Apa itu Bioteknologi?

    Apa itu Bioteknologi?

    Bioteknologi telah didefinisikan sebagai bidang multidisiplin di mana pertanian, farmasi, ilmu pangan, kehutanan dan kedokteran menggunakan biologi, kimia, dan berbagai proses. Bioteknologi menggunakan teknologi apa pun yang menggunakan sistem biologis dan makhluk hidup atau untuk membuat atau menghasilkan produk atau proses untuk penggunaan spesifik. Bioteknologi terdiri dari penelitian dasar dan terapan yang mengintegrasikan berbagai pendekatan yang diambil melalui teknologi dan penerapan ilmu biologi seperti seluler, molekul, bioinformatika dan mikrobiologi laut yang diterapkan.

    Penelitian dan pengembangan komponen biologis dan makanan fungsional untuk organisme perairan, diagnostik seluler dan molekuler, serta pengelolaan penyakit yang terkait dengan akuatik, toksikologi dan genomik lingkungan, keamanan biologis yang terkait dengan penanaman dan pemrosesan organisme laut, dan Manajemen dan kontrol kualitas di air tawar, biofuel dan laboratorium.

    Ruang lingkup bioteknologi:

    Bioteknologi digunakan untuk meningkatkan karakter yang diinginkan dalam sistem biologis. Bioteknologi digunakan apakah itu resistansi terhadap penyakit tanaman, produksi obat, kinerja luar biasa, dll. Jika kemampuan untuk menanggung efek samping dalam kehidupan seseorang ditemukan diinginkan. Karakter ini ditransfer ke tanaman tanaman pertanian sehingga mereka tumbuh dalam kondisi irigasi rendah. Dengan demikian, efisiensi dan pertumbuhan tanaman baru meningkat dibandingkan dengan leluhurnya. Tanaman yang sama yang tidak mentolerir kondisi kekeringan adalah toleran kekeringan setelah implementasi prinsip-prinsip bioteknologi. Ini dimungkinkan karena gen yang bertanggung jawab untuk menoleransi kondisi kekeringan pada kehidupan lain telah ditransfer ke genom budaya yang kita inginkan. Oleh karena itu, panen yang kami inginkan tahan kekeringan dan tumbuh dengan baik.

    Dengan demikian bioteknologi meliputi ilmu kehidupan (biologi), teknologi disiplin ilmu lain (kimia, fisika, ilmu komputer, dll.) Dan ilmu teknik. Bioteknologi sama pentingnya dengan menarik bagi kita karena itu adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan menjanjikan kemajuan besar dalam mengatasi tantangan besar pada zaman kita.

    Jenis bioteknologi

    bioteknologi adalah ilmu yang memiliki banyak cabang studi. Setiap orang bertanggung jawab atas bidang aplikasi tertentu dan sangat bermanfaat untuk situasi tertentu. Oleh karena itu, kita akan berbicara tentang jenis utama bioteknologi yang ada. Seperti disebutkan, ada banyak jenis bioteknologi, termasuk:

    Bioteknologi Medis

    Bioteknologi Medis adalah salah satu yang menggunakan sel hidup dan komponen seluler lainnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu kegunaan utama dalam bioteknologi medis adalah penggunaannya untuk pengobatan beberapa penyakit, memahami biologi sel manusia, berbeda dari yang lain. Ini terutama digunakan dalam pembuatan produk-produk farmasi yang berkontribusi pada penyembuhan atau pengobatan penyakit tertentu. Namun, semua ini, sebelum mempelajari sel, bakteri pada orang lain. Di antara faktor-faktor lain, vaksin dan antibiotik adalah contoh utama.

    Bioteknologi Pertanian

    Bioteknologi pertanian secara umum berfokus pada pengembangan dan penelitian tanaman yang dimodifikasi secara genetis, untuk meningkatkan karakteristiknya, termasuk tanaman, membuatnya tahan terhadap cuaca dan hama. Ini berkontribusi pada peningkatan tanaman dan penciptaan pertanian berkelanjutan; Ini mengarah pada pertumbuhan tanaman dan pengurangan polutan.

