Habitat Kura-Kura dan Kebiasaan Uniknya

    Habitat Kura-Kura

    Kura-kura menjadi salah satu jenis hewan reptil yang banyak digemari dan dijadikan sebagai hewan peliharaan karena sistem metabolisme yang kuat dan memiliki umur yang panjang. Keunikan hewan ini terletak pada bentuk tubuhnya yang memiliki tempurung yang keras dan kepala yang bisa keluar masuk tempurung. Habitat kura-kura yaitu di perairan dan di darat atau bisa dikatakan hewan amfibi.

    Salah satu jenis kura-kura yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yaitu jenis kura-kura Brazil. Jenis ini banyak dipilih karena memiliki warna tubuh yang menarik dan unik. Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai habitat dan kebiasaan unik kura-kura, simak ulasan berikut ini.

    HABITAT KURA-KURA

    Kura-kura bisa hidup di semua tempat, baik di daratan maupun di perairan. Namun, beberapa jenis kura-kura hanya bisa hidup di perairan saja. Berikut ini adalah habitat kura-kura berdasarkan tempat hidupnya.

    1. Darat

    Kura-kura bisa hidup di daratan seperti gurun pasir, padang rumput, hutan, atau stepa (hamparan tanah yang luas dan kering). Jenis kura-kura yang bisa hidup di lingkungan seperti ini yaitu kura-kura jenis desert tortoise atau kura-kura padang pasir.

    2. Semi Akuatik

    Sebagian besar jenis kura-kura menyukai hidup di dua alam, yaitu di darat dan air sekaligus. Jenis kura-kura yang masuk dalam kategori semi akuatik ini yaitu kura-kura ambon atau Cuora Amboinesis. Ciri fisik kura-kura jenis ini yaitu memiliki cangkang atau tempurung yang berbentuk kotak. Selain itu, kura-kura Brazil yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan juga termasuk kategori semi akuatik.

    Jenis kura-kura Brazil bisa hidup bertahan di akuarium atau wadah yang Anda buat sendiri dengan memadukan antara daratan dan kolam mini berisi air. Agar kura-kura Brazil peliharaan Anda dapat hidup dengan baik dan optimal, Anda harus selalu memerhatikan kebersihan dan mengatur suhu tempat pada kisaran 20° hingga 28° Celsius.

    3. Air (Akuatik)

    Sebagian jenis kura-kura hidup sepenuhnya di perairan, seperti sungai, laut, danau, atau kolam. Kura-kura yang termasuk kategori akuatik ini dan paling banyak ditemukan di Indonesia yaitu kura-kura air tawar. Ciri fisik dari kura-kura jenis ini yaitu memiliki selaput pada kaki dan jarinya yang berfungsi untuk berenang.

    Lingkungan dan habitat kura-kura juga berpengaruh pada jenis makanannya yang dikonsumsi. Kura-kura yang hidup di perairan akan lebih banyak yang masuk ke dalam golongan karnivora atau pemakan daging. Untuk kura-kura yang hidup di darat dan semi akuatik biasanya masuk dalam golongan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan) dan omnivora (pemakan segala).

    Meski tidak memiliki gigi yang tajam seperti ikan hiu atau piranha, kura-kura tetap bisa memakan daging hewan lainnya. Hal ini karena pada moncong atau mulutnya terdapat tulang yang keras, sehingga memungkinkan kura-kura untuk memotong daging sebagai makanannya. Ukuran tubuh hewan ini juga sangat beragam, dari yang berukuran kecil hingga besar.

    KEBIASAAN UNIK KURA-KURA

    Kura-kura berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar dengan jumlah telur mencapai ratusan butir dalam sekali bertelur. Kura-kura juga memiliki kebiasaan hidup yang unik dibanding hewan lainnya yaitu sebagai berikut ini.
    • Cara perlindungan diri kura-kura untuk menghindari serangan musuh atau pemangsa yaitu dengan kemampuannya menyembunyikan kepala, ekor, dan kakinya ke dalam tempurungnya yang keras. Hal ini dikarenakan kura-kura bergerak dengan sangat lambat dan tidak memiliki kemampuan untuk berlari dan menghindar dari serangan musuh dan pemangsanya.
    • Jenis kelamin dari bayi kura-kura bisa ditentukan dengan suhu lingkungan tempat mereka bertelur. Apabila tempat telur kura-kura tersimpan memiliki suhu yang tinggi atau di atas rata-rata, maka kura-kura yang berhasil menetas akan berjenis kelamin betina. Jika suhunya rendah dan di bawah rata-rata, maka telur yang menetas cenderung berjenis kelamin jantan.
    Informasi mengenai kebiasaan unik dan habitat kura-kura di atas bisa dijadikan sebagai acuan dan pengetahuan. Informasi di atas juga bisa berguna bagi Anda yang berminat untuk menjadikan kura-kura sebagai hewan peliharaan di rumah.

    No comments for "Habitat Kura-Kura dan Kebiasaan Uniknya"

    Berlangganan via Email