Cara Flash Samsung J2 Via Odin yang Mudah

    Cara Flash Samsung J2 - Meskipun merupakan produk keluaran lawas, namun Samsung Galaxy J2 masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian pengguna. Smartphone dari keluarga J Series sendiri sudah dihapus dan digantikan dengan generasi A series. Jadi, Samsung dari keluarga J series sudah tidak diproduksi lagi sekarang ini, termasuk Samsung Galaxy J2.

    Khususnya untuk smartphone Samsung J2 merupakan seri HP Samsung yang cukup banyak diminati. Tidak lain karena harga banderolnya yang cukup murah, namun dengan dukungan spesifikasi yang mumpuni. Meski demikian, tidak jarang HP Samsung J2 mengalami masalah error, seperti bootloop, brick, aplikasi keluar sendiri, restart sendiri, hingga mati total. Untuk mengatasi beberapa masalah error tersebut bisa dengan melakukan flash. Lantas, bagaimana cara flash Samsung J2 tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

    Cara Flash Samsung J2 Via Odin


    Cara Flash Samsung J2 Via Odin yang Mudah

    Sama seperti smartphone keluaran Samsung lainnya, untuk melakukan flashing ulang Anda bisa memanfaatkan tool bernama Odin. Software tersebut bisa dijalankan di perangkat Windows maupun Linux. Namun, pada artikel kali ini kamu akan memberi contoh cara flash Samsung J2 via Odin menggunakan perangkat Windows. 

    Langkah 1 - Menyiapkan Alat dan Bahan

    Sebelum lanjut ke cara flash Samsung J2, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahannya terlebih dahulu, di antaranya:

    Langkah 2 - Persiapan Perangkat HP

    Setelah semua alat dan bahan di atas Anda persiapkan, sekarang Anda lakukan persiapan untuk perangkat Samsung J2. Pastikan HP Samsung J2 tersebut baterainya cukup, atau tersisa minimal 50%.

    Jangan lupa juga untuk melakukan backup data di HP Samsung jika memang memungkinkan. Pasalnya, cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal HP. 

    Langkah 3 - Mulai Melakukan Flashing

    Sekarang kita bisa lanjut ke langkah-langkah untuk melakukan flash ulang HP Samsung J2 melalui Odin. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

    1. Langkah yang pertama Anda lakukan ekstrak pada semua file yang sudah didownload di atas, yakni Firmware Samsung J2, Driver Samsung, dan Odin. Ketiga file ini bisa Anda simpan di penyimpanan PC atau laptop.

    2. Sekarang Anda install Driver Samsung di perangkat PC atau laptop. Kalau sudah, sekarang jalankan software Odin di PC atau laptop tersebut.

    3. Beralih ke HP Samsung J2, sekarang Anda matikan HP tersebut. Kemudian masuk ke Mode Download dengan cara klik tombol Power + Home + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada ketiga tombol jika di layar sudah muncul mode download.

    4. Sekarang hubungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Tekan volume atas hingga HP terdeteksi oleh PC. Tandanya, pada software Odin terdapat tulisan “Added...” di bagian bilah kiri.

    5. Selanjutnya klik tombol AP, lalu pilih folder Firmware Samsung J2 yang diekstrak tadi. Kemudian pilih file yang berekstensi “.tar.md5.”.

    6. Jika sudah, Anda klik tombol Start. Maka proses flashing akan mulai berjalan dan tunggu sampai selesai.

    7. Kalau sudah muncul kotak berwarna hijau dan bertulis PASS! di pojok kiri atas, berarti proses flashing sudah selesai.

    8. Cabut HP dari sambungan kabel USB, maka HP akan melakukan reboot dengan sendirinya. Anda tunggu saja sampai HP Samsung J2 menyala lagi.

    9. Selesai.

    Itulah tadi cara flash Samsung J2 menggunakan Odin yang mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

    Baca juga: 

    No comments for "Cara Flash Samsung J2 Via Odin yang Mudah"

    Berlangganan via Email