Tips Smartphone Anda Sulit Di-charge

    Tips Smartphone Anda Sulit Di-charge - Tentu menjadi menjengkelkan ketika sedang ditelepon atau menunggu dihubungi oleh seseorang, namun tiba-tiba baterai HP kamu habis. Ini adalah masalah yang sering terjadi, terutama bagi Anda yang bekerja di luar ruangan atau sering bepergian. Padahal, saat ini sebenarnya sudah ada alat bernama Power Bank, yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya dimanapun kamu berada.

    Tips Smartphone Anda Sulit Di-charge



    Namun, ada yang lebih mengganggu dari pada baterai smartphone kamu yang habis yaitu ketika kamu sudah menemukan sumber listrik dan ingin mengisi ulang baterai tersebut, handphone tidak menerima aliran listrik dari charger. Apalagi jika kita menggunakan soket listrik di tempat umum seperti sekolah, kampus, kafe, atau tempat lainnya.

    Inilah yang membuat banyak orang memilih untuk membawa power bank daripada harus menumpang di soket listrik gratis di tempat umum. Pasalnya, banyak orang sering menancapkan soket listrik di tempat umum, yang berpotensi merusak stop kontak. Tetapi bagaimana jika setelah memastikan soket listrik berfungsi dengan baik tetapi Anda masih tidak dapat mengisi baterai di smartphone?

    Maka masalahnya mungkin berasal dari kabel atau kepala pengisi daya Anda. Coba ganti kabel charger USB anda (jika kabelnya bisa dilepas) dan coba juga pinjam adaptor atau kepala charger orang lain untuk memastikan apakah masalahnya ada pada sistem charger, termasuk kabelnya, atau bahkan ponsel anda. Jika charger orang lain juga tidak berfungsi, maka bisa jadi ada komponen HP kamu yang bermasalah.

    Tidak berfungsinya pengisian baterai pada ponsel bisa disebabkan oleh banyak hal dari ponsel itu sendiri. Ada kemungkinan ponsel Anda memiliki kesalahan pada sistem operasi yang membuat proses pengisian baterai menjadi sulit. Kedua, ada baiknya juga untuk memeriksa kondisi baterai. Baterai yang rusak biasanya juga akan membuat proses pengisian baterai menjadi sangat lama bahkan tidak bisa terbaca alias pengisian tidak bisa dilakukan sama sekali.

    Masalah lain dengan sistem pengisian baterai adalah masalah perangkat keras. Coba lihat ke dalam konektor charger. Biasanya konektor atau soket ini bisa dalam kondisi yang buruk, apalagi jika Anda sering menancapkan dan melepas charger secara terburu-buru dan sembarangan. Sehingga menyebabkan ujung charger anda rusak pada bilah penghantar di dalam soket charger.

    Jika parah, masalahnya akan semakin rumit. Tetapi cobalah untuk tetap tenang dan lakukan beberapa hal untuk memperbaikinya. Jika bilah konduktor di dalam soket charger terlihat bengkok, coba ambil benda kecil tajam seperti jarum untuk menancapkannya ke soket charger di smartphone kamu. Fungsi memasukkan jarum ke dalam soket ini adalah untuk kemudian menekannya ke permukaan bilah konduktor hingga bilahnya menjadi lurus kembali. Ketika bilah lurus, akan mudah lagi untuk ujung pengisi daya untuk masuk dan mentransfer daya.

    Namun jika Anda takut komponen lain akan rusak jika Anda memperbaikinya sendiri, sebaiknya bawa ke service center atau service center terpercaya. Mungkin sudah waktunya mengganti soket atau konektor USB di smartphone Anda. Dengan begitu, tidak akan ada lagi masalah smartphone yang sulit untuk di-charge.

    Itulah pembahasan mengenai Tips Agar Smartphone Anda Sulit Mengisi Daya. Semoga bermanfaat.

    No comments for "Tips Smartphone Anda Sulit Di-charge"