4 Makanan Kura Kura Kecil dan 5 Cara Memberi Makan yang Tepat

    Makanan Kura-Kura Kecil

    Apakah Anda salah satu pencinta kura-kura? Salah satu jenis kura-kura yang banyak dipelihara adalah jenis kura-kura Brazil. Perawatan kura-kura juga sangat mudah karena hewan ini memiliki sistem metabolisme yang kuat. Agar kura-kura peliharaan Anda tumbuh sehat dan berumur panjang, Anda juga harus tahu apa saja makanan kura-kura kecil dan cara memberi makanan yang tepat.

    Macam-Macam Makanan Kura Kura Kecil

    Pemberian makanan yang tepat akan menunjang tumbuh kembang kura-kura yang Anda pelihara, sehingga bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa mencapai 20 hingga 40 tahun. Anda juga jangan terpaku pada satu macam makanan saja. Anda bisa mengombinasikan beberapa makanan untuk melengkapi nutrisi pada bayi kura-kura peliharaan Anda.

    1. Ikan Kecil dan Daging

    Salah satu makanan kesukaan kura-kura adalah ikan dan daging. Untuk memberi makanan kura kura kecil, Anda bisa memberi ikan berukuran kecil atau daging yang sudah dipotong-potong. Usahakan jangan memberikan daging yang masih mentah karena kandungan lemak pada daging mentah sangat tinggi. Anda bisa memasaknya tanpa bumbu terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kura-kura.

    Untuk pemberian makanan berupa ikan kecil, sebaiknya Anda menggunakan ikan air tawar saja. Kandungan yang terdapat pada ikan tawar lebih mudah dicerna daripada ikan laut. Pemberian makanan kura-kura berupa ikan laut yang sudah dibekukan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang bisa mengakibatkan masalah pada jangka panjang.

    2. Sayur dan Buah

    Selain daging dan ikan, Anda juga bisa memberikan variasi makanan kura kura kecil berupa sayur dan buah. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam sayuran sangat baik untuk pertumbuhan tempurung kura-kura. Namun, pemberian pakan berupa sayuran ini hanya sebagai kombinasi saja dan jangan dijadikan makanan pokok.

    potongan buah

    Persentase pemberian pakan kura-kura yaitu sayuran sebanyak 50%, daging sebanyak 25%, dan makanan lainnya sebanyak 25%, agar nutrisinya dapat tercukupi dengan baik. Sayuran dan buah yang bisa dijadikan sebagai makanan kura-kura yaitu wortel, selada, sawi, pisang, tomat, pepaya, dan paprika. Anda juga bisa memberikan suplemen vitamin A untuk kesehatan mata kura-kura.

    3. Serangga dan Cacing Tanah

    Sebagai variasi makanan, Anda juga bisa memberikan serangga seperti jangkrik kecil atau cacing tanah untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan kura-kura peliharaan Anda. Di habitat asli, kura-kura biasanya akan memakan 2 jenis hewan ini sebagai makanan alaminya.

    Jika kura-kura Anda membutuhkan daging sebagai makanan utamanya, Anda dapat memberinya mealworm, cacing tanah, lobster air tawar, ikan minnow, siput, slug (siput tanpa cangkang), dan wax worm (larva ngengat). 

    Hewan-hewan tersebut dapat Anda beli di toko hewan peliharaan yang menjual kura-kura dan hewan reptil lainnya. Jangan membeli hewan untuk makanan kura kura kecil Anda dari toko perlengkaan memancing, karena Anda perlu pastikan bahwa makanan itu (contoh:cacing) yang dibeli itu aman dikonsumsi oleh kura-kura Anda

    4. Pelet Khusus Kura-Kura

    Anda bisa memberi makanan kura kura kecil berupa pelet khusus untuk kura-kura sebagai variasi pakan yang bisa Anda beli di toko hewan peliharaan atau pet shop. Berdasarkan bahan bakunya, pelet dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pelet yang terbuat dari tumbuhan atau buah-buahan dan pelet yang terbuat dari daging.

    Untuk pemberian makanan kura kura kecil darat, Anda bisa menggunakan pelet dengan bahan baku tumbuhan atau buah-buahan. Untuk pakan kura-kura air tawar, Anda bisa menggunakan pelet dengan bahan baku daging, cacing, ikan, atau keong. Usahakan menggunakan pelet yang sudah bermerk dengan kualitas baik dan sesuaikan dengan asupan gizi yang dibutuhkan kura-kura peliharaan Anda.

    a. Mazuri


    mazuri


    Anda bisa memberi juga makanan kura kura kecil dari perusahaan bernama Purina. Perusahaan ini  memproduksi pelet kura-kura dengan merk Mazuri. Jangan khawatir dengan jenis kura-kura Anda, karena pelet ini diproduksi dalam berbagai tipe sesuai jenis kura-kura. Selain Purina, ada juga Rep-Cal yang memproduksi berbagai macam pelet untuk jenis kura-kura pemakan daging, pemakan tanaman, dan pemakan segala. Anda dapat membelinya di toko hewan peliharaan atau dari shoping online.

    b. Otto Freak


    OTTO Freak adalah brand new pakan pelet berbentuk bulat buatan Indonesia untuk Tortoise dan Turtle dengan ukuran 5mm, cocok untuk mempercepat pertumbuhan kura-kura 8cm keatas. Terdapat penambah nafsu makan, dengan ciri-ciri bau lebih menarik dan warna coklat(tanpa pewarna tambahan yang menjadi salah satu penyebab urates mengeras)

    Mengandung :

    Protein : 31-33%

    Lemak : 3-5%

    Serat : 4-6%

    Kadar abu : 10-13%

    Kadar air : 11-13%

    Vitamin A, C, D3, K, B2, B6, B12, B13

    Dengan kandungan Protein yg sangat pas (-+30%) tidak membuat kura-kura cepat lapar atau terlalu kenyang, sehingga tidak menyebabkan MBD atau Pyramiding.

    Saran penyajian:

    Agar lebih tanak, sajikan pelet OTTO Freak dihadapan kura dan langsung diberi air, jadi tidak perlu menunggu air meresap agar kura-kura tidak mudah kembung, dan bau untuk menambah nafsu makan tidak hilang.

    Beri makan secukupnya (perkiraan takaran untuk kura-kura 10cm = 1/2 genggam OTTO Freak dan air 3 sdm, ukuran lain dikira-kira saja) 2x sehari pagi dan malam, dan selalu buang sisa makanan yg diam lebih dari setengah hari untuk menjaga kebersihan dan bau sisa makanan

    c.  JKK Growth Formula


    JKK Growth Formula diformulasikan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh segala jenis kura - kura air.

    Cara Memberi Makanan Kura Kura Kecil

    Pemberian pakan pada kura-kura kecil alias bayi sangat berpengaruh pada pertumbuhannya. Selain pemilihan pakan untuk melengkapi asupan nutrisi, Anda juga harus tahu bagaimana cara memberi makan yang tepat untuk kura-kura kecil yang Anda pelihara agar tumbuh dengan baik dan berumur panjang. Berikut ini cara memberi makan kura-kura kecil dengan tepat.

    1. Kenali Pola Makan dan Kebiasaan Kura-Kura

    Setiap kura-kura memiliki kebiasaan dan pola makan yang berbeda-beda. Namun, umumnya setiap kura-kura merupakan hewan pemakan segala, sehingga bisa memakan sayuran dan daging. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali jenis kura-kura yang dipelihara untuk memahami kebiasaan dan pola makannya.

    Beberapa kura-kura juga mengalami perubahan pola makan dari waktu ke waktu. Kebanyakan jenis kura-kura mengalami perubahan jenis makanan seiring berkembangnya bentuk tubuh dan perkembangan fisiknya. Misalnya, jika Anda memelihara kura-kura Brazil yang awalnya pemakan daging, maka seiring berjalannya waktu kura-kura ini akan lebih banyak memakan sayuran dan buah.

    2. Ciptakan Lingkungan Hidup yang Sehat dan Nyaman

    Agar kesehatan kura-kura Anda selalu terjaga, makan dengan baik, dan berumur panjang, pastikan kandangnya selalu bersih, sehat, dan nyaman. Anda bisa menggunakan dua tempat yang berbeda untuk habitat dan tempat memberi makanan secara terpisah, namun ini tidak disarankan saat kura-kura masih bayi dan masih dalam tahap adaptasi.

    Untuk penempatan makanan di tempat atau kandang kura-kura bisa Anda sesuaikan dengan jenis kura-kura yang Anda pelihara. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang habitat asli masing-masing jenis atau spesies, agar kura-kura bisa hidup dengan nyaman dan tumbuh dengan baik.

    Apabila kura-kura Anda merupakan pemakan daging, Anda bisa membuat kolam kecil dengan melepas beberapa ikan kecil sebagai pakan kura-kura. Kura-kura akan lebih nyaman jika mengambil makanannya sendiri seperti yang mereka lakukan di habitat aslinya. Untuk kedalaman kolamnya, buatlah kolam yang sangat dangkal apabila kura-kura yang Anda pelihara masih bayi.

    3. Beri Makanan Sehat dan Bernutrisi

    Untuk menunjang tumbuh kembang kura-kura peliharaan Anda, jangan asal-asalan saat memberi makanan. Pastikan makanan yang Anda berikan mengandung gizi yang cukup agar asupan nutrisi kura-kura tercukupi dengan baik. Kombinasikan beberapa jenis makanan agar gizi yang diperoleh bisa bervariasi.

    Anda bisa menggunakan pakan khusus kura-kura dari berbagai merk berkualitas. Selain berkualitas, beberapa merk makanan kura kura kecil memiliki banyak variasi yang bisa disesuaikan dengan jenis kura kura yang Anda pelihara dan asupan gizi yang dibutuhkan. Jangan memberi pakan berupa cacing hasil mencari sendiri, sebaiknya belilah di pet shop agar tidak membahayakan kesehatan kura-kura.

    4. Beri Makan Secukupnya

    Perhatikan jumlah dan frekuensi pemberian pakan kura-kura agar tumbuh dengan optimal. Pada umumnya, frekuensi pemberian makanan untuk kura-kura yang masih bayi yaitu dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pada masa ini, kura-kura masih dalam proses pertumbuhan, sehingga membutuhkan asupan gizi dan vitamin yang banyak.

    Untuk jumlah pemberian pakan kura-kura masih menjadi perdebatan. Ada yang berpendapat bahwa jumlahnya bisa disesuaikan dengan banyaknya yang bisa dimakan oleh kura-kura. Namun, ada pula yang berpendapat untuk memberi pakan setiap 15 sampai 20 menit sekali. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terkait jumlah dan frekuensi pemberian pakan yang tepat.

    5. Amati Kesehatan Kura-Kura

    Salah satu yang perlu diperhatikan selain pemberian makan adalah mengamati kesehatan kura-kura peliharaan Anda. Periksa tempurung kura-kura apakah ada masalah atau terjadi perubahan pada tempurungnya akibat kurang kalsium dan nutrisi. Waspadai pula tumbuhnya parasit pada tempurung kura-kura yang dapat berpengaruh pada nafsu makan, energi, dan berat badan kura-kura.

    Jenis makanan kura kura kecil dan cara memberi makan yang tepat akan menentukan tumbuh kembang kura-kura, sehingga bisa tumbuh dengan optimal. Pemberian makanan yang tepat juga bertujuan agar kura-kura selalu tercukupi kebutuhan nutrisinya, terhindar dari penyakit, dan bisa memiliki umur yang panjang.

    No comments for "4 Makanan Kura Kura Kecil dan 5 Cara Memberi Makan yang Tepat"

    Berlangganan via Email