Ingin Paket Data Lebih Hemat? Gunakan 5 Aplikasi Ini


    Aplikasi Hemat Paket Data - Sejak era smartphone menguasai pasar teknologi, paket data internet menjadi hal yang vital dan tak terpisahkan dari penggunaan ponsel. Provider pun berlomba-lomba menawarkan paket data yang besar dengan harga yang kompetitif. Orang-orang pun saat ini memenuhi kafe dan berbagai tempat tongkrongan, tidak lain dan tidak bukan untuk memanfaatkan konektivitas nirkabel alias WiFi.

    Ingin Paket Data Lebih Hemat? Gunakan 5 Aplikasi Ini

     

    Penggunaan aplikasi, apalagi yang harus digunakan secara online, jelas memakan paket data yang besar. Bahkan paket data yang digunakan bisa mencapai 3 hingga 4 GB sebulan. Hal ini menjadi bukti bahwa pengguna smartphone saat ini tidak bisa lepas dari internet.

    Meskipun demikian, beberapa perusahaan mengembangkan aplikasi yang dijamin dapat menghemat paket data seluler, sehingga Anda tak perlu khawatir kuota cepat habis. Berikut 5 di antaranya.

    1. Facebook Lite

    Salah satu aplikasi sosial media paling populer sejagad ini memang membutuhkan data yang besar untuk menjalankannya. Pengguna pun harus memberi ruang yang cukup pada penyimpanan internal karena aplikasi ini memiliki kapasitas data lebih dari 100MB.

    Pihak Facebook menyadari hal ini dan meluncurkan Facebook Lite. Aplikasi ini adalah versi ringan dari Facebook dengan penggunaan paket data yang rendah dan efisien. Proses loadingnya pun lebh cepat sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kuota data terbatas. Facebook Lite juga dapat digunakan oleh smartphone dengan spesifikasi rendah.

    2. Opera Browser

    Sejak dulu, Opera dikenal sebagai browser yang efisien dan hemat dalam penggunaan data internet. Hal ini karena keberadaan fitur Opera Turbo. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat melakukan proses browsing tanpa harus khawatir kuota paket data berkurang drastis.

    Menyalakan fitur ini bisa dengan mengaksesnya di Settings > Data Savings, lalu aktifkan Enable Data Savings dan Block Ads. Kurangi juga ukuran Image Quality agar paket data tidak terkuras, karena gambar dengan kualitas tinggi akan memboroskan kuota internet Anda.

    3. Opera Max

    Aplikasi ini dibuat oleh Opera, namun dengan fungsi yang berbeda. Opera Max adalah aplikasi VPN (Virtual Private Network) yang mampu mengurangi penggunaan paket data seluler secara drastis hingga 50%. Proses ini dilakukan dengan menjalankan kompresi data yang berasal dari jaringan internet sesaat sebelum masuk ke smartphone.

    Fitur kompresi data ini dijalankan dengan menekan tombol besar berwarna merah yang ada di bagian tengah ketika aplikasi ini dibuka. Selain kompresi data, aplikasi ini juga akan memberikan indikator jumlah penggunaan data mobile dan data WiFi yang digunakan dari setiap aplikasi yang terkoneksi. Ketika tombol merah ditekan, ia akan berubah menjadi hijau, di mana terdapat timer hitung mundur. Timer ini diberikan Opera Max untuk mengukur seberapa lama kompresi data dilakukan. Namun pengguna bisa mengatur timer tersebut untuk menambah waktu kompresi data.

    4. NetGuard-No Root Firewall

    Aplikasi ini semacam firewall yang berfungsi mengontrol aplikasi apa saja yang boleh terkoneksi ke internet sepanjang waktu. Perlu diketahui, kuota seluler bisa cepat habis karena adanya sejumlah aplikasi yang terus terhubung dengan internet tanpa terdeteksi. Oleh karena itu, firewall diperlukan untuk mengontrol pemakaian paket data. Caranya mudah, Anda hanya tinggal menentukan aplikasi apa yang ingin dihentikan aksesnya, lalu pilih ikon drop down atau expand di samping aplikasi yang sudah dipilih.

    5. My Data Manager

    Agar bisa mengawasi penggunaan data seluler di ponsel, gunakan aplikasi My Data Manager. Setiap aplikasi yang terinstal akan diamati proses penggunaan datanya oleh aplikasi ini. Cara pengaturannya cukup mudah, yaitu dengan melakukan tap pada Set or Join Data Plan. Bagian ini akan memberikan fitur pengaturan terhadap penggunaan data seluler hingga pembatasan data roaming. Aplikasi ini juga memberikan indikator penggunaan data seluler dari setiap aplikasi yang ada di ponsel.

    Itulah pembahasan mengenai Ingin Paket Data Lebih Hemat? Gunakan 5 Aplikasi Ini. Semoga bermanfaat.

    No comments for "Ingin Paket Data Lebih Hemat? Gunakan 5 Aplikasi Ini"