    Bioteknologi Industri Bioteknologi Industri adalah komponen yang berkontribusi pada penciptaan komponen industri dan pemulihan orang lain melalui lebih sedikit polutan. Ini pada dasarnya dalam pembuatan bahan-bahan baru yang digunakan di tingkat industri, seperti alkohol, deterjen dan lainnya. Di mana alih-alih mengubah yang ada, mereka meningkatkan aplikasi mereka dengan menjadikannya ramah lingkungan. Ini akan mengurangi dampaknya pada pencemaran lingkungan.

    Aplikasi utama dan penggunaan bioteknologi

    Setiap jenis bioteknologi menawarkan keunggulan berkelanjutan dalam penerapannya. Dan itu adalah bahwa mereka memecahkan berbagai masalah lingkungan yang ada dan meningkatkan proses lain. Misalnya, ketika digunakan dalam industri farmasi yang menawarkan banyak manfaat, karena dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan bahkan mempelajari orang lain. Selain itu, itu membuat obat lain lebih efektif dan karenanya berpengaruh pada penyakit. Selain itu, ketika diterapkan di industri, itu sangat mengurangi efek pencemaran. Beberapa teknik digunakan, yang berkontribusi pada degradasi komponen seperti plastik dan lainnya, yang bermanfaat dalam mengurangi polusi lingkungan. Biofuel, di sisi lain, juga merupakan faktor yang kondusif untuk mengurangi polusi lingkungan. Tidak diragukan lagi, ini adalah alat yang beradaptasi dengan lingkungan dengan cara adaptif dan dengan demikian menciptakan langkah-langkah dan langkah-langkah untuk membantu mengendalikan polusi lingkungan dan mengurangi dengan cara terbaik.

    Aplikasi bioteknologi

    Bidang bioteknologi dapat diklasifikasikan menjadi enam bidang utama, sesuai dengan area penggunaannya, yaitu: kesehatan, industri, tanaman, lingkungan, hewan dan makanan. Sektor makanan memainkan peran mendasar di sektor pangan; Berkat itu, Anda akan mendapatkan banyak kesehatan yang kaya akan nutrisi dan sifat obat. Selain itu, memungkinkan produksi makanan dalam jumlah besar dan memperpanjang masa manfaatnya, yang berhasil mengurangi kekeringan populasi; Memiliki lebih banyak makanan memenuhi permintaan.

    Industri Farmasi

    Bidang bioteknologi dalam industri farmasi menghasilkan antibiotik alami, sintetis dan bahkan semi-sintetis. Selain itu, memungkinkan untuk mendapatkan insulin, vaksin, dan serum yang membantu dalam pengobatan berbagai penyakit.

    Bioteknologi Lingkungan Penggunaan teknologi ini di lingkungan; Berkat itu, dimungkinkan untuk membuat bahan biodegradable, memurnikan air limbah, mengurangi dan menghilangkan berbagai polutan yang ada, serta memungkinkan pengolahan limbah. Tapi ini tidak semua, karena satu-satunya tujuan melestarikan spesies yang berbeda yang ada di dunia juga dapat digunakan di daerah ini; Sesuatu yang pasti bermanfaat.

    Bioteknologi pertanian memainkan peran yang sangat penting dalam pertanian; Ada banyak manfaat untuk melakukan penelitian dengan cara yang berbeda. Di antara manfaat-manfaat ini kita dapat menyebutkan hal berikut: ambil tanaman dan tanaman yang tahan terhadap hama, serangga dan penyakit. Toleransi herbisida. Ini memungkinkan tanaman yang sehat dengan nilai gizi tinggi dan sifat obat. Mencapai tanaman toleran terhadap logam tanah tertentu seperti aluminium. Mengembangkan dan memperoleh tanaman yang dimodifikasi secara genetik atau transgenik. Seperti juga dapat dilihat, bidang bioteknologi sangat luas, seperti yang biasa digunakan dalam berbagai bidang studi; Ini terutama disebabkan oleh banyak manfaat yang tersedia di masing-masing. Itu sebabnya penggunaannya telah menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

    Produksi farmasi:

    Dalam hal ini, kami adalah salah satu kontributor bioteknologi. Pembentukan penisilin yang ditemukan dapat disebutkan dan digunakan untuk mengobati infeksi dari 1 hingga 11. Fermentasi industri: fermentasi adalah proses yang digunakan untuk membuat banyak produk, di antaranya kita dapat menjelaskan produksi keju, roti, dan produk lainnya.

