Ketahui Keuntungan Memiliki Saham Manufaktur


    Dalam penjualan saham, saham manufaktur seringkali menjadi primadona. Mulai dari harganya yang menggiurkan hingga dividen yang mereka janjikan. Produksi manufaktur yang dilakukan secara massal dinilai menghemat biaya pembuatan tanpa mengurangi kualitas. Kecenderungan konsumen untuk membeli barang-barang manufaktur juga tergolong konsisten. 

    Contohnya, jika konsumen membutuhkan ban. Sebagai salah satu bagian penting dalam mobil, perusahaan logistik tentu perlu mengganti ban secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan kerja. Coba Anda kalikan dengan seluruh perusahaan yang membutuhkan jumlah mobil banyak. Untuk memberikan Anda pemahaman lebih jauh, berikut kami jabarkan keuntungan saham manufaktur.

    Menghitung Keuntungan Saham Manufaktur

    Seperti yang sebelumnya kami sebutkan, membeli saham manufaktur termasuk cukup menguntungkan. Karena kebutuhan primer dan sekunder termasuk di dalam perusahaan manufaktur, aktivitas ekonominya juga cukup besar. Hal ini pula yang membuat saham perusahaan manufaktur menanjak dengan signifikan. Manufaktur juga menjadi salah satu sektor yang paling diminati.

    Walaupun begitu, Anda perlu memperhitungkan keuntungan yang kelak Anda dapat dalam berinvestasi. Apapun bentuk saham dan darimana perusahaannya, Anda harus merencanakannya secara tepat dan konsekuen. Perhitungan yang Anda lakukan adalah langkah preventif untuk mencegah Anda gagal dalam berinvestasi. Untuk menghitung keuntungan saham, Anda dapat membaca penjelasan di bawah ini.

    1. Nominal yang Cukup Stabil

    Saham manufaktur berjejer diantara saham blue chip yang dipublikasikan BEI. Beberapa perusahaan manufaktur yang sahamnya termasuk saham blue chip adalah PT. Astra International Tbk dan PT Indo Kordsa. Ini membuktikan bahwa saham manufaktur memiliki nominal yang cukup stabil dan mampu diandalkan. Saham perusahaan manufaktur juga tergolong banyak, ada di kisaran 10 juta lembar saham.

    2. Produk yang Selalu Diburu Konsumen

    Salah satu faktor yang menentukan untung atau tidaknya investasi saham adalah dari seberapa banyak produk tersebut digunakan. Jika produk tersebut menjadi penopang kegiatan ekonomi pada satu sektor besar, dapat dikatakan bahwa produk terjual dengan konsisten. Produk yang terkomersialisasi dengan baik maka akan memberikan efek positif pada pergerakan sahamnya. Dalam hal ini ialah saham manufaktur.

    3. Jadi Incaran Banyak Investor Asing

    Proyek jalan raya, kereta api, kereta cepat, banyak didalangi oleh investor asing. Para investor asing memiliki kepercayaan bahwa perusahaan manufaktur adalah perusahaan dengan saham yang kuat. Dengan ramainya investor asing yang berbondong-bondong mendanai perusahaan manufaktur, maka ini kesempatan bagi Anda untuk ikut mendapatkan keuntungan lewat posisi saham yang efektif.


    Tips Investasi Saham pada Perusahaan Manufaktur

    Pada beberapa kondisi, saham perusahaan manufaktur dapat mengalami keterpurukan karena turunnya permintaan. Biasanya, penurunan permintaan ini datang dari perusahaan yang memasok produk pada perusahaan lainnya. Sehingga ketika penurunan permintaan atau demand terjadi, penjualan akan turun dengan drastis. Ini sangat berisiko untuk kesehatan saham perusahaan ke depannya.

    Untuk mendapatkan saham dengan risiko yang tidak terlalu besar, Anda dapat memilih saham perusahaan properti. Properti sendiri dalam BEI digolongkan menjadi sub sektor pada perusahaan manufaktur. Kebutuhan properti seringkali berjalan sesuai pasar. Dengan memilih saham properti, maka grafik saham yang dimunculkan tidak akan terlalu ekstrem. 

    Tren saham suatu saat bisa saja akan berubah drastis. Namun jangka waktu dan kondisi pasti mempengaruhi kejadian tersebut. Tak terkecuali untuk perusahaan manufaktur yang tentu sewaktu-waktu dapat mengalami naik turun harga. Maka dari itu, jika Anda berniat menjadi investor, Anda harus rutin melihat pergerakan saham manufaktur yang Anda miliki. 


    Baca juga:

    No comments for " Ketahui Keuntungan Memiliki Saham Manufaktur"

    Berlangganan via Email