Apa itu Nomor Swift

    Pentingnya Mengetahui Istilah Nomor Swift

    Kode Swift atau nomor Swift adalah kode bank yang terdiri dari 8 sampai 11 karakter. Kode ini biasa dikenal dengan nama Bank Identifier Code (BIC). Kode ini mewakili cabang dari sebuah bank dan harus Anda sertakan ketika melakukan transaksi keuangan internasional. Dalam istilah mudahnya agar bank tersebut dipercaya dan mampu mengirim uang ke tujuan yang tepat.

    Nomor Swift sendiri bukan nomor biasa karena nomor ini merupakan identitas legal yang disetujui oleh lembaga keuangan dunia. Oleh sebab itu, kode ini merupakan kode yang penting. Setiap bank memiliki nomor kode Swift tersendiri dan berbeda dengan bank lain. Swift sendiri merupakan kependekan “Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication”.

    Jangkauan Nomor Swift

    Karena jangkauannya luas Swift sendiri sudah menghimpun beberapa bank dunia di dalamnya. Sejak tahun 2007 kurang lebih sudah 208 negara yang terdaftar dan menghimpun total 8332 bank. Nomor Swift ini berlaku untuk lembaga keuangan bank dan non-bank. Dari artinya saja kita bisa mengetahui bahwa Swift sendiri mampu memberikan informasi yang akurat terhadap transaksi bank secara internasional.

    Swift sendiri meluncurkan nomor Swift setiap bank pada tahun 1973. Alasan kuatnya untuk membutuhkan ke-keefisienan pertukaran pesan secara masal. Karena sudah pasti kegiatan transaksi tiap menit dari setiap bank dunia, mencakup ratusan ribu transaksi bahkan sampai jutaan. Oleh karena itu, nomor Swift diperlukan agar memberikan keamanan khusus dan jejak digital yang akurat terhadap transaksi tersebut.

    Pada tahun 1973 ke bawah proses komunikasi antar bank dunia sangatlah tidak efisien. Karena belum adanya otomatisasi yang tersistem. Dalam artian semuanya dilakukan secara manual, seperti melalui kurir, telepon bahkan surat. Sehingga pengiriman informasi bisa saja disalahgunakan.

    Rincian Dari Nomor Swift

    Nomor Swift sendiri terdiri dari beberapa struktur informasi. Nomor Swift bisa disebut identitas seperti KTP atau kartu tanda penduduk. Berikut rincian nomor Swift yang harus Anda ketahui:

    1.      Kode Bank Ditempatkan Di Bagian Pertama

    Terdapat bagian terdepan yang terdiri dari empat digit yang melambangkan bank tersebut. Dalam kode ini diisi dengan nama singkatan dari bank tersebut mulai huruf alfabet A – Z.

    2.      Kode Berikutnya Sebuah Identitas Negara

    Setelah empat digit terdapat dua digit selanjutnya yang merupakan kode suatu Negara. Kode tersebut tentunya merupakan tempat bank tersebut berasal dan masih diisi oleh huruf alfabet dari A - Z.

    3.      Mencantumkan Kode Lokasi

    Setelah nama bank dan negara asal, maka kode lokasi ditempatkan setelahnya. Kode lokasi biasanya terdiri dari dua digit yang berupa angka atau huruf. Biasanya kode ini menunjukkan lokasi kantor pusat bank tersebut.

    4.      Kode Cabang

    Pilihan lain adalah kode dari kantor cabang. Biasanya terdapat tiga digit kombinasi huruf dan angka yang menunjukkan cabang dari suatu bank yang lebih spesifik. 

    Contoh dari kode Swift di antaranya:

    ·         Bank BCA Indonesia dengan nomor Swift CENAIDJA

    ·         Bank Mandiri (Persero) cabang bandung dengan nomor Swift BMRIIDJA852

    ·         Bank Negara Indonesia (Persero) Jakarta dengan nomor Swift BNINIJA

    Dari setiap contoh tersebut kita mengetahui bahwa nomor Swift adalah bagian dari kode-kode identitas. Empat digit awal merupakan nama bank sendiri seperti pada bank BCA yakni CENA. CENA bisa merupakan singkatan Central Asia yang merupakan bagian dari bank BCA. Setelah itu kode ID merupakan kode negara Indonesia. Ada pula bagian angka menunjukkan kantor cabang seperti yang tertera pada Bank Mandiri cabang bandung.

    No comments for "Apa itu Nomor Swift"

    Berlangganan via Email