    Kloning:

    Meskipun kloning adalah topik yang kontroversial, itu adalah penemuan penting yang dapat menyebabkan pemahaman yang lebih baik tentang pengobatan penyakit dan fungsi tubuh. Analisis DNA: Ada banyak aplikasi yang menggunakan validasi DNA, kita dapat mengatakan uji kriminologi dan paternitas forensik sebagai pengembangan yang signifikan dari alat masyarakat ini.

    Produksi vaksin:

    Dalam kebanyakan kasus, produksi vaksin melibatkan proses biologis yang bertujuan untuk menghasilkan antibodi dengan berinteraksi dengan kehidupan binatang.

    Peningkatan genetik:

    Modifikasi genetik memiliki banyak aplikasi, kami biasanya dapat menyebutkan peningkatan pada hewan daging sapi untuk meningkatkan produksi daging dan susu, membuat sayuran tahan terhadap hama.

    Analisis forensik

    DNA atau sidik jari DNA telah membuatnya sangat mudah untuk menentukan masalah ayah dan telah membantu menyelesaikan banyak kejahatan. DNA setiap orang memiliki pola tertentu yang digunakan untuk mengidentifikasi DNA mereka. Produk biotek hari ini telah menjadi sangat canggih sehingga mereka bahkan dapat membuat profil DNA dari sampel 1 orang!

    Bioteknologi Modern vs Bioteknologi Tradisional

    Bioteknologi tradisional Bioteknologi tradisional adalah salah satu dari banyak cara kuno di mana hewan hidup dapat digunakan untuk menciptakan produk baru atau untuk meningkatkan yang sudah ada. Dalam pengertiannya yang paling luas, bioteknologi tradisional berkisar dari manusia hingga pemburu bagi petani. Manusia sebagai petani mengumpulkan dan menanam bibit liar, dan ketegangan kerja terbaik untuk menanam musim berikutnya dipilih. Butuh bertahun-tahun dan kadang-kadang generasi bagi manusia untuk memperoleh jenis tanaman tertentu karena mereka menemukan lebih banyak jenis dan sifat atau karakteristik tanaman. Selera yang baik dan produktivitas tinggi. Karena hewan peliharaan hewan, petani kuno menggunakan teknik pemuliaan yang sama untuk mendapatkan karakteristik yang diinginkan pada hewan selama beberapa generasi. Berabad-abad yang lalu, orang yang keliru menemukan bahwa sel-sel hidup selalu menggunakan proses alami. Meskipun mereka tidak memiliki penjelasan ilmiah untuk proses ini, hasil yang mereka lihat diterapkan pada kehidupan domestik mereka. Misalnya, mereka menemukan bahwa makanan jatuh tempo sedemikian rupa sehingga mengubah selera dan kontennya dan cenderung tidak hancur. Jadi, melalui proses yang disebut fermentasi, tepung difermentasi sementara roti dibuat, jus anggur berubah menjadi anggur, dan susu disimpan dalam tas yang terbuat dari perut unta dikonversi menjadi keju. Melalui trial and error dan kemudian melalui kemajuan teknologi, orang belajar mengendalikan proses ini dan membuat produk biotek berskala besar. Kemajuan dalam sains telah memungkinkan pemindahan teknologi ini, terutama di dalam negeri, hingga teknologi industri dan pencarian yang baru. Beberapa contoh bioteknologi tradisional adalah pemuliaan selektif, hibridisasi dan fermentasi.

    Bioteknologi Modern

    Bioteknologi modern adalah serangkaian teknik yang melibatkan penanganan gen, sel, dan jaringan hidup yang disengaja dengan cara yang dikendalikan untuk mengubah riasan genetik atau menghasilkan jaringan baru. Contoh-contoh bioteknologi modern meliputi: mekanisme DNA rekombinan (RDNA atau rekayasa genetika), kultur jaringan, dan mutagenesis. Dengan cara yang dikendalikan dan kurang lambat dibandingkan dengan teknik bioteknologi tradisional, adalah mungkin bagi suatu organisme untuk membuat perubahan yang diinginkan dalam kehidupan melalui modifikasi langsung gennya. Penemuan-penemuan ini membuka kemungkinan kemajuan dalam teknologi dan sains (seperti biokimia dan fisiologi), aplikasi baru bioteknologi yang secara tradisional tidak terbiasa.

    Baca juga:

    No comments for "Apa itu Bioteknologi?"

    Berlangganan via Email