Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Melalui Fastboot Mode

     

    Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Melalui Fastboot Mode

    Cara Flash Xiaomi Redmi 5A - Xiaomi terkenal dengan produk smartphone yang dibanderol dengan harga sangat murah jika dibandingkan dari brand lainnya. Selain murah, HP dari Xiaomi ini juga dibekali dengan dukungan spesifikasi mumpuni, sehingga bisa menghasilkan performa yang maksimal. Dari sekian banyaknya produk HP dari Xiaomi, salah satu yang cukup laris di pasaran yakni Xiaomi Redmi 5A.

    Dibanderol dengan harga kurang dari 1 juta, pantas saja HP satu ini menjadi buruan banyak orang. Namun, terkadang HP dari Xiaomi mengalami beberapa masalah, seperti bootloop, restart sendiri, brick hingga aplikasi yang sering keluar. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah error pada Xiaomi tersebut? Salah satunya dengan melakukan flash ulang. Berikut ini cara flash Xiaomi Redmi 5A via Fastboot Mode yang bisa Anda terapkan. 


    Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Melalui Fastboot Mode

    Di internet cukup banyak tutorial flash Xiaomi Redmi 5A, namun tidak jarang informasi yang disajikan kurang jelas dan susah dimengerti oleh pengguna. Untuk itu, kali ini kami mencoba menjelaskan ulang cara flash Xiaomi Redmi 5A yang mudah dan lengkap melalui Fastboot Mode. 

    Langkah 1 - Menyiapkan Bahan dan Alat

    Sebelum lanjut ke langkah-langkah untuk flashing ulang Xiaomi Redmi 5A, perlu Anda persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan dan alatnya. Adapaun peralatan yang perlu Anda persiapkan, di antaranya: 

    Perangkat PC atau Laptop (rekomendasi Windows 10 64bit)

    Kabel USB original

    Driver Xiaomi

    Software Mi Flash Tool

    Firmware Xiaomi Redmi 5A (pilih format .tgz)

    Langkah 2 - Syarat Flashing Xiaomi Redmi 5A

    Sebelum melakukan flash Xiaomi Redmi 5A, pastikan Anda sudah melakukan unlock bootloader pada perangkat tersebut. Kalau memang masih belum tahu cara unlock bootloader Xiaomi Redmi 5A, Anda bisa mencarinya di internet. Banyak website yang membahas tutorial unlock bootloader Xiaomi tersebut. 

    Selain itu, Anda bisa melakukan backup data terlebih dahulu jika memang masih memungkinkan. Pasalnya, flash ulang akan menghapus semua file data yang tersimpan di memori internal HP. 

    Langkah 3 – Melakukan Flashing Ulang Xiaomi Redmi 5A

    Jika semua peralatan dan syarat di atas sudah terpenuhi, sekarang kita lanjut ke langkah untuk melakukan flash ulang Xiaomi Redmi 5A. 

    Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:
    1. Langkah yang pertama Anda lakukan ekstrak pada ketiga file yang didownload tadi, yakni Mi Flash Tool, Firmware atau ROM Xiaomi Redmi 5A, dan Driver Xiaomi.
    2. Sekarang Anda install Driver Xiaomi dan Mi Flash Tool di perangkat PC atau laptop. 
    3. Beralih pada HP Xiaomi Redmi 5A, Anda perlu mengaktifkan USB Debugging di dalamnya. Caranya dengan masuk ke menu Setelan >> pilih Setelan Tambahan >> pilih Opsi Pengembang >> tinggal aktifkan USB Debugging dengan menggeser tombol slidernya.
    4. Pada perangkat PC atau laptop, Anda jalankan software Mi Flash Tool tadi. 
    5. Sekarang Anda matikan HP Xiaomi Redmi 5A, kemudian masuk ke mode Fastboot. Caranya tekan tombol Power + Volume Down selama beberapa detik hingga muncul Fastboot Mode di layar. 
    6. Selanjutnya Anda hubungkan HP dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB.
    7. Pada Mi Flash Tool, Anda klik tombol Refresh dan pastikan HP sudah terdeteksi. Tandanya akan muncul device di Mi Flash Tool tersebut. 
    8. Jika sudah, sekarang klik tombol Select yang ada di pojok kiri atas lalu pilih folder firmware Xiaomi Redmi 5A yang sudah diekstrak tadi. Kemudian klik tombol OK.
    9. Selanjutnya pada bagian bawah tampilan Mi Flash Tool Anda tentukan mode flash, apakah ingin memilih Clean All, Save Data User atau Clean All and Lock.
    10. Jika dirasa sudah selesai semua, selanjutnya klik tombol Flash yang ada di pojok kanan atas tampilan. Maka proses flashing akan dimulai dan tunggu sampai selesai.
    11. Jika sudah, maka HP akan melakukan reboot  dengan sendirinya. Anda bisa mencabut HP dari sambungan kabel USB tadi.
    12. Tinggal menunggu sampai HP menyala dan bisa digunakan kembali.
    13. Selesai.
    Itulah tadi cara flash Xiaomi Redmi 5A via Fastboot Mode menggunakan software Mi Flash Tool yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.

    Baca juga:

    Cara Flash Samsung J2

    Cara Flash Samsung Ace 3

    No comments for "Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Melalui Fastboot Mode"

    Berlangganan via Email