Jenis bioteknologi dan Aplikasinya

     Jenis bioteknologi dan Aplikasinya


    Untuk dapat memahami Jenis Bioteknologi dan aplikasinya, sebaiknya mengetahui bioinformatika. Gagasan di balik bioinformatika adalah untuk menyatukan teknologi komputer dan biotek untuk membantu dalam memahami organisme hidup yang lebih baik dan untuk membantu mereka dalam memecahkan masalah. Aspek komputer dari bioinformatika membantu mengumpulkan dan mengenali data yang sangat besar dan kompleks.. Bioinformatika membantu misalnya dalam mengembangkan obat-obatan, memahami penyakit tertentu, dan memilih sifat-sifat tanaman yang menguntungkan. Ini melalui bioinformatika bahwa kita dapat mensimulasikan kondisi yang merugikan atau menguntungkan untuk memeriksa pengaruhnya pada struktur dan aktivitas sel. Perangkat lunak yang digunakan adalah interdisipliner, mengambil rekayasa, matematika, statistik dan tentu saja ilmu komputer untuk membantu lebih memahami data biologis. Penggunaan utama bioinformatika masih untuk mencoba dan memahami bagaimana fungsi organisme biologis, tetapi membantu dalam pemodelan dan mensimulasikan struktur DNA juga merupakan penggunaan bioinformatika yang populer.

    Berikut ini adalah jenis bioteknologi dan aplikasinya.

    Bioteknologi Medis atau Biotek Merah.

    Bioteknologi Merah bekerja untuk mengembangkan cara-cara baru untuk perawatan medis dan prosedur diagnostik yang lebih baik. Dorongan utama untuk Biotek Merah adalah penemuan struktur DNA, yang pada gilirannya menyebabkan decoding DNA dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang gen manusia. Karena gen adalah blok dasar kehidupan, pengetahuan mengenai mereka dapat membantu dengan lebih memahami bagaimana mereka dipengaruhi oleh stimulan. Ketika gen diidentifikasi sebagai bertanggung jawab atas operasi tubuh tertentu, menjadi lebih mudah untuk mengembangkan obat target dengan pengurangan efek samping. Ini adalah alasan bahwa Biotech Merah terutama merupakan genetika dan penelitian protein. Menggunakan Biotech Merah, para ilmuwan telah menemukan banyak pendekatan baru dan efektif untuk menangani penyakit umum, seperti masalah jantung, kanker, diabetes. Perawatan atau penyembuhan ini ditemukan menggunakan biotek lebih efektif dan menghasilkan efek samping yang lebih sedikit kepada pasien. Karena kedokteran keberhasilan adalah salah satu bidang aplikasi utama Biotech. Saat ini, itu tidak hanya diterapkan dalam menemukan obat-obatan dan perawatan baru, tetapi juga dalam membuatnya. Lebih dari 200 obat berbasis protein diproduksi di Jerman menggunakan bioreaktor, yang mengubah struktur gen sel untuk menghasilkan protein yang diperlukan. Biotek Biru Biru Biru, yang berkaitan dengan lingkungan laut dan air, menggunakan sumber daya hayati baik sebagai sumber atau target aplikasi mereka. Penelitian ini memiliki dampak lingkungan yang rendah dan membantu dalam berbagai bidang sains dan teknologi.

    Bioteknologi Biru

    Blue Biotech atau bioteknologi biru digunakan untuk menemukan solusi untuk pencemaran air, mencari tahu detail nutrisi makhluk air, meningkatkan manajemen kesehatan dan memahami transfer gen hewan melalui pemuliaan selektif. Menggunakan ilmuwan biotek biru telah menemukan organisme bersel tunggal hadir di lautan di seluruh dunia yang memakan minyak. Organisme ini membantu mengurangi kandungan minyak laut, sehingga tanpa mereka lautan akan ditutupi dalam lapisan minyak. Mereka dapat menawarkan solusi untuk mengendalikan atau membatasi tumpahan minyak. Juga, bagian dari ilmuwan biotek biru telah memeriksa permukaan kulit hiu yang ditemukan memiliki seret gesekan yang lebih sedikit, ini dapat dipekerjakan oleh pembangun kapal untuk membantu mereka di perairan yang bergejolak. Gel dari kerang juga digunakan sebagai perekat yang efektif untuk mesin dan peralatan bawah air.

    Bioteknologi Hijau

    Green Biotech adalah Bioteknologi hijau, mereka melingkari sisi pertanian biotek. Telah sangat populer dan tanpanya pertanian modern tidak akan berkembang seperti halnya. Idenya adalah untuk berpindah dari teknik pertanian tradisional ke yang lebih ramah lingkungan. Hasil Green Biotech adalah tanaman yang dimodifikasi yang menawarkan hasil yang lebih tinggi ke petani, selera yang lebih baik dan lebih tahan lama melawan hama dan kejadian alami lainnya. Green Biotech memegang akarnya dari ribuan tahun yang lalu, ketika petani digunakan untuk melintasi tanaman yang diinginkan berkembang biak untuk mengembangkan ketegangan yang lebih baik dalam kualitas, memiliki buah yang lebih besar, lebih baik, dll. Sebelumnya, petani hanya bisa memotong varietas atau rasa tanaman, tetapi Ketika tuntutan untuk karakteristik tertentu pada tanaman meningkat, demikian juga cara untuk mengatasi masalah. Sekarang mungkin untuk menargetkan gen untuk memodifikasinya terhadap stimulan berbahaya tertentu.

    Biotek Putih

    Biotek Putih Kategori akhir Biotek adalah bioteknologi industri (bioteknologi putih). Digunakan di hampir setiap industri besar, biotek putih membawa spektrum solusi dan teknik yang efisien. Dengan memanfaatkan cadangan sumber daya alam, peluang untuk mengembangkan proses industri yang ramah lingkungan dan efisien telah meningkat. Dari pengembangan barang-barang makanan yang mudah rusak untuk pembuatan barang-barang rumah tangga yang tahan lama, biotek putih adalah bagian integral untuk produksi industri. Gagasan menggunakan mikroorganisme dalam proses industri cukup tua; Fermentasi telah digunakan untuk menghasilkan produk sejak abad ke-19. Setelah fermentasi, ada pasteurisasi yang digunakan dalam industri untuk meningkatkan daya tahan yang rusak tertentu. Lebih dekat dengan saat ini, kebutuhan untuk melindungi sumber daya alam untuk generasi mendatang telah menyebabkan biotek putih digunakan untuk mencari tahu teknik yang kurang memakan sumber daya. Misalnya, biotek industri digunakan untuk mengetahui cara untuk mengembangkan bioplastik. Juga, biotek putih membantu membuat sumber energi terbarukan lebih efisien.


    Aplikasi Bioteknologi

    Bioteknologi banyak digunakan di berbagai bidang seperti kedokteran, pertanian, pengolahan makanan, dll. Untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi keuntungan manusia. Aplikasi bioteknologi utama dibahas di bawah ini secara rinci.

    Aplikasi Bioteknologi dalam Kedokteran

    Bioteknologi memiliki berbagai aplikasi di bidang kedokteran.  Beberapa aplikasi bioteknologi di bidang kedokteran antara lain sebagai berikut:

    Insulin Rekombinan

    Insulin dibutuhkan oleh pasien diabetes untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah.  Penderita diabetes memiliki tingkat insulin yang sangat rendah atau tidak ada insulin yang diproduksi oleh tubuh.  Oleh karena itu, mereka membutuhkan insulin eksternal untuk mengontrol kadar glukosa darah.

    Belakangan diketahui bahwa insulin yang diproduksi oleh pankreas babi dapat digunakan oleh manusia.  Tetapi babi tidak cukup untuk menyediakan jumlah insulin yang dibutuhkan.  Ini menyebabkan kloning gen insulin manusia.

    Urutan gen spesifik yang mengkode insulin manusia diperkenalkan pada bakteri E.coli.  Urutan gen mengubah komposisi genetik sel E. coli.  Dalam 24 jam beberapa bakteri E.coli yang mengandung gen insulin manusia rekombinan diproduksi.  Insulin manusia rekombinan diisolasi dari sel E.coli.

    Terapi Gen

    Terapi Gen memegang jawaban paling menjanjikan untuk masalah penyakit genetik.  Terapi gen digunakan untuk mengobati kelainan genetik biasanya dengan memasukkan gen normal atau gen yang benar untuk gen yang rusak atau tidak aktif ke dalam individu dengan bantuan vektor seperti retrovirus, adenovirus, dan virus herpes simpleks.

    Gen normal menggantikan gen yang rusak atau tidak aktif dan menjalankan fungsinya.  Terapi memiliki kemungkinan tertinggi untuk mengembangkan penyembuhan permanen jika dilakukan pada tahap paling awal dalam kehidupan.

    Diagnosis Molekuler

    Diagnosis medis adalah penerapan lain dari bioteknologi di bidang kesehatan.  Berkali-kali konsentrasi patogen meningkat pada saat penyakit didiagnosis.  Oleh karena itu, diagnosis dini dan pengetahuan tentang patofisiologi sangat penting untuk penyembuhan yang efektif.  Ini dapat dicapai dengan bantuan teknik seperti Teknologi DNA Rekombinan, Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (ELISA), dll.

    Farmakogenomik

    Farmakogenomik telah menghasilkan produksi obat yang paling sesuai dengan susunan genetik individu.  Ini dapat diterapkan pada penyakit seperti kanker, depresi, HIV, asma, dll.

    Vaksin yang Dapat Dimakan

    Vaksin diperoleh dari hewan dan kultur sel.  Vaksin ini mengandung patogen yang tidak aktif. Tanaman transgenik dapat menghasilkan antigen yang dapat digunakan sebagai vaksin yang dapat dimakan.  Protein antigenik dari beberapa patogen dapat diekspresikan pada tumbuhan seperti tomat dan pisang.  Gula bit transgenik dapat mengobati penyakit kaki dan mulut hewan, pisang dan tomat transgenik dapat menyembuhkan penyakit seperti kolera dan hepatitis B.

    Aplikasi Bioteknologi Lainnya

    Fermentasi adalah penemuan kuno bioteknologi.  Alkohol dan roti diproduksi sejak lama dengan bantuan mikroorganisme seperti ragi.  Dalam skenario hari ini, budaya telah dimurnikan dan disempurnakan secara genetik untuk menghasilkan produk makanan berkualitas tinggi.

    Perbaikan tanaman dengan menyilangkan bibit tanaman dengan sifat yang diinginkan merupakan aplikasi lain dari bioteknologi di sektor pertanian.

    Tanaman transgenik direkayasa secara genetik untuk menghasilkan tanaman dengan karakteristik yang diinginkan.

    Kultur jaringan adalah aplikasi lain dari bioteknologi untuk menghasilkan sejumlah besar tanaman dengan eksplan.  Ini juga membantu dalam meningkatkan jumlah spesies tanaman yang terancam punah.

    Baca juga:

    No comments for "Jenis bioteknologi dan Aplikasinya"

    Berlangganan via Email