Mindset Adalah: Pengertian Serta Hal-Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui

    Menurut para ahli mindset adalah sumber pikiran dan memori yang diartikan dari dua kata yaitu mind dan set. Dengan kata lain mindset artinya pusat kesadaran yang dapat menghasilkan pikiran, perasaan, ide, persepsi menyimpan pengetahuan dan juga memori. Bagi Anda yang menggeluti dunia bisnis tentu sudah tak asing lagi dengan kata “mindset” ini bukan?.

    Mindset Adalah: Berikut Pengertiannya

    Pengertian lebih lanjut mengenai mindset yakni pandangan mental seseorang yang dapat mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu fenomena. Mindset ini terdiri dari segolongan asumsi, metode atau catatan yang dimiliki oleh seseorang yang tertanam dengan sangat kuat pada dirinya.

    Jenis-Jenis Mindset Yang Harus Anda Ketahui

    Mindset yang kuat dan positif memang perlu ditanamkan dalam diri Anda, terutama dalam menjalani kehidupan hingga sebuah bisnis. Ada beberapa jenis mindset yang dapat Anda ketahui, simak jenis-jenisnya berikut ini:

    ·         Mindset Tetap (Fixed Mindset)

    Mindset tetap merupakan pola pikir kepercayaan bahwa kualitas seseorang sudah ditetapkan dan tidak akan berubah. Misalnya saja seseorang memiliki sejumlah inteligensi tertentu, maka kepribadian serta karakter moralnya pun dapat dibedakan.

    Ciri-ciri orang yang memiliki mindset tetap yakni:

    a.       Memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat, serta sifat adalah fungsi hereditas atau faktor keturunan

    b.      Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain

    c.       Menghindari adanya tantangan

    d.      Menganggap usaha tidak ada gunanya

    e.       Mudah menyerah

    f.         Mengabaikan kritik

    ·          Mindset Berkembang (Growth Mindset)

    Lain halnya dengan mindset berkembang yang didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas dasar seseorang karena hal-hal yang didapatkan melalui upaya-upaya tertentu. Meski manusia berbeda-beda dalam segala hal, baik dalam bakat dan kemampuan awal, minat hingga temperamen. Namun setiap orang dapat berubah serta berkembang melalui pengalaman dari hidup yang dijalani.

    Ciri-ciri dari orang yang memiliki mindset berkembang ialah:

    a.       Memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat dan sifat bukan merupakan fungsi, hereditas atau keturunan

    b.      Menemukan inspirasi dari kesuksesan orang lain

    c.       Mampu menerima tantangan dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya

    d.      Berpandangan positif terhadap usaha yang telah dijalani

    e.       Tetap berpandangan ke depan dari kegagalan

    f.        Belajar dari kritik dan menerima kritik

    Cara Membentuk Mindset Yang Harus Anda Ketahui

    Untuk dapat membentuk sebuah mindset dapat dilakukan langkah-langkah penting. Lakukan cara ini agar mindset Anda terbentuk dengan baik. Simak informasinya berikut ini:

    1.      Trendwatching

    Dalam tahapan ini Anda dapat melakukan pengamatan berbagai tren yang memacu perubahan pada masa yang akan terjadi di masa depan. Karena mindset ini sangat kental dengan urusan bisnis, maka Anda dapat memahami apa yang diinginkan kebanyakan orang atau pasar.

    2.      Envisioning

    Envisioning merupakan kemampuan yang dapat Anda miliki untuk dapat menggambarkan dampak perubahan dalam lingkungan bisnis, yang disebabkan oleh berbagai pemacu perubahan. Hal ini dapat terjadi karena Anda telah mengamatinya dalam trendwatching tadi.

    3.      Perumusan Paradigma

    Karena lingkungan bisnis pada umumnya digambarkan sebagai lingkungan yang luas dengan mencakup banyak orang, maka paradigma yang dapat disesuaikan dengan lingkungan tersebut yakni value strategy. Yang artinya suatu pandangan untuk berkembang dengan ditentukan oleh kemampuan Anda dalam menyediakan value terbaik bagi pasar.

    Mindset Positif Untuk Perubahan Lebih Baik

    Demikian dapat disimpulkan bahwa mindset adalah pola pikir yang dapat didefinisikan sebagai keyakinan, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, dan lain sebagainya yang terdapat dalam diri Anda sendiri, orang lain dan juga kehidupan ini. Pola pikir yang selalu positif dapat membawa perubahan yang lebih baik lagi. Oleh sebab itu jika Anda merupakan orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis, Anda wajib memiliki mindset positif.

    Baca juga:
    cara daftar internet banking bca
    cut loss saham
    emiten adalah
    kredit adalah
    dividen adalah
    quote bisnis
    paklaring adalah
    pengertian nomor swift

    No comments for "Mindset Adalah: Pengertian Serta Hal-Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui"

    Berlangganan via Email