasarnya mengacu pada komunikasi point-to-point antara kedua perangkat.

    Sebaliknya, IoT adalah istilah yang lebih luas yang mengacu pada jaringan perangkat yang terhubung yang mendukung integrasi data dengan aplikasi tertentu. Ini melibatkan komunikasi multi-level dan respons yang fleksibel.

    Q # 5) Apa Masa Depan Teknologi IoT?

    Jawaban: Aplikasi IoT terlihat menjanjikan di tahun-tahun mendatang. Teknologi IoT kemungkinan akan digunakan dengan tren teknologi lainnya seperti kecerdasan buatan (AI) dan hal-hal otomatis untuk memberikan solusi cerdas terintegrasi. Integrasi teknologi akan men-disrupsi berbagai industri yang mendorong peluang bisnis baru.

    Demikian penjelasan singkat apa itu Internet of Things. Artikel selanjutnya akan mejelaskan apa saja penerapan teknologi IoT di dunia nyata.

    Anda juga dpat men-download e-book dan artikel yang berkaitan dengan Internet of Things yang didapat dari Asosiasi IoT Indonesia.

    No comments for "Apa itu Internet of Things? Anak teknik wajib tahu."

    Berlangganan via Email