Produk Bioteknologi Yang Bermanfaat Bagi Manusia



    Bioteknologi adalah industri yang berfokus pada manipulasi organisme hidup untuk menghasilkan produk komersial.

    Inovasi bioteknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan kita menemukannya di apotek dan supermarket, di antara banyak tempat lainnya.  Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir, bioteknologi telah menjadi salah satu ujung tombak dalam memerangi pandemi global COVID-19, karena membantu menguraikan genom virus dan memahami bagaimana mekanisme pertahanan tubuh kita bekerja melawan agen penular.

     

    JENIS BIOTEKNOLOGI

     

     Seperti garis pelangi, aplikasi bioteknologi yang berbeda dikelompokkan menjadi tujuh warna atau wilayah penelitian dan pengembangan.

     

     Bioteknologi merah.

     Ini adalah cabang kesehatan dan bertanggung jawab, menurut Organisasi Inovasi Bioteknologi (BIO), untuk pengembangan lebih dari 250 vaksin dan obat-obatan seperti antibiotik, terapi regeneratif, dan produksi organ buatan.

     

     Bioteknologi hijau. 

    Ini digunakan oleh lebih dari 13 juta petani di seluruh dunia untuk melawan hama dan menyuburkan tanaman serta memperkuatnya dari mikroorganisme dan peristiwa cuaca ekstrem, seperti kekeringan dan embun beku.

     

     Bioteknologi putih. 

    Cabang industri bekerja untuk meningkatkan proses manufaktur, pengembangan biofuel, dan teknologi lain untuk membuat industri lebih efisien dan berkelanjutan.

     

     Bioteknologi kuning.

     Cabang ini fokus pada produksi pangan dan, misalnya, melakukan penelitian untuk mengurangi kadar lemak jenuh dalam minyak goreng.

     

     Bioteknologi biru.  

    Ini memanfaatkan sumber daya laut untuk mendapatkan produk budidaya, kosmetik dan perawatan kesehatan.  Selain itu, merupakan cabang yang paling banyak digunakan untuk memperoleh biofuel dari mikroalga tertentu.

     

     Bioteknologi abu-abu.

     Tujuannya adalah untuk konservasi dan pemulihan ekosistem alam yang tercemar melalui proses bioremediasi, seperti disebutkan di atas.

     

     Bioteknologi emas. 

    Juga dikenal sebagai bioinformatika, ia bertanggung jawab untuk memperoleh, menyimpan, menganalisis, dan memisahkan informasi biologis, terutama yang terkait dengan urutan DNA dan asam amino.

     

     MANFAAT BIOTEKNOLOGI

     

     Manfaat bioteknologi memang nyata, tetapi pada saat yang sama beberapa orang memperingatkan kemungkinan dampak buruknya terhadap lingkungan, kesehatan, dan etika.  Keunggulan BIO adalah sebagai berikut:

      Ini mengurangi emisi CO2 hingga 52%, mengoptimalkan penggunaan air dan mengurangi limbah dan proses kimia berkat teknik seperti DNA rekombinan.

      Ini meningkatkan diagnosis medis, mengurangi tingkat infeksi, meminimalkan efek samping pengobatan dan mendukung kemajuan di negara berkembang.

      Ini mendukung pertanian yang sehat dan berkelanjutan - menyediakan makanan yang lebih bergizi, bebas racun dan alergen, membatasi penggunaan pestisida dan bahan kimia -.

     

     Resiko utamanya meliputi:

      Perkembangbiakan makanan laboratorium dapat mengakhiri keanekaragaman tanaman.  Ini juga dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.

      Risikonya termasuk alergi yang tidak terduga, keracunan organisme hidup dan bakteri yang dimodifikasi yang melarikan diri dari laboratorium.

      Kloning, modifikasi genom manusia dan reproduksi berbantuan adalah masalah perdebatan etis dan kontroversi sosial.

     

    RUANG LINGKUP BIOTEKNOLOGI

      Bioteknologi diterapkan pada berbagai bidang dan banyak industri seperti makanan, farmasi, obat-obatan, pertanian, dll. Bioteknologi memiliki ruang lingkup baik dalam penelitian maupun rekayasa.

      Rekayasa genetika telah membantu dalam produksi protein terapeutik serta organisme biologis.  Bioteknologi telah membuat kemajuan besar dalam biologi molekuler dan bioteknologi industri.

      Ruang lingkup bioteknologi diperluas ke berbagai cabang Biologi.  Beberapa di antaranya termasuk kultur jaringan, pengembangan tumbuhan dan hewan transgenik, pengembangan antibodi, dll.

     

    APLIKASI BIOTEKNOLOGI

      Berikut adalah Produk-Produk Bioteknologi yang bermanfaat bagi manusia.

       Bioteknologi memainkan peran penting dalam masyarakat di masa depan dalam mencegah dan menahan patogen potensial. 

     

     1. Obat

      Perkembangan insulin, hormon pertumbuhan, identitas dan diagnostik molekuler, terapi gen dan vaksin seperti hepatitis B adalah beberapa tonggak penting dari bioteknologi dan aliansinya dengan rekayasa genetika.

     

    2.  Makanan

      Selain makanan hasil rekayasa genetika yang disebutkan di atas, berkat produk bioteknologi seperti WEMA telah diciptakan, sejenis tanaman yang tahan terhadap kekeringan dan serangga tertentu yang mungkin terbukti penting dalam memerangi kelaparan di Afrika.

     

    3.  Lingkungan

      Melalui proses bioremediasi yang sangat berguna untuk pemulihan ekologi, sifat katabolik mikroorganisme, jamur, tumbuhan dan enzim digunakan untuk memulihkan ekosistem yang tercemar.

     

    4.  Suplementasi Nutrisi

      Nutrisi dapat dimasukkan ke dalam makanan dalam situasi bantuan.  misalnya, beras emas dibuat dengan infus beta-karoten ke dalam nasi.

     

    5.  Stres Abiotik

      Bioteknologi membantu dalam produksi tanaman yang dapat mengatasi tekanan abiotik seperti dingin, kekeringan, salinitas, dll. Di daerah dengan kondisi iklim yang ekstrim, tanaman tersebut terbukti bermanfaat dalam menahan iklim yang keras.

     

    6.  Bioteknologi Industri

      Bioteknologi melibatkan produksi alkohol, deterjen, produk kosmetik, dll. Bioteknologi melibatkan produksi elemen biologis dan struktur seluler untuk berbagai keperluan.

     

    7.  Serat Kekuatan

      Jaring laba-laba memiliki bahan dengan kekuatan tarik terkuat.  Gen dari laba-laba diambil melalui teknik bioteknologi dan dimasukkan ke dalam kambing untuk menghasilkan protein sutra dalam susu mereka.  Ini membantu dalam produksi sutra dengan mudah.

     

     8.  Biofuel

      Bioteknologi banyak digunakan dalam produksi energi.  Karena sumber daya alam semakin menipis, maka perlu dicari sumber alternatif.  Bahan bakar semacam itu diproduksi dengan menggunakan alat bioteknologi.  Ini ramah lingkungan dan tidak melepaskan gas rumah kaca.

     

    9.   Kesehatan

      Bioteknologi diterapkan dalam pengembangan obat-obatan yang terbukti bermasalah ketika diproduksi melalui cara konvensional karena masalah kemurnian.


    10.  Bioplastik

    Bioteknologi digunakan untuk membuat plastik yang ramah lingkungan yang disebut bioplastik. Plastik jenis ini lebih mudah terurai karena menggunakan material khusus yang merupakan hasil dari bioteknologi.

     

    11. Bahan konstruksi

    Bahan konstruksi seperti beton merupakan salah satu produk yang sangat membutuhkan bamyak energi dalam proses pembuatannya. Dengan menggunakan bioteknologi, beton dapat dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, bahkan ada perusahaan yang membuat beton dengan bahan dasar dari sampah organik.

     

    12. Biofarmasi:

    Obat-obatan sedang dikembangkan dengan menggunakan mikroorganisme tanpa menggunakan bahan sintetis dan bahan kimia.  Molekul besar protein biasanya merupakan sumber obat biofarmasi.  Mereka ketika ditargetkan di dalam tubuh menyerang mekanisme tersembunyi dari penyakit dan menghancurkannya tanpa efek samping.  Sekarang para ilmuwan mencoba mengembangkan obat biofarmasi yang dapat mengobati penyakit seperti hepatitis, kanker dan penyakit jantung.

     

    13.  Terapi Gen:

    Digunakan dalam kelembutan dan diagnosis penyakit seperti kanker dan Parkinson.  Alat dari teknik ini adalah bahwa gen yang cocok sedang diserang di dalam tubuh yang akan melenyapkan sel yang terluka atau menggantikannya.  Dalam beberapa kasus, gen yang cocok melakukan koreksi dalam informasi genetik dan begitulah cara gen memulai kinerja demi tubuh.

     

     14.  Bunga:

     Ada tambahan dalam bioteknologi pertanian daripada hanya penyakit permusuhan atau kualitas makanan yang beradab.  Ada beberapa aplikasi estetika sederhana dan contohnya adalah penggunaan pengenalan gen dan teknik transfer untuk meningkatkan warna, bau, ukuran, dan fitur lain dari bunga.

     

    15.  Reproduksi Tumbuhan dan Hewan:

    Meningkatkan perilaku tumbuhan dan hewan dengan metode tradisional seperti penyerbukan silang, pencangkokan, dan kawin silang memakan waktu.  Kemajuan biotek memungkinkan perubahan spesifik dibuat dengan cepat, pada tingkat molekuler melalui ekspresi berlebihan atau penghilangan gen, atau pengenalan gen asing.

     

    16.  Pengolahan makanan:

    adalah proses di mana bahan mentah yang tidak enak dan mudah busuk diubah menjadi makanan dan minuman yang dapat dimakan dan diminum, yang memiliki umur simpan lebih lama.  Metode yang digunakan organisme mikroba dan turunannya untuk meningkatkan daya makan dan umur simpan makanan, dikenal sebagai fermentasi.

     

    17.  Bioremediasi:

    Proses pembersihan zat berbahaya menjadi senyawa tidak beracun disebut proses Bioremediasi.  Proses ini banyak digunakan untuk segala jenis teknologi pembersihan yang menggunakan mikroorganisme alami.

    Baca juga:

    No comments for "Produk Bioteknologi Yang Bermanfaat Bagi Manusia"

    Berlangganan via Email