Inilah 13 Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Tepat

    Cara Merawat Kura - Kura Brazil

    Bagi Anda yang ingin memelihara kura-kura Brazil, wajib mengetahui tata cara perawatannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kura - kura Brazil Anda dapat hidup sehat di lingkungan yang baru. Banyak orang yang mengatakan bahwa cara merawat kura-kura Brazil, sangatlah mudah. Namun Anda tidak boleh meremehkan tata cara perawatan kura - kura Brazil.

    Tata Cara Merawat Kura - Kura Brazil

    Proses menjaga kura-kura sangatlah mudah untuk dilakukan. Hal ini tergantung tekad dan pengetahuan Anda tentang kura-kura Brazil. Oleh sebab itu sebelum Anda memilih memelihara kura - kura Brazil, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu tata cara merawat kura-kura Brazil. Dengan begitu, dapat membuat kura-kura Brazil Anda menjadi sehat dan mudah beradaptasi. Berikut adalah cara memelihara kura kura brazil:

    1. Pastikan Kura - Kura Brazil Cocok untuk Anda

    Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan kura - kura Brazil cocok untuk Anda. Usahakan sebelum membeli kura-kura Brazil, cari tahu informasinya terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi kepada teman Anda yang memelihara kura-kura Brazil. Informasi tersebut antara lain harga beli kura - kura Brazil, keuntungan memelihara, hingga tantangannya.

    Bila teman Anda tidak ada yang memelihara kura-kura Brazil, Anda bisa mengunjungi toko hewan di sekitar rumah. Usahakan Anda bertanya pada toko yang menjual berbagai jenis kura-kura. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu tentang tata cara memelihara kura-kura Brazil. Namun bila tidak ada, Anda bisa bertanya kepada komunitas pecinta kura-kura.

    2. Perhatikan Estimasi Waktu, Kebutuhan, Biaya

    Cara kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan estimasi waktu, kebutuhan, biaya. Kura-kura Brazil dapat hidup mulai dari 20 sampai 30 tahun lama. Bila Anda sudah memiliki niat untuk memeliharanya, usahakan Anda bisa merawat kura - kura Brazil sampai meninggal. Jangan sampai Anda membiarkan kura - kura Brazil setelah berjalan beberapa hari.

    Kura-kura Brazil memiliki kebutuhan yang harus Anda persiapkan selama memeliharanya. Oleh sebab itu, Anda harus selalu siap dalam memenuhi kebutuhannya. Khususnya membuatkan kandang dengan ukuran 4x lebih besar dari cangkangnya. Bila Anda memelihara lebih dari 1 ekor, maka Anda harus menyiapkan kandang sesuai dengan jumlah kura - kura Brazil tersebut.

    Pada saat memelihara kura-kura Brazil, itu berarti Anda harus menyediakan uang lebih untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari makanan kura-kura Brazil, alat penghangat, pengatur temperatur air, penyaring air, pompa air, hingga pembuatan kandang setiap tahunnya. Pastinya kebutuhan dalam memelihara kura-kura Brazil tidaklah murah.

    3. Pembuatan Kandang Kura - Kura Brazil

    Cara memelihara kura kura brazil yang ketiga yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat kandang kura - kura Brazil. Bila Anda memilih memelihara kura-kura Brazil ketika masih kecil, maka Anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran 100 liter. Kemudian bila kura - kura Brazil Anda sudah beranjak dewasa, maka Anda harus mengganti kandang dengan ukuran 400 liter.

    Tujuan mengganti kandang adalah agar kura-kura Brazil memiliki ruang gerak secara bebas di dalamnya. Bila Anda memelihara kura-kura Brazil lebih dari 1, usahakan untuk memisahkan kandangnya. Hal ini bertujuan agar masing-masing kura-kura tidak mengganggu satu sama lain. Jangan lupa untuk membuat tempat pembuangan kotoran kura - kura dengan baik.

