Kredit Adalah: Penjelasan Dan Hal Yang Harus Diketahui



    Kredit adalah suatu istilah yang kerap kali digunakan dalam dunia akuntansi keuangan. Kredit sendiri merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Karena pada umumnya, kredit disediakan oleh bank selaku lembaga perantara yang menghimpun suatu dana. Bisa dibilang kredit menjadi salah satu kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. 

    Selain itu kredit sendiri amat sangat penting bagi sebuah bank yang menyediakannya. Sebab, kredit itu sendiri dapat memberikan kontribusi pendapatan bunga bagi sebuah bank. Uniknya kontribusi pendapatan bunga dari kredit di Indonesia, mampu mendominasi pendapatan bank dibanding dari pendapatan dasar biaya.

    Definisi Kredit Adalah?

    Kredit merupakan sebuah fasilitas keuangan yang disediakan oleh bank atau lembaga lainnya selaku lembaga perantara. Kredit memfasilitasi Anda atau suatu badan usaha untuk dapat membeli suatu produk dan membayarnya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

    Oleh sebab itu jika Anda menggunakan jasa kredit, Anda pun dapat dikenakan bunga tagihan yang sudah ditentukan. Hal tersebut sudah berdasarkan persetujuan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lainnya.

    Jenis-Jenis Kredit Yang Dapat Anda Ketahui

    Pada umumnya bank yang memfasilitasi Anda akan memberikan berbagai jenis pilihan kredit yang bervariasi. Jenis-jenis kredit yang pada umumnya diberikan oleh bank diantaranya:

    1. Kredit Konsumsi

    2. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

    3. Kredit Kendaraan 

    4. Kredit Investasi

    5. Kredit Produktif

    6. Kredit Sindikasi

    Meski demikian, secara umum jenis pemberian kredit tersebut dapat dilihat dari; bentuk, jangka waktu, hingga kegunaan kredit itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

    1. Jenis Kredit Menurut Bentuk

    Kredit Rekening Koran

    Jenis kredit ini memberi Anda hak untuk menarik suatu dana, sampai dengan sebesar plafon yang telah ditetapkan oleh bank. Pelunasan pokok kredit ini dapat dilaksanakan pada saat jatuh tempo, dengan bunga kredit yang dihitung secara harian berdasarkan outstanding kredit.

    Pinjaman Angsuran

    Jenis kredit ini angsuran pokok serta bunganya dilakukan secara teratur menurut jadwal yang telah disepakati, dengan nilai tetap selama berlangsungnya masa kredit tersebut. Maka, angsuran pokok meningkat dan angsuran bunga menurun, sehingga total angsurannya menjadi tidak berubah sepanjang masa kredit.

    2. Jenis Kredit Menurut Jangka Waktu

    Kredit Jangka Pendek

    Kredit jenis ini berjangka waktu maksimum hingga 1 tahun. Namun termasuk dalam kredit tanaman musiman yang memiliki jangka waktu lebih dari satu tahun.

    Kredit Jangka Menengah

    Kredit jenis ini berjangka waktu dari satu sampai dengan tiga tahun. Kecuali jika kredit untuk tanaman musiman.

    Kredit Jangka Panjang

    Kredit jenis ini berjangka waktu cukup lama yakni lebih dari tiga tahun. Misalnya saja seperti kredit produktif, kredit perumahan, hingga kredit kendaraan.

    3. Jenis Kredit Menurut Kegunaan

    Kredit Modal Kerja

    Untuk jenis kredit ini, dapat diberikan dengan tujuan guna membiayai modal kerja hingga usaha. Misalnya jika Anda membutuhkan untuk pembelian barang modal dagangan.

    Kredit Investasi

    Kredit ini biasanya diberikan untuk membiayai suatu keputusan investasi pada sebuah usaha. Misalnya saja kredit untuk pembangunan kredit, pembelian mesin, hingga kredit penyiapan infrastrukturnya.

    Kredit Konsumsi

    Kredit yang satu ini diberikan untuk sebuah keperluan konsumsi. Kredit jenis ini sering disebut juga personal loan (pinjaman pribadi). Contohnya saja Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit untuk pembelian sebuah kendaraan, hingga kredit untuk pendidikan.

    Gunakan Kredit Jika Dibutuhkan

    Jadi kredit adalah sebuah fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan tertentu. Namun, sebelum menggunakan kredit ada baiknya sudah pertimbangkan terlebih dahulu dengan matang. Sehingga Anda dapat menggunakannya dengan bijak. 

    No comments for "Kredit Adalah: Penjelasan Dan Hal Yang Harus Diketahui"

    Berlangganan via Email