Kapan HP Perlu di Flash dan Cara Flash Redmi 4A Mudah

     Kapan HP Perlu di Flash dan Cara Flash Redmi 4A Mudah

    Hampir mayoritas masyarakat memilih untuk menggunakan HP Android karena fiturnya yang menarik dan harganya yang terjangkau. Akan tetapi, ada kalanya Android Anda mengalami problem pada sistemnya. Rata-rata hampir semua merek HP Android perlu dilakukan flash ulang agak kinerjanya kembali stabil. Lantas, bagaimana cara flash Redmi 4A yang mudah?

    Sebelum membahas mengenai cara melakukan flash pada HP merek Redmi 4A. Terlebih dahulu, akan dibahas mengenai flashing secara umum. Apa yang dimaksud dengan flashing? Flashing dalam dunia smartphone artinya melakukan install, pembaruan, atau bahkan perbaikan sistem pada smartphone dengan menggunakan firmware khusus yang sesuai dengan smartphone tersebut.

    Mengapa HP Perlu dilakukan Flash?

    Pada dasarnya, flash dinilai menjadi cara ampuh yang dapat dilakukan untuk memperbaiki berbagai masalah yang muncul pada HP Anda. Salah satunya yang terjadi pada Xiaomi Redmi 4A. Berbagai masalah yang bisa jadi muncul, antara lain bootloop, lupa pola HP, restart otomatis, virus, hingga HP mati total.

    Sebenarnya, tidak hanya itu karena bisa saja flash sengaja Anda lakukan karena ingin agar HP Anda fresh atau custom ROM baru yang berbeda dari ROM atau firmware bawaan HP Anda. Jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan flash pada HP Anda maka Anda harus mempersiapkan beberapa bahan pendukung, antara lain sebagai berikut.

                   Unduh ROM MIUI Xiaomi Redmi 4A versi Global agar tersedia bahasa Indonesia: https://c.mi.com/oc/miuidownload/detail?guide=2

                   Unduh MI Flash Tool: https://download.appmifile.com/images/2019/07/01/09cdc3a7-5a11-42aa-81f4-be27fe12ce80.msi

                   Unduh USB Driver atau ADB Driver: https://androidfilehost.com/?fid=746010030569952951

                   Lakukan unlock Bootloader pada HP Xiaomi Redmi 4A

                   PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 64 bit

                   Disarankan melakukan penonaktifkan driver signature

                   Kabel USB asli atau bawaan dari HP Redmi 4A jika memungkinkan saja

                   Pastikan daya baterai ponsel terisi minimal 70% yang tujuannya agar menghindari kegagalan flashing akibat kehabisan daya baterai

    Bagi Anda yang belum mengetahui cara flash Redmi 4A. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan flash pada  HP Anda maka keseluruhan data yang ada di HP Anda bisa saja terhapus. Maka dari itu, sebelum melakukan flash alangkah lebih baiknya apabila Anda melakukan backup data terlebih dahulu. Sekarang, lanjut membahas mengenai cara melakukan flash pada seri Redmi 4A.

    Mengetahui Cara Flash Redmi 4A dengan Mudah dan Cepat

    Setelah Anda mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kini Anda siap untuk melakukan flash pada HP Anda. Namun, hal yang harus benar-benar Anda perhatikan adalah sebaiknya Anda didampingi dengan ahlinya sebelum melakukan flash untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Berikut cara flash Redmi 4A yang harus Anda ikuti dengan runtut.

    1.       Pertama-tama, silakan melakukan install software Mi Flash Tool dan juga driver Redmi 4A yang sudah Anda unduh sebelumnya.

    2.         Lakukan ekstrak file stock ROM melalui PC Anda. disarankan bagi Anda untuk membuat folder khusus sebagai tempat hasil ekstrak.

    3.         Langkah selanjutnya, bukalah software Mi Flash Tool. Kemudian, klik pada menu Select untuk mencari dan menemukan hasil ekstrak ROM. Jika sudah silakan klik pada bagian OK.

    4.        Nanti, pada bagian bawah software Mi Flash Tool pilihlah clean all. Hal ini memiliki tujuan agar ponsel benar-benar bersih seperti sedia kala ketika dibeli.

    5.   Berikutnya, matikan HP dan masuklah ke mode fastboot. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol Power+Volume Down.

    6.         Anda sudah bisa melepasnya ketika sudah muncul logo fastboot Xiaomi.



    flash-redmi-4a-bootloop

    7.         Silakan hubungkan HP ke PC menggunakan kabel USB.

    8.        Beralihlah ke Mi Flash Tool silakan klik tombol refresh untuk mendeteksi dan memastikan bahwa HP telah benar terhubung dengan PC.

    9.         Setelah berhasil mendeteksi HP, silakan klik flash untuk memulai proses flash.

    10.      Tunggulah hingga proses flash berhasil yang ditandai kemunculan notifikasi bertuliskan Success.

    success

    11.      Langkah akhir, HP akan melakukan reboot secara otomatis.

    12.      Tunggulah sekitar 5-10 menit hingga prosesnya berhasil dengan sempurna.

    Pada dasarnya, sejumlah permasalahan yang muncul pada smartphone dapat diatasi dengan mudah melalui cara flashing firmware yang tepat dan sebenarnya harus dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman. Karena, dikhawatirkan jika hanya asal coba saja maka Android bisa mengalami mati total diakibatkan proses flash yang gagal atau firmware yang tidak sesuai.

    Jika sudah begitu, Anda akan dibuat repot lagi bukan? Demikianlah, mengapa sangat penting bagi Anda mencari tahu dan menguasai cara flash Redmi 4A dengan benar agar bisa Anda terapkan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan flash pada smartphone Anda. Jika sudah menguasainya, Anda tinggal mempersiapkan bahan dan menerapkan langkah-langkah flash secara runtut agar proses flash berhasil dengan sempurna. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

     Wajib baca:

     

    No comments for " Kapan HP Perlu di Flash dan Cara Flash Redmi 4A Mudah"

    Berlangganan via Email