    Bila Anda ingin meminimalisir pengeluaran untuk membuat kandang, Anda bisa membuat kolam di halaman rumah Anda. Dengan begitu, akan menciptakan suasana alami terhadap hewan peliharaan Anda. Namun bila cuaca di rumah Anda sudah mulai buruk, segera masukkan kura-kura Anda ke dalam rumah. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil Anda tidak mati.

    4. Berikan Alat Penyaring Air

    Cara merawat kura-kura brazil keempat yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan alat penyaring air. Pemberian alat penyaringan air ini bertujuan agar meminimalisir perkembangan bakteri di dalam kandang. Dengan begitu, air di dalam kandang kura-kura selalu sehat dan bersih. Usahakan untuk membeli alat penyaring air khusus diletakkan di dalam kandang kura-kura Brazil ini.

    5. Atur Suhu Kandang

    Cara kelima yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatur suhu kandang. Bila kura-kura Brazil yang Anda pelihara masih kecil dan sedang sakit, atur suhu kandang 26 hingga 28 derajat Celcius. Kemudian bila kura-kura Brazil sedang sehat, maka suku kandang 25,5 hingga 26,5 derajat Celcius. Kemudian suhu keseluruhan kandang 24 hingga 28 derajat Celcius.

    6. Perhatikan Asal Kura - Kura Brazil

    Cara memelihara kura kura brazil yang keenam yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan asal kura-kura Brazil. Bila Anda membeli kura-kura Brazil, usahakan harus memilih toko yang sudah terpercaya. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil Anda tidak mengidap penyakit berbahaya. Anda juga bisa mengadopsi kura-kura Brazil dari tempat penangkarannya secara langsung.

    Hindari mengadopsi kura-kura Brazil yang diambil langsung dari alam liar. Hal ini karena kura-kura Brazil tersebut tergolong buas, serta akan membahayakan keselamatan Anda sekeluarga. Tidak hanya itu, kura-kura Brazil liar juga tidak jelas riwayat kesehatannya. Takutnya kura-kura Brazil tersebut membawa virus yang berbahaya dari alam liar tersebut.

    7. Berikan Waktu untuk Beradaptasi

    Cara ketujuh yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan waktu untuk beradaptasi. Cara ini harus Anda lakukan ketika Anda baru saja membawa kura-kura Brazil Anda ke rumah. Biarkan kura-kura Brazil Anda menyendiri terlebih dahulu, untuk mengenal lingkungan barunya. Namun meskipun Anda meninggalkannya, tetap awasi kura - kura Brazil dari jarak jauh.

    8. Pelihara 1 Ekor Dahulu

    Cara memelihara kura kura brazil yang kedelapan yang harus Anda lakukan adalah dengan memelihara 1 ekor dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda dapat sambil belajar tentang perkembangan kura-kura Brazil Anda. Bila kura-kura Brazil Anda sudah berumur 2 sampai 4 tahun, maka Anda bisa menambah 1 ekor lagi untuk dipelihara. Dengan begitu, Anda sudah mahir dalam memelihara kura-kura Brazil.

    9. Berikan Makanan secara Tepat

    Cara merawat kura-kura brazil kesembilan yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan makanan secara tepat. Usahakan berikan makanan sesuai porsinya. Anda bisa memberikan 50% berupa tanaman air dan sayuran, 25% berupa asupan yang mengandung protein hidup, dan 25% berupa makanan yang dijual di toko hewan. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil Anda sehat dan gemuk.

    Sayuran yang dapat Anda berikan antara lain labu, wortel, randa tapak, sawi, paprika, dan selada. Kemudian tanaman air yang dapat Anda berikan berupa teratai, duckweed, selada air, dan lumut tanduk. Anda juga dapat memberikan buah pisang, agar kura-kura Brazil tidak mudah bosan. Hindari memberikan makan udang kering, karena makan tersebut tidak mengandung nutrisi.

    10. Selalu Cek Kesehatan Kura - Kura Brazil

    Cara memelihara kura kura brazil yang kesepuluh yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu mengecek kesehatan kura-kura Brazil. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil Anda, tidak mati secara tiba - tiba. Kura - kura yang sedang sakit, biasanya mengalami beberapa tanda. Mulai dari mata bengkak, tempurung menjadi lunak, nafsu makan hilang, lemas, dan terluka.

    Bila kura-kura Brazil Anda mengalami mata bengkak, artinya ada infeksi bakteri di dalamnya. Kemudian bila kura-kura Brazil Anda mengalami tempurung menjadi lunak, itu berarti kurang mendapatkan cahaya. Lalu bila kura-kura Brazil Anda mengalami nafsu makan hilang dan lemas, maka harus diberikan antibiotik. Selanjutnya bila terluka, segera bawa ke dokter hewan.

    11. Bawa Kura - Kura ke Bawah Sinar Matahari

    Cara merawat kura-kura brazil kesebelas yang harus Anda lakukan adalah dengan membawa kura-kura Brazil ke bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil Anda, mendapatkan vitamin yang cukup. Tidak hanya itu berjemur di bawah sinar matahari, juga baik untuk kesehatan tempurung kura-kura Brazil Anda. Namun usahakan untuk tidak terlalu lama dalam menjemur kura - kura Brazil.

    Bila kandang kura-kura Brazil Anda berada di kolam, maka Anda harus memberikan pelindung dari sinar matahari. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil tidak merasa kepanasan, bila berada di bawah sinar matahari. Namun usahakan jangan menutup seluruh kolam dengan pelindung sinar matahari. Beri sedikit ruangan pada kolam, agar mendapatkan sinar matahari langsung.

    12. Bermain dengan Kura - Kura

    Cara kedua belas yang harus Anda lakukan adalah dengan bermain dengan kura-kura. Usahakan untuk bermain dengan kura-kura Brazil Anda, beberapa waktu saja. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki ikatan batin dengan hewan peliharaan Anda. Anda dapat mengelus bagian tempurungnya, agar kura-kura Brazil Anda merasa nyaman dengan kehadiran Anda.

    Usahakan untuk berhati-hati ketika bermain dengan kura-kura Brazil Anda. Hal ini karena tidak semua kura-kura bisa dengan mudah, bermain dengan manusia. Anda bisa mengelus secara perlahan bagian tempurungnya. Hati-hati ketika mengelus karena dibagian tempurungnya, terdapat saraf yang sangat sensitif ketika disentuh dengan menggunakan jari.

    13. Jauhkan dari Anak - Anak

    Cara memelihara kura kura brazil yang ketiga belas yang harus Anda lakukan adalah dengan menjauhkan dari anak-anak. Bila Anda memiliki anak kecil, usahakan jauhkan kandang kura-kura Brazil dari mereka. Hal ini bertujuan agar tidak melukai anak Anda dan juga kura-kuranya sendiri. Kura-kura Brazil memiliki cakar yang sangat tajam, bila dia merasa terancam pasti akan melukai anak Anda.

    Perlu Anda ketahui bahwa kura-kura Brazil mudah mengalami stres. Bila kura - kura Brazil ini stres, pasti dia akan mudah kehilangan selera makannya. Kondisi ini akan membuatnya menjadi sakit. Alhasil Anda harus membawa kura-kura Brazil Anda ke dokter hewan, agar diberikan antibiotik. Oleh sebab itu, usahakan jangan jauhkan kura-kura Brazil Anda dari anak - anak.

    Tata cara merawat kura-kura Brazil harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Tujuannya adalah agar hewan peliharaan anda sehat. Namun sebelum Anda mulai memelihara kura-kura Brazil, usahakan untuk mempertimbangan beberapa hal terlebih dahulu. Mulai dari biaya perawatan, kebutuhan, hingga umur kura - kura Brazil. Pastikan Anda sanggup mencukupinya.

    No comments for "Inilah 13 Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Tepat"

    Berlangganan via Email