Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro Paling Mudah

     Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro Paling Mudah

     Persoalan seperti lupa pola HP dan kendala bootloop yang terjadi pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan cara flash. Perlu diketahui, bahwa seri Note 3 Pro merupakan varian yang cukup populer dari smartphone keluaran Redmi. Kabarnya, seri ponsel ini digawani dengan Chipset Snapdragon 650 Adreno 510. Tak ayal jika kemudian performanya bisa sangat baik.

    Secara umum, flashing merupakan sebuah kegiatan menginstal ulang Sistem Operasi yang berjalan dalam perangkat Android. Aktivitas ini biasanya dilakukan untuk memperbaiki kerusakan atau error yang ada di dalam software ponsel tersebut. Atau bisa juga untuk melakukan upgrade agar smartphone tidak lagi berjalan dengan lambat. Lalu, bagaimanakah cara flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro?

     

    Tools yang Diperlukan Untuk Proses Flash

    Terdapat beberapa tools yang akan dibutuhkan bila Anda ingin melakukan flash pada HP Xiaomi. Tools-tools tersebut ialah sebagai berikut.

    1. Pengunduhan aplikasi MiFlash Tool - Beta di https://www1.zippyshare.com/v/BK5NnX6T/file.html

    2.   Download dan install aplikasi MI PC Suite. http://pcsuite.mi.com/

    3.   Unduh aplikasi ROM. https://www.evotekno.com/tutorial/daftar-rom-xiaomi-redmi-note-3-pro-global-china-dan-custom-rom

    4.   Memastikan agar ROM yang diunduh berekstensi .tgz, dan bukannya .zip

    5.   Pastikan juga agar PC atau Laptop yang hendak digunakan sudah terintegrasi dengan sistem operasi Windows 64 bit. Perlu diketahui, pada penggunaan Windows 32 bit proses ini sering mengalami error.

    6.   Usahakan untuk menggunakan kabel USB original bawaan Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

     

    Penjelasan Singkat Tentang ROM

    1.   ROM Global

    Jenis ROM ini sudah banyak tersedia dalam bahasa indonesia. Memiliki jaringan 4G yang cenderung ribet, namun cukup irit dalam hal daya baterainya.

    2.   ROM Developer Global

    ROM Developer Global biasanya di update setiap minggunya. Dibanding dengan jenis sebelumnya, ROM Developer Global cenderung boros daya. Walau demikian, jenis ini memiliki fitur yang cukup lengkap.

    3.   ROM Developer China

    Sama seperti ROM Developer Global, ROM Developer China juga di update setiap minggunya, boros atas daya baterai, dan memiliki cukup banyak fitur.

    4.   ROM China Stable

    Memiliki jaringan 4G yang aman, ROM China Stable belum tersedia dalam bahasa indonesia. Jenis ROM yang irit baterai ini bisa diunduh melalui Google secara manual.

    Bila memungkinkan, Anda bisa melakukan backup pada data yang dirasa penting. Pasalnya, proses flashing ini bisa saja akan menghapus seluruh data yang ada di dalam ponsel, tanpa terkecuali satupun.

     

    Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro Lewat Fastboot

    Jika dirasa semua bahan sudah siap, Anda hanya perlu mengikuti cara flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro berikut.

    1.   Langkah pertama, masuklah ke Download Mode. Cukup dengan menekan dan menahan tombol power dan volume up saat ponsel dalam keadaan mati. Kemudian, pilih menu Download.

    2.   Lalu, buka menu Device Manager pada perangkat PC atau laptop dengan klik kanan bagian My Computer dan menekan opsi Properties.

    3.   Klik menu Device Manager.

    4.   Hubungkan perangkat HP ke PC dengan menggunakan kabel USB. Dalam proses ini, HP akan dideteksi sebagai ‘QHUSB_BULK’.

    5.   Pada bagian ‘QHUSB_BULK’, klik kanan dan buka Update Driver.

    6.   selanjutnya, pilih menu Choose Browse My Computer for Driver Software.

    7.   Carilah dimana lokasinya dengan menekan partisi C. membuka Program Files (x86), Xiaomi, MiPhone, Qualcomm, dan diakhiri dengan memilih menu Driver. Jika lokasi tersebut tidak berhasil ditemukan, besar kemungkinannya dikarenakan Anda belum menginstall aplikasi MiFlash yang sudah didownload sebelumnya.

    8.   Apabila Anda menemui sebuah notifikasi pada tahap ini, Anda bisa memilih opsi ‘Install this Driver Software Anyway’.

    9.   Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi berhasil dilakukan.

    10. Setelah selesai, Driver akan berubah menjadi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 atau COMX.

    11.   Perlu diingat, huruf X pada bagian ini merupakan angka. Jadi, tiap perangkat bisa saja memiliki angka yang berbeda-beda.

    12.  Kemudian, extract file ROM yang sudah diunduh.

    13.  Buka aplikasi MiFlash beta yang berada di Drive C. atau lebih tepatnya berada di folder Program Files (x86)/Xiaomi/MiPhone.

    14.  Tekan Browse dan buka hasil Extract ROM tadi.

    15. Hal yang perlu Anda ingat adalah Anda hanya bisa memilih sampai pada folder ROM. Misalnya saja, pilih folder ‘C:/MIUI’, dan bukannya ‘C:/MIUI/Images’. Akan tetapi jika proses flashing mengalami error, maka Anda bisa mencobanya kembali namun hanya dipilih sampai pada folder images saja.

    16.  Tekan button Refresh.

    17. Perlu diperhatikan, folder smartphone seharusnya tertulis dengan COMX. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, X merupakan sebuah angka, bisa COM30, COM20, atau COM10.

    18.  Klik Flash All pada bagian bawah.

    19. Lalu, klik menu Flash yang tersedia di bagian kanan atas.

    20. Tunggu beberapa waktu hingga muncul notifikasi yang berisikan ‘The Operation Completed Successfully’.

    21. Jika sudah selesai, Anda bisa mencabut kembali kabel USB pada perangkat laptop/PC, dan nyalakan ponsel tersebut.

    Saat pertama kali dilakukan, proses booting dalam Cara flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro memang akan memakan waktu yang terbilang lama. Meski begitu, dengan melakukannya sendiri di rumah, Anda bisa menekan biaya pengeluaran untuk sekadar melakukan flash di konter-konter HP.

    Wajib baca:

    No comments for " Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro Paling Mudah"

    Berlangganan via Email