Dividen Adalah: Penjelasan Dan Jenisnya


    Dividen adalah bahasa lain dari sebuah keuntungan yang memang lumrah terjadi dalam dunia bisnis. Mungkin itu adalah bahasa simpelnya yang rata-rata sebagian orang tidak mengetahuinya. Namun istilah dividen ini lebih identik kepada transaksi bisnis yang cukup besar seperti saham dan lainnya. Jenis keuntungan dari dividen sendiri bisa bervariasi mencapai puluhan juta, ratusan bahkan miliar rupiah. 

    Dividen sendiri memang lekat kaitannya dengan bursa efek atau saham. Pihak yang mendapatkan dividen tersebut tidak hanya investor saham dalam bursa efek atau personal, namun bisa saja investor crowdfunding (dapat disebut juga saham patungan). Intinya dividen merupakan pencapaian dari para pemodal di dunia bisnis.  

    Dividen Adalah Salah Satu Hal Penting Dalam Dunia Bisnis

    Memperoleh sebuah keuntungan dalam skala besar memang merupakan target dari setiap pemodal saham. Namun sejatinya sebuah keuntungan besar atau dividen tersebut bukan menjadi patokan. Bagi Anda para pegiat bisnis alangkah baiknya mengetahui seluk beluk untuk mendapatkan dividen ini. 

    Wikipedia mengungkapkan bahwa dividen mencakup pembagian keuntungan dalam dunia saham. Pembagian keuntungan tersebut bergantung dari persentase investasi dari setiap pihak yang menanamkan modalnya. Namun dividen sendiri tidak sama seperti profit, karena dividen merupakan gross profit atau laba kotor.

    Baca Juga: Panduan Investasi Saham 

    Sistem dividen sendiri diatur oleh perusahaan yang membuka sahamnya. Sehingga para investor tidak perlu pusing mengatur besaran dividen. Untuk para investor, kemampuan menganalisa merupakan hal mendasar yang patut dikuasai. Sehingga dengan menguasainya, para investor dapat mengetahui saham yang mampu memberikan dividen baik dan menjanjikan.

    Saham yang membagikan dividen dalam jumlah signifikan, tentu memiliki rasio profitabilitas atau return on equity (ROE) yang juga besar. Namun ketika dividen itu ditahan, maka kas tersebut akan menjadi saldo laba ditahan. Biasanya laba tersebut digunakan untuk pengembangan usaha atau melunasi utang. 

    Dalam sebuah aturan dividen terdapat penangguhan dividen. Fungsinya adalah untuk menahan arus kas kepada pemodal. Biasanya digunakan untuk kebijakan- kebijakan tertentu contoh, pelunasan utang sampai pengembangan modal usaha. Sehingga ketika dividen tersebut ditahan, maka pemodal atau investor harus mematuhi kebijakan yang ada.

    Pertaruhan yang dilakukan oleh pemodal dan perusahaan sangatlah tergantung dari besaran dividen tersebut. Bila berbicara tentang dunia bisnis, tentu cakupannya sangat luas. Karena pemodal dan pihak pembuka saham tidak selalu mendapatkan dividen. Terkadang pihak perusahaan akan menahan keuntungan agar membuat saham stabil dan nilainya tinggi.

    Kecermatan untuk mendapatkan dividen yang besar ditentukan oleh langkah kebijakan perusahaan. Sehingga pemodal pun harus memiliki tim analisa yang baik. Ada kalanya untuk mendapatkan dividen yang besar harus diimbangi oleh investasi yang besar pula.

    Jenis Dividen Yang Perlu Diketahui

    Bagi Anda yang bergerak di dunia bisnis, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis dividen sebagai berikut:

    Jenis Dividen Tipe Tunai

    Dividen yang legal akan selalu berkaitan dengan pajak oleh pemerintah. Oleh karena itu ada baiknya mempelajari juga peraturan yang berlaku. Terlebih kepada jenis dividen tipe tunai yang berarti keuntungan dalam bentuk uang tunai termasuk potongan pajaknya. Pembayaran dividen tipe tunai ini sangat relatif. Perusahaan dapat membayar 2 sampai 4 kali termin pembayaran dividen. 

    Dividen Berjenis Saham

    Berbicara dividen saham, maka akan berkaitan kepada keuntungan bukan berbentuk uang tunai atau berbentuk kas. Kita pernah mendengar bahwa terkadang perusahaan memiliki pemegang saham yang banyak bukan? Dengan demikian dividen saham selalu bergerak di bidang saham dalam sebuah perusahaan. 

    Terjun ke dalam dunia saham memang tidak mudah dan harus memakan banyak strategi agar mendapatkan dividen tinggi. Maka dari itu mempelajari jenis dividen adalah hal yang harus dikuasai sebelum Anda terjun ke dunia saham ini.

    No comments for " Dividen Adalah: Penjelasan Dan Jenisnya"

    Berlangganan